Brawijaya Kembali Terima Mahasiswa Disabilitas

Jakarta, Kartunet.com – Di antara banyak perguruan tinggi yang masih menolak calon mahasiswa disabilitas, Universitas Brawijaya kembali membuka Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD) tahun ajaran 2013 – 2014. Melanjutkan program serupa tahun lalu, SPKPD menjaring calon mahasiswa disabilitas untuk kuliah pada berbagai jurusan di perguruan tinggi yang berlokasi di kota Malang itu. Penyandang disabilitas yang lulus dari SMA/SMALB atau yang sederajat pada tahun 2011, 2012, dan 2013 dapat mendaftar secara online mulai 20 Mei, dan berkesempatan memperoleh beasiswa.

SPKPD adalah seleksi penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya (UB) melalui seleksi administratif, tes wawancara, dan psikotes yang dilakukan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UB. Seleksi ini diperuntukkan bagi penyandang disabilitas yang memiliki kapabilitas dalam bidang keilmuan dari Jurusan/Program Studi yang akan dipilihnya. Peserta yang lulus SPKPD memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa.

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftaran peserta SPKPD dilakukan secara online melalui www.selma.ub.ac.id dan www.psld.ub.ac.id
  2. Panitia akan melakukan seleksi administratif berdasarkan data yang dikirimkan.
  3. Peserta yang lolos seleksi administratif membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.200.000,- pada Bank BNI seluruh Indonesia.
  4. Peserta yang lolos seleksi administratif akan dipanggil (bersama orangtua) untuk mengikuti tes wawancara dan psikotes.
  5. Pemanggilan calon mahasiswa untuk mengikuti tes wawancara dan psikotes dilakukan oleh tim SPKPD.
  6. Peserta yang mengikuti tes wawancara dan psikotes harus membawa berkas-berkas asli dan fotocopy, sesuai dengan rincian yang dapat dilihat di www.selma.ub.ac.id dan www.psld.ub.ac.id.
  7. Keputusan yang dibuat oleh tim SPKPD tidak dapat diganggu gugat.
  8. Kelas Program Studi yang ditawarkan untuk SPKPD dapat dilihat di sini

Persyaratan Umum

  1. Calon Mahasiswa adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Peserta SPKPD adalah penyandang disabilitas.
  3. Calon Mahasiswa mampu melakukan imbulasi atau mobilitas dengan alat bantu atau tanpa alat bantu.
  4. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/SMALB atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013.
  5. Lulusan tahun 2011 dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/SMALB atau yang setara, dan lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah, yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.

Berkas yang Dibawa pada saat Tes Wawancara dan Psikotes

  1. Membawa bukti pendaftaran online
  2. Membawa kartu identitas asli (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Paspor) dan menyerahkan foto copy kartu identitas sebanyak 3 lembar.
  3. Membawa akta kelahiran asli dan menyerahkan fotokopi akta kelahiran yang sudah dilegalisir RT/RW sebanyak 3 lembar.
  4. Membawa kartu keluarga asli dan menyerahkan fotokopi kartu keluarga yang sudah dilegalisir RT/RW sebanyak 3 lembar.
  5. Membawa surat keterangan perihal disabilitas dari dokter/terapis/psikiater/kepala sekolah.
  6. Membawa Ijazah asli dan menyerahkan fotokopu ijazah SMU/SMK/SMULB/MA yang sudah dilegalisir, sebanyak 3 lembar.
  7. Membawa raport asli dan menyerahkan fotokopi raport dari kelas 1 s.d. kelas 3 yang sudah dilegalisir sebanyak 2 berkas.
  8. Membawa surat penghargaan (sertifikat) prestasi tertentu bagi yang memiliki, dan menyerahkan fotokopi sertifikat sebanyak 3 lembar.
  9. Membawa slip gaji terakhir orang tua/wali, dan menyerahkan fotokopi slip gaji sebanyak 2 lembar.
  10. Membawa rekening tagihan/bukti pembayaran air, listrik, dan telepon 3 bulan terakhir, dan menyerahkan fotokopi rekening tersebut sebanyak 2 lembar.
  11. Membawa rekening tagihan/bukti pembayaran PBB 1 tahun terakhir, dan menyerahkan fotokopi rekening tersebut sebanyak 2 lembar.
  12. Jika tidak memiliki rkening air, listrik, telepon, dan slip gaji maka diganti dengan surat keterangan RT/RW dan kelurahan.
  13. Membawa bukti pembayaran tanggungan lainnya, dan menyerahkan fotokopi bukti tersebut sebanyak 2 lembar.
  14. Membawa materai Rp.6.000,00.
  15. Membawa map merah (1 lembar) dan map biru (1 lembar).

 

Jadwal Pendaftaran

No. Kegiatan Waktu
1. Pendaftaran Online 20 Mei-20 Juni 2013
2. Seleksi Administratif 21-26 Juni 2013
3. Pengumuman Hasil Seleksi Administratif 27 Juni 2013
4. Pembayaran Biaya Pendaftaran 28 Juni-3 Juli 2013
5. Tes Psikotes dan Wawancara 4-12 Juli 2013
6. Pengumuman Akhir 23 Juli 2013

Pertanyaan dan informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs resmi Pusat Studi dan Layanan Disabilitas UB di http://psld.ub.ac.id atau telepon ke 03417290046 dan email psldbrawijaya@ub.ac.id. Semoga makin banyak penyandang disabilitas yang menjangkau pendidikan tinggi dan lebih banyak lagi institusi pendidikan yang terbuka karenanya.(DPM)

Editor: Muhammad Yesa Aravena

Last Updated on 4 tahun by Redaksi

Oleh Dimas Prasetyo Muharam

Pemimpin redaksi Kartunet.com. Pria kelahiran Jakarta 30 tahun yang lalu ini hobi menulis dan betah berlama-lama di depan komputer. Lulus dari jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia 2012, dan pernah merasakan kuliah singkat 3 bulan di Flinders University, Australia pada musim semi 2013. Mengalami disabilitas penglihatan sejak usia 12 tahun, tapi tak merasa jadi tunanetra selama masih ada free wifi dan promo