Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Artikel Praktis dan Artikel Ringan

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Siapa bilang menulis artikel nonfiksi itu sulit? Menulis artikel nonfiksi itu tidak sulit, asal tahu caranya. Artikel praktis dan artikel ringan adalah salah satu jenis artikel nonfiksi yang paling mudah ditulis. Kedua jenis artikel ini bisa ditulis dengan gaya bahasa yang santai, tidak kaku, meskipun tetap harus menampilkan ciri khas penulisan nonfiksi yang akurat.

Apakah yang dimaksud dengan artikel praktis itu? Artikel praktis adalah tulisan yang berisi petunjuk praktis tentang cara melakukan sesuatu (how to). Misalnya petunjuk cara berselancar di internet, cara merawat tanaman bonsai, tips memanggang kue supaya tidak gosong, kiat ramping dan cantik dalam dua minggu, cara mudah belajar matematika, dan lain sebagainya. Tema yang diangkat bisa tentang apa saja yang kita ketahui. Artikel praktis biasanya ditulis dengan menggunakan pola kronologis, artinya pesan disusun berdasarkan urutan waktu atau tahapan pekerjaan.

Sementara itu, artikel ringan lebih banyak mengangkat topik bahasan yang ringan dengan cara penyajian yang ringan pula. Kita tidak perlu menguras pikiran saat membaca artikel ringan. Contoh tema artikel ringan misalnya: apakah Anda orang yang ambisius, sepuluh ciri wanita setia, sembilan kelemahan pria di mata wanita, dan lain sebagainya. Artikel ringan biasanya ditulis dengan memadukan informasi dan hiburan. Karena itu, judul artikel biasanya dibuat agak provokatif untuk menarik perhatian pembaca.

Meskipun ditulis dengan gaya santai, artikel praktis dan artikel ringan tetap harus memenuhi syarat penulisan nonfiksi sebagai berikut:
1. Mengandung gagasan yang aktual dan/atau kontroversial
2. Menggunakan referensi dengan visi intelektual
3. Menggunakan gaya bahasa yang hidup, segar, populer dan komunikatif
4. Singkat dan tuntas

Referensi:
Sumadiria, AS Haris. Oktober 2009. Menulis Artikel dan Tajuk Rencana. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Tugas:
Buatlah satu artikel praktis atau artikel ringan. Tema bebas. Tugas ini harus dikumpulkan selambat-lambatnya tanggal 9 November 2011 dan akan dibahas pada temu muka tanggal 11 November 2011.

Kata Kunci:

5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *