Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Mengenal Ciri Anak ADHD

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

b.Ciri anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Anak memperlihatkan impulsivitas, gelisah, banyak menuntut, tidak pernah butuh untuk banyak tidur, selalu terbangun sebelum orang terbangun dari tidur, mengacaukan benda yang ada disekitarnya, bergerak terus menerus, menjelajahi seluruh ruangan tiada henti, berbiacara dengan teman-temannya yang sedang mengerjakan tugas, penyendiri, anak yag tidak penurut baik di rumah, sekolah ataupun di lingkungan sekitarnya, tidak adanya perhatian, temper tantrum, dan hiperaktivitas yang dianggap tidak sesuai dengan tingkat perkembangan mereka (Nevid, 2002).

c.Tipe-tipe ADHD

APA (dalam Nevid, 2002) menjelaskan ada beberapa tipe ADHD yaitu :

1.tipe predominan tidak adanya perhatian,
2.tipe predominan hiperaktif atau impulsif,
3.tipe kombinasi yang ditandai dengan tidak adanya perhatian dan hiperaktivitas yang tinggi.

d.Penyebab ADHD

Penyebab ADHD dilihat dari (Nevid, 2002) :

Perspektif teoritis, walaupun belum diketahui penyebab munculnya ADHD, tampaknya faktor biologis, masa kehamilan dan lingkungan mempengaruhi anak menjadi ADHD.

e.Penanganan

Dalam menangani anak ADHD dapat ditangani dengan mengajak anak duduk bersama dan berbicara, menggunakan obat-obat simultan, memodofikasi perilaku anak (contoh : melatih anak untuk berbicara dalam hati melalui tahapan pemecahan masalah akademik).

f.Daftar Pustaka :

Kaplan, Harold I., Sadock, Benjamin J, Grebb, Jack A. (2002). Sinopsis psikiatri ilmu pengetahuan psikiatri klinis. Jakarta : Binarupa Aksara.

Nevid, Jeffrey S., Rathus, Spencer A., Greene, Beverly. (2002). Psikologi abnormal jilid dua edisi kelima. Jakarta : Erlangga.

sumber: http://tyaset4.blog.com/2010/02/attention-deficit-hyperactivity-disorder/

edited by Dimas Prasetyo Muharam on February 23, 2014 at 5:51 pm

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *