Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Alasan Ikut Program Paid to Click

Mungkin di antara kita sudah ada yang mengikuti program paid to click (PTC) atau klik dapat uang di beberapa situs. Tersebutlah situs-situs penyedia jasa tersebut seperti Klikrupiah.com, rupiahbux.com, atau malah situs paid to click internasional seperti UKbux.net. Setelah menjalani proses klak klik iklan sana sini, pasti ada yang bertanya-tanya mengenai kebenaran program yang sedang diikuti apakah benar membayar atau tidak. Lalu juga ada yang berfikir bahwa dari mana situs tersebut mendapatkan uang untuk membayar kita. Sedangkan kita hanya klik iklan, tanpa membeli atau transaksi dengan produk dalam iklan tersebut. Tentu saja semua pertanyaan itu tak akan dipedulikan bagi mereka yang sudah berpengalaman dan mendapatkan bayaran dari program paid to click. Dalam tulisan ini, kita akan melihat alasan yang menyebabkan situs paid to click dapat memberikan sejumlah uang kepada membernya, dan proses saling untung-menguntungkan antara tiga pihak yaitu: penyedia jasa PTC, pemasang iklan, dan pengklik iklan.

Hal paling utama alasan sebuah situs penyedia jasa paid to click mampu bertahan adalah karena bayaran dari para pemasang iklan. Para pemasang iklan bersedia untuk membayar link mereka untuk sebuah produk atau website agar tampil di situs paid to click dan diklik oleh para membernya. Selain itu, situs paid to click biasanya juga membuat aturan mengenai level member yang bertingkat. Ketika mendaftar pertama kali, biasanya situs paid to click tidak memungut biaya alias free member. Namun setelah situs paid to click membiarkan membernya mendapatkan keuntungan dari klak-klik iklan, member akan ditawari untuk naik level ke premium atau istilah lain yang sama. Untuk naik level ini, member akan dikenakan sejumlah biaya meski dengan fasilitas tambahan pula. Seperti dapat mencairkan dana lebih cepat atau bayaran tiap klik iklan yang lebih besar.

Ada lagi yang lazim di tiap situs paid to click adalah potongan untuk mencairkan dana. Biasanya peraturan di situs PTC akan memotong sejumlah atau sekian persen dari dana member ketika ingin mencairkan dana. Hal ini mereka lakukan untuk pastinya pemasukan situs PTC dan biaya saat transfer nantinya. Lebih jauh lagi, dalam situs PTC mereka turut pula memasang iklan pay per click dari situs lain seperti google adsense atau adsensecamp. Ketika ada visitor yang mengklik iklan tersebut, pihak situs akan mendapatkan bayaran, sehingga dapat pemasukan lagi dari situs lain selain para pemasang iklan.

Selanjutnya, pemasukan situs berasal dari program referal. Ada salah satu fasilitas di situs PTC yaitu jual beli referal. Kita sebagai member misalnya, dapat menyewa dengan membayar sejumlah uang kepada pihak situs untuk mendapatkan satu atau beberapa referal. Referal ini sudah barang tentu akan menambah pemasukan bagi member dan pihak situs dari uang sewa referal. Lalu ada lagi satu hal yang mungkin hanya sebagian kecil orang sadari tentang bisnis paid to click yang terkait dengan referal. Satu atau beberapa iklan di situs paid to click ada yang mengarah ke situs paid to click lainnya. Ketika member klik iklan tersebut, akan terbuka halaman registrasi situs paid to click lain yang jika member mendaftar di situ, member akan menjadi referal dari situs paid to click sebelumnya. Jadi antar situs paid to click akan saling menguntungkan dengan sistem referal ini pula.

Pihak kedua yang akan diuntungkan dari program Paid to Click adalah para penayang iklan. Mungkin pertanyaan kita mengapa mereka mau memasang iklan padahal kita hanya mengunjungi situs mereka dan tidak membeli barang yang ditawarkan. Jika kita ingat lagi, hal terpenting bagi sebuah website adalah traffic pengunjung yang tinggi. Semakin banyak pengunjung sebuah website tiap harinya, maka akan semakin baik peringkat (page rank) website tersebut di search engine, dan otomatis akan menambah jumlah pengunjung ke website itu lagi. Demi hal yang bernama traffic tersebutlah, pihak website owner rela mengeluarkan sejumlah uang untuk mengikuti program-program periklanan. Namun sejumlah kecil uang ini tak sebanding dengan keuntungan dari semakin banyak pengunjung yang datang tiap hari. Oleh karena itu, situs-situs paid to click seperti yang sudah kita tahu akan selalu dibutuhkan selama masih ada website owner yang ingin dikunjungi.

Terakhir adalah keuntungan bagi pengklik iklan atau kita sebagai member. Menurut hemat saya, kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan mengenai keuntungan yang diperoleh situs paid to click dari tiap iklan yang kita klik atau biaya pemasangan iklan. Itu urusan mereka dan konspirasi dengan pemasang iklan. Yang terpenting adalah bayaran yang kita peroleh dari klik satu iklan. Program paid to click atau PTC praktis tidak merugikan kita sama sekali. Meskipun bayaran untuk tiap klik tidak terlalu besar, asal situs paid to click yang kita ikuti bukan scam, sudah syukur alhamdulillah 🙂 Maksud dari situs scam adalah situs yang memberikan iming-iming bayaran cukup besar, tapi ternyata bohong belaka. Salah satu ciri situs PTC scam ini adalah memberikan bayarang yang terlalu besar. Masih rasional jika bayarang yang diberikan adalah 1 sampai 2 dolar atau kurang dari pada itu.

Kesimpulan yang dapat saya berikan di sini adalah, ketika kita mengikuti suatu program paid to click, yakinlah akan keuntungan yang akan diperoleh. Jangan ragu apakah ini sungguhan atau tidak. Di luar profit yang didapatkan oleh situs paid to click di atas, mungkin masih banyak keuntungan yang mereka dapatkan dari klik yang kita lakukan. Seperti potongan transaksi atau yang lain-lain. Selama potongan itu tidak memangkas habis dan tak lebih dari 20% pendapatan kita, saya rasa masih dalam batas kewajaran mengingat minimnya pengorbanan dalam pekerjaan ini. Jadi bayaran sebesar Rp 200 atau bahkan Rp 500 tiap kita klik, bukanlah sesuatu yang sulit dalam dunia periklanan. Apalagi jika ditambah dengan keaktivan kita merekrut referal, maka pendapatan kita akan bertambah selain saling menguntungkan sesama referal. Selamat mencari sesuap nasi dan segenggap berlian melalui program paid to click.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *