Categories: TEKNO

Athan, Aplikasi Wajib Muslim Traveler

Jakarta, Kartunet – Jadi kebutuhan untuk seorang Muslim untuk melaksanakan ibadah salat lima waktu. Tapi bagaimana jika sedang bepergian, terutama ke negara yang berpenduduk mayoritas bukan Muslim, dan tidak ada suara adzan dari masjid? Tak perlu khawatir, karena Anda tetap dapat salat tepat waktu apabila install aplikasi Athan di smartphone.

Athan adalah aplikasi berbasis Android dan iOs yang menyajikan informasimengenai waktu salat dan juga derajat arah kiblat. Aplikasi diintegrasikan dengan GPS, jadi dapat langsung menyesuaikan waktu salat dengan lokasi dimana dia berada. Pencarian geo location-nya cukup detail, hingga ke kota kecamatan atau setingkat distrik. Meski Anda berpindah-pindah, Athan akan selalu menyesuaikan dengan waktu salat dimana Anda berapa.

Selain informasi waktu salat, Athan juga menyediakan informasi derajat kibat dimana Anda berada. Dengan bantuan aplikasi Compass yang ada di iOs atau Android, Anda tetap dapat menghadap kiblat yang benar. Sehingga tak perlu bingung apabila di kamar hotel tak ada informasi arah kiblat. Cukup sesuaikan lokasi yang tertera di aplikasi dengan tempat Anda berada, cek pada bagian Kiblat. Ingat derajat kemiringannya, lalu gunakan aplikasi Compass dan cocokan derajat arah kompas dengan posisi Anda menghadap.

Penulis memiliki pengalaman menggunakan aplikasi Athan saat berada di Adelaide, Australia. Di negara bukan berpenduduk mayoritas Muslim, maka tak ada suara Adzan yang terdengar bersahut-sahutan seperti di Indonesia. Apalagi di daerah yang memiliki empat musim, maka waktu salat tidak sama seperti di negara tropis. Misal pada musim panas, Maghrib bisa sekitar jam 8 malam. Tapi dengan Athan, waktu salat sudah disesuaikan dengan aturan koordinat dimanapun Anda berada.

Lebih jauh, Athan juga dapat mengobati kerinduan Anda untuk mendengarkan suara Adzan dari masjid-masjid. Sebagai alarm, Athan menyediakan suara Adzan dengan berbagai versi. Ada versi Mesir, Masjidil Harram di Mekkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan lain-lain.

Buat Anda yang Muslim dan mobile, sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi ini. Sebagai catatan, aplikasi ini juga aksesibel dan berjalan baik menggunakan Voice Over di iOs atau Talkback di Android. Segera unduh dari Google Playstore atau Apple Store dengan search keyword “Athan”. Selamat mencoba.(DPM)

Dimas Prasetyo Muharam

Pemimpin redaksi Kartunet.com. Pria kelahiran Jakarta 30 tahun yang lalu ini hobi menulis dan betah berlama-lama di depan komputer. Lulus dari jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia 2012, dan pernah merasakan kuliah singkat 3 bulan di Flinders University, Australia pada musim semi 2013. Mengalami disabilitas penglihatan sejak usia 12 tahun, tapi tak merasa jadi tunanetra selama masih ada free wifi dan promo ojek online. Saat ini juga berstatus PNS Peneliti di Puspendik Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kunjungi blog pribadinya di www.dimasmuharam.com.

View Comments

Recent Posts

KEMENANGAN

Kuterlahir di negri sang Garuda Sebagai putra Indonesia Ku disuguhi dengan segala Anugerah Anugerah dari…

2 bulan ago

Mudah Dipelajari! Kode Alternatif Dalam Membuat Konten

Kartuneters, pernah tidak, sih, mendengar kata Markdown? Pernah tidak, sih, Kartuneters, mencoba praktek menulis dengan…

2 bulan ago

siapa bilang? Tunanetra ngga bisa jadi YouTuber?

pernakah kalian menjumpai seorang disabilitas, terkhususnya tunanetra? Apa yang terlintas di dalam fikiran kalian tentang…

2 bulan ago

SISWA SLB DAN GURU PENYANDANG DISABILITAS PALING TERHAMBAT DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR

SLB adalah salah satu bidang pendidikan yang mendidik peserta didik namun fokus terhadap anak berkebutuhan…

2 bulan ago

AKU CINTA GURUKU

Puisi bentuk rasa cinta dan hormat murid pada gurunya. Baca Selengkapnya AKU CINTA GURUKU

2 bulan ago

Kembalinya Sang Istri

Suasana di daerah Kota Antapani Bandung pagi ini tampak lengang. Masyarakat di daerah itu masih…

2 bulan ago

This website uses cookies.