Menggunakan Mesin Pencari Google

Menggunakan Mesin Pencari Google
Tangerang, Kartunet – Salah satu kemampuan dasar yang perlu dikuasai untuk mempelajari pengetahuan tanpa batas di internet adalah menggunakan situs mesin pencari atau Search Engine.

Seperti sudah dijelaskan di modul sebelumnya, ada yang namanya domain atau alamat situs di web. Di belantara internet ini, ada jutaan situs yang mengandung informasi beragam. Ada situs yang berisi tutorial belajar computer, ada informasi cara mendapatkan uang dari internet, ada juga artikel tips sehari-hari, cara mengatur keuangan, berita olahraga, dll. Berbagai informasi itu tersebar di jutaan domain dan kita tak mungkin untuk menghafalnya satu per satu.

Selain itu tidak semua informasi pada satu kategori yang sama terdapat dalam satu situs, bisa jadi apa yang tidak ada di satu situs, maka ada di situs lain. Maka dari itu hadirlah situs mesin pencari yang membantu kita untuk mencari informasi dengan mudah.

Melalui search engine, kamu cukup memasukkan kata kunci pencarian informasi tertentu, dan situs tersebut akan menampilkan daftar situs yang mengandung informasi yang berkaitan dengan kata kunci. Sangat praktis Karena kamu cukup melalui satu situs mesin pencari, dan semua informasi yang dibutuhkan tersedia di sana. Dalam modul ini kita akan belajar menggunakan salah satu situs mesin pencari yang paling popular yaitu Google.com.

Mencari Informasi Melalui Google

Google merupakan sebuah situs web yang memiliki fasilitas mesin pencari. Kita bisa masuk ke web google dengan mengetik pada Address Bar dengan cara tekan ALT+D maka pembaca layar akan menyebutkan ”Search or Enter Address” kemudian kita bisa mengetik www.google.com untuk seluruh dunia atau www.google.co.id untuk lokal Indonesia, lalu Enter. Setelah pembaca layar mengatakan”Search Edit Blank” lakukan langkah berikut.

  • Ketikan kata yang dicari pada kolom search. Sebagai contoh “Cara dapat uang dari internet”, tekan enter
  • Komputer akan mencari informasi berdasar kata kunci yang dimasukkan dalam kotak search engine
  • Setelah terdengar bunyi pembaca layar, tekan beberapa kali tombol H sampai pembaca layar membacakan hasil pencarian, hasil pencarian akan terlihat di monitor computer
  • Beberapa web dan blog artikel yang berhubungan dengan kata kunci “cara dapat uang dari internet” akan ditampilkan
  • Tiap halaman hasil pencarian, biasanya terdiri dari 10 hasil. Tiap hasil ditandai dengan heading. Untuk berpindah dari satu judul informasi ke informasi lainnya, dapat menekan huruf H dan shift+H untuk short-cut heading.
  • Di bawah tiap judul heading adalah cuplikan singkat informasi yang ada dalam hasil tersebut. Jika kamu rasa sesuai, buka salah satu hasil dengan menekan enter pada heading judul.
  • Apabila web yang akan kita buka ternyata tidak sesuai dengan yang kita harapkan, maka kita kembali ke halaman sebelumnya, dengan ALT+Panah Kiri yaitu kembali pada daftar web yang dihasilkan mesin pencari.
  • Ulangi lagi untuk membuka web lain yang terdapat pada halaman hasil pencarian.

Menyimpan File Halaman Web

Halaman web dalam Mozilla Firefox dapat disimpan ke dalam hardisk atau flashdisk di komputer kita. Ini kita lakukan agar dapat membuka kembali halaman web tersebut tanpa kita harus koneksi ke internet (work offline). Hal ini sangat membantu terutama untuk kamu yang tidak rutin memiliki koneksi ke internet, dan perlu mengumpulkan informasi untuk tugas atau keperluan lainnya.

  • Bukalah satu atau beberapa halaman web yang ingin kamu simpan.
  • Pilih menu file dengan ALT+F lalu pilih save as dengan menggunakan Panah Bawah lakukan Enter
  • Tentukan lokasi penyimpanan dalam save in (misal di folder Documents) dengan cara tekan Tab sampai pembaca layar mengatakan”Save In”
  • Pada kotak file name ketik nama file (misal tugas 1)
  • Tekan tab, pada save as type, pilih format yang diinginkan. Pilih web page, complete (.html) untuk menyimpan halaman web sesuai dengan aslinya ketika dibuka online.
  • Tekan tab, lalu tekan enter pada Save button.

