Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Beasiswa Kuliah Amerika bagi Tunarungu

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Ada kesempatan beasiswa kuliah bagi tunarungu Indonesia di Gallaudet University, Amerika Serikat tahun 2013. Program ini bernama World Deaf Leaders (WDL) Scholarship yang diseponsori oleh Nippon Foundation, Tokyo Japan untuk para tunarungu di Negara-negara sedang berkembang. Beasiswa meliputi bebas biaya pendidikan, akomodasi, dan logistic selama masa studi.


Beasiswa WDL bertujuan untuk mengembangkan potensi akademik dan kepemimpinan bagi tunarungu di Negara-negara sedang berkembang untuk berkontribusi di lingkungan komunitasnya. Mereka yang terpilih adalah tunarungu yang memiliki keinginan kuat untuk jadi pemimpin taraf internasional, dan berkeinginan untuk kembali ke Negara asal untuk membuat sebuah perubahan. Pelamar beasiswa juga harus memiliki satu project usulan yang akan dikembangkan selama studi di Gallaudet University untuk kemudian diterapkan di Negara asal.


Gallaudet University adalah universitas kelas dunia yang terdepan dalam Liberal Education dan pengembangan karir bagi tunarungu dan siswa dengan kesulitan mendengar. Gallaudet menyandang reputasi internasional pada program-program yang dimiliki, dan mutu penelitian pada bidang sejarah, bahasa, budaya, dan topic terkait ketunarunguan.


Bagi tunarungu pelamar beasiswa, diwajibkan untuk memilih mentor yang akan membantunya selama studi di Gallaudet University. Mentor ini adalah seseorang yang memiliki pengetahuan baik tentang Negara tempat asal pelamar beasiswa, dan dia juga harus punya minat pada proyek yang diajukan. Beasiswa WDL akan menjamin biaya magang dan hidup bagi mentor yang mendampingi pelamar beasiswa.


Jumlah beasiswa yang didapatkan untuk biaya hidup tiap tahun adalah USD 5.000. Besaran itu tidak termasuk biaya kuliah, akomodasi, dan logistic selama kuliah di Gallaudet University ayng akan ditanggung oleh Nippon Foundation. Penerima beasiswa juga akan mendapatkan asuransi kesehatan dan biaya magang selama dua minggu beserta mentor apabila diperlukan. Semua hal ini berlaku sampai masa studi lima tahun.


Namun untuk mendapatkan semua itu, penerima beasiswa harus dapat mempertahankan IPK 2,8 pada tahun pertama, dan IPK 3,0 pada tahun-tahun berikutnya. Penerima beasiswa juga harus punya disiplin tinggi, dan mengikuti minimal satu program magang yang dibiayai oleh Gallaudet University. Perkembangan proyek yang diusulkan pun harus dilaporkan setiap semester ke universitas.


Adapun prasyarat lengkap calon penerima beasiswa WDL 2013 sebagai berikut:



  • Berasal dari Negara sedang berkembang.

  • Seorang tunarungu atau yang memiliki kesulitan mendengar.

  • Membutuhkan dukungan financial untuk melanjutkan pendidikan.

  • Sudah dapat menjadi mahasiswa Gallaudet University pada tanggal 1 Mei.

  • Memiliki prestasi baik di bidang akademik.

  • Terlibat aktif dalam komunitas tunarungu di Negara asal.

  • Mendapatkan tiga surat rekomendasi yakni dua berasal dari  orang yang bertanggung jawab di komunitas tunarungu tempat calon pelamar berkontribusi, dan satu surat rekomendasi akademik dari sekolah.

Apabila Anda memenuhi prasyarat di atas dan berminat untuk mengajukan beasiswa, aplikasi ditunggu sampai tanggal 1 Februari 2013. Silakan lihat info lengkap dan unduh form aplikasi di sini, dan kunjungi situs resminya di www.gallaudet.edu

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *