Beri dukungan untuk karya-karya yang telah diterbitkan di event menulis "Imaginasikan Merdekamu!". Tulis saran dan kritikmu sebagai bentuk apresiasi untuk penulis di kolom komentar
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Akhirnya! Pembaca Layar Legendaris Eloquence Hadir di iPhone iOS 16

iPhone 4s

Terakhir diperbaharui 3 minggu oleh Redaksi

Adelaide – Pada pertemuan para pengembang aplikasi Apple di musim panas 2022, perusahaan asal California, Amerika Serikat itu memperkenalkan system operasi barunya iOs versi 16. iOs 16 yang akan tersedia untuk umum di sekitar September nanti ternyata memberikan kejutan manis untuk para fanboy setianya yang memiliki keterbatasan penglihatan atau tunanetra. Siapa yang menyangka kalau synthesizer favorit Eloquence yang sebelumnya ada di JAWS dan Android, akhirnya hadir juga di iOs.

Untuk para tunanetra yang sudah dapat mengoperasikan computer atau smartphone dengan bantuan aplikasi pembaca layer, tentu sangat  akrab dengan Eloquence. Jika tidak kenal dengan nama Eloquence, tentu familiar dengan karakter vocal Read, Glenn, Roko, Shelly, Grandma, atau Grandpa di JAWS for Windows. Khususnya di Indonesia yang Windows menjadi operating system yang paling banyak digunakan, sehingga pada umumnya tunanetra yang belajar computer menggunakan JAWS yang dilengkapi dengan Eloquence. Selain itu, di pertengahan 2000-an, handphone Nokia dengan system operasi Symbian juga menjadi perangkat mobile pertama yang dapat digunakan oleh para tunanetra. Saat itu aplikasi yang digunakan adalah Nuance Talks and Zoom, dan synthesizer yang digunakan juga Eloquence.

Layaknya love at first sight (a.k. first hearing), pengalaman belajar computer atau menggunakan handphone pertama kali dengan JAWS ini membuat para tunanetra terbiasa dengan Eloquence. Saking sulitnya berpaling ke lain hati, Ketika menggunakan aplikasi pembaca layer lain seperti NVDA (non-visual Display) atau Talkback di perangkat berbasis Android, Eloquence tetap diupayakan dapat ter-installed dengan berbagai cara. Meski kadang perlu twick sana-sini dan trik yang ‘semi-ilegal’.

Baca juga:  Optimalisasi Fasilitas JAWS Script Bagi Tunanetra

Di iOs 16, dengan masuk ke setting >> Accessibility >> VoiceOver, maka pada pilihan Bahasa Inggris dialeg Amerika atau Inggris, dapat dijumpai Eloquence yang legendaris itu. Suara semirobot yang khas dari Eloquence buat penulis pribadi dirasakan sangat fleksibel Ketika harus membacakan teks berbahasa Inggris atau Indonesia. Karena pada dasarnya Eloquence adalah synthesizer pembaca Bahasa Inggris, tentu tidak ada masalah Ketika membacakan teks dengan Bahasa yang sama. Tapi mungkin juga karena sudah terbiasa, Eloquence lebih nyaman digunakan Ketika membacakan teks Bahasa Indonesia, ketimbang karakter suara vocalizer yang baru akan optimal Ketika menggunakan Damayanti. Tapi yang jelas, nostalgia saat dulu menggunakan HP Nokia 6600 dengan suara Talks-nya itu hadir lagi di iPhone.

Untuk mencoba Eloquence di perangkat iPhone atau iPad, kamu dapat menggunakan iOs 16 versi Public Beta tanpa perlu menunggu versi final release-nya di September nanti. Meski masih beta, tapi iOs 16 ini sudah cukup stabil dan tidak banyak bugs berarti. Kualitas Eloquence juga sudah cukup baik dan akan jauh lebih baik lagi seiring update iOs public beta secara berkala hingga final release di September.

Download dan install iOs 16 public beta dengan akses di beta.apple.com. Sebagai catatan, menggunakan versi beta bukan tanpa risiko. Versi ini tetap belum yang final. Tapi sejauh saya menggunakan iOs 16 public beta ini cukup stabil dan aplikasi umum seperti whatsapp, finansial,  dan media social lainnya berjalan baik. Selain itu, hal lain yang perlu disayangkan adalah tipe iPhone minimum yang dapat menggunakan iOs 16 yaitu iPhone 8 ke atas. Jadi jika kamu masih setia dengan iPhone 7, 6S, SE gen 1, dan yang lebih lawas, maka harus puas dengan iOs 15.(DPM)

Beri Pendapatmu di Sini
Kartunet.com adalah media warga, seluruh konten berupa tulisan, foto, audio, atau video yang diterbitkan melalui situs ini menjadi tanggung jawab penuh dari kontributor.

Ingin juga tulisanmu diterbitkan di Kartunet? Siapkan karyamu dan klik di Kirim Karya