Categories: TEKNO

BBM Voice Hadir di Android dan iOs

Jakarta – Pada Februari lalu, BlackBerry release versi terbaru BBM for all 2.0 dengan fitur tambahan BBM Voice. Perusahaan asal Kanada itu terus mengembangkan aplikasi andalannya, dan BBM Voice hadir di Android dan iOs.

BBM Voice adalah fitur yang sudah ada di handset BlackBerry yang memungkinkan sesama pengguna BBM untuk melakukan panggilan suara dengan jaringan Wifi. Pada BBM di Android dan iOs, tidak lagi menggunakan sistem berlangganan paket BB seperti di handset BlackBerry. Pada kedua sistem operasi tersebut BBM langsung menggunakan sinyal internet dari jaringan Wifi atau paket dana. Maka, kehadiran BBM Voice sesungguhnya hanya tinggal menunggu waktu.

Sebetulnya, ada dua fitur yang ditambahkan oleh BlackBerry pada BBM versi 2.0 yaitu BBM Voice dan BBM Channel. BBM Channel adalah fitur mirip Chat Room di Yahoo Messanger yang dapat digunakan user untuk terhubung dengan BBM users lainnya yang punya minat serupa. Dalam BBM Channel, antara BBM user dapat chatting tanpa harus invite pin.

Untuk menggunakan fitur BBM Voice, silakan terlebih dahulu update aplikasi BBM Anda. Bagi pengguna iPhone, ikuti notifikasi new update yang ada di AppStore. Selanjutnya, di sebelah nama pada kotak chatting, akan muncul Voice Call button. Apabila tab di sana, maka BBM akan melakukan panggilan suara ke lawan chatting. Dapat pula dengan masuk dulu ke profil lawan chatting, lalu tap pada Call button. Apabila BBM user yang dihubungi tidak sedang tersambung dengan wifi, maka BBM Voice call akan gagal.

Namun, pembaruan fitur di BBM ini ternyata berdampak pula pada tampilan BBM. Khususnya pada iOs, kini agak sulit untuk melakukan invite PIN BB. Tab yang biasanya untuk menuju ke invite, tak muncul apabila sedang tak ada invatation dari orang lain. Triknya adalah dengan menjaga tetap ada minimal satu invatation dari orang yang tidak kita approve, sehingga opsi untuk menuju ke Invite tetap muncul.

Selain itu, tak ada perubahan berarti. Bagi pengguna iOs, masih tidak dapat akses fitur PING atau kirim image ke BBM user lainnya. Padahal fitur ini bekerja dengan baik di BBM versi Android. Semoga pada versi update berikutnya, BlackBerry lebih memperhatikan aksesibilitas apalagi setelah BBM Voice hadir di Android dan iOs. Apabila sudah ada yang mencoba fitur tersebut dan ingin berbagi, silakan di kolom komentar ya.(DPM)

Dimas Prasetyo Muharam

Pemimpin redaksi Kartunet.com. Pria kelahiran Jakarta 30 tahun yang lalu ini hobi menulis dan betah berlama-lama di depan komputer. Lulus dari jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia 2012, dan pernah merasakan kuliah singkat 3 bulan di Flinders University, Australia pada musim semi 2013. Mengalami disabilitas penglihatan sejak usia 12 tahun, tapi tak merasa jadi tunanetra selama masih ada free wifi dan promo ojek online. Saat ini juga berstatus PNS Peneliti di Puspendik Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kunjungi blog pribadinya di www.dimasmuharam.com.

View Comments

  • Terakhir saya gunakan BBM iOS 2 bln yg lalu, untuk access nya udah banyak peningkatan.

    • wah bagus tuh. cuma jumlah pengguna BBM makin menurun kali ya. terus kadang kalau mau sign in ulang harus memasukkan kode captcha. tapi alasan utama ga pakai BBM lagi itu karena ganti iPhone. tadinya saya pakai iPhone 4s saya dapat pin BBM yang tanpa huruf. angka semua. terus ganti ke iPhone SE dengan apple ID yang sama, eh pin BBM jadi ikut berubah. jadi ga ok lagi.

  • Setelah beberapa kali update, alhamdulillah fitur-fitur BBM pada Android tetap accessible, karena pada Android terdapat tombol menu/option, jadi ga ngabisin space untuk menu di tampilan layar kaya di IOS.

  • Kemarin sih baca untuk BBM on Android & IOS fasilitas voice call bisa digunakan walau dengan koneksi GSM, ga harus wifi seperti handset BlackBerry

    • pakai paket data ya berarti. lebih asik di bukan handset BB dongya.

Recent Posts

KEMENANGAN

Kuterlahir di negri sang Garuda Sebagai putra Indonesia Ku disuguhi dengan segala Anugerah Anugerah dari…

2 bulan ago

Mudah Dipelajari! Kode Alternatif Dalam Membuat Konten

Kartuneters, pernah tidak, sih, mendengar kata Markdown? Pernah tidak, sih, Kartuneters, mencoba praktek menulis dengan…

2 bulan ago

siapa bilang? Tunanetra ngga bisa jadi YouTuber?

pernakah kalian menjumpai seorang disabilitas, terkhususnya tunanetra? Apa yang terlintas di dalam fikiran kalian tentang…

2 bulan ago

SISWA SLB DAN GURU PENYANDANG DISABILITAS PALING TERHAMBAT DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR

SLB adalah salah satu bidang pendidikan yang mendidik peserta didik namun fokus terhadap anak berkebutuhan…

2 bulan ago

AKU CINTA GURUKU

Puisi bentuk rasa cinta dan hormat murid pada gurunya. Baca Selengkapnya AKU CINTA GURUKU

2 bulan ago

Kembalinya Sang Istri

Suasana di daerah Kota Antapani Bandung pagi ini tampak lengang. Masyarakat di daerah itu masih…

2 bulan ago

This website uses cookies.