Mengoptimalkan Hasil Pencarian

Sebagian besar pengguna Google mungkin hanya mengetikan kata kunci lalu enter pada search button untuk mencari informasi. Tidak salah memang, namun sebetulnya Google menyimpan beberapa cara rahasia agar hasil pencarianmu lebih baik. Semisal kamu ingin mencari sesuatu yang spesifik, maka Google dapat memberikan jawabannya lebih cepat dan akurat, ketimbang kamu harus membuka satu per satu hasil pencarian.

  1. define:istilah, untuk menemukan daftar arti atau definisi sebuah istilah. Misalnya ketikkan define:tunanetra untuk mencari definisi tentang tunanetra. Maka hasil pencarian yang muncul pertama kali adalah yang berasal dari ensiklopedia atau kamus.
  2. Google juga dapat menjadi kalkulator. Masukan perhitungan yang ingin diketahui hasilnya, lalu tekan enter. Gunakan + untuk penjumlahan, – untuk pengurangan, * untuk perkalian, / untuk pembagian, ^ untuk pemangkatan, dan seterusnya. Kamu juga dapat melakukan perhitungan yang kompleks, misalnya ketikkan 2*100/4, maka Google akan menampilkan 50 sebagai hasilnya.
  3. filetype:ext,untuk membatasi hasil pencarian hanya pada extensi atau tipe file tertentu. Misalnya ketikkan Tutorial berpidato filetype:pdf, tekan enter. Perintah itu untuk mencari tutorial berpidato dalam format file PDF. Cobalah ulangi pencarian dengan ekstensi file lain untuk melihat perbedaannya (misalnya xls atau doc).
  4. nmata_uang1 in mata_uang2, untuk mengkonversi kurs mata uang. Misalnya ketikkan 10 USD in IDR atau 10 US$ in rupiah untuk menghitung nilai kurs 10 dolar Amerika (USD) dalam Rupiah (IDR).
  5. books tema buku, untuk menemukan link situs-situs yang menyajikan informasi buku dengan tema tertentu. Misalnya ketikkan books cara merakit pc untuk mendapatkan info buku tentang cara merakit pc.
  6. movie:frase_pencarian, untuk mencari resensi film. Misalnya ketikkan movie:cinta, maka akan muncul daftar resensi film yang berjudul atau terkait dengan cinta (aktor, lokasi, dan sebagainya).
  7. site:situs.com, untuk menampilkan daftar seluruh halaman web sebuah situs yang disimpan oleh Google. Misalnya ketikkan site:kartunet.com untuk melihat daftar halaman web Kartunet.
  8. link:situs.com, untuk memeriksa daftar situs yang merujukkan link ke situs yang dicari. Misalnya ketikkan link:kartunet.com untuk melihat daftar situs yang merujuk ke web Kartunet.com.
  9. I’m feeling lucky button. Tombol yang dalam Google Bahasa Indonesia menjadi Saya Merasa Beruntung button ini terkadang jarang digunakan Karena kita tak tahu apa fungsinya. Padahal jika setelah kamu mengetikkan kata kunci lalu menekan enter pada tombol ini bukan search button, maka Google langsung membuka hasil pencarian pertama yang seharusnya ditampilkan, bukan seluruh hasil.

Teruslah berlatih untuk menggunakan search engine Google. Karena sepanjang kamu menggunakan internet, akan sangat membutuhkan keberadaan mesin pencari itu. Apapun masalahmu, ketikkan saja di kotak pencarian Google. Niscaya akan ada jawabannya. (DPM)

Last Updated on 6 tahun by Dimas Prasetyo Muharam

Oleh Dimas Prasetyo Muharam

Pemimpin redaksi Kartunet.com. Pria kelahiran Jakarta 30 tahun yang lalu ini hobi menulis dan betah berlama-lama di depan komputer. Lulus dari jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia 2012, dan pernah merasakan kuliah singkat 3 bulan di Flinders University, Australia pada musim semi 2013. Mengalami disabilitas penglihatan sejak usia 12 tahun, tapi tak merasa jadi tunanetra selama masih ada free wifi dan promo ojek online. Saat ini juga berstatus PNS Peneliti di Puspendik Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kunjungi blog pribadinya di www.dimasmuharam.com.

4 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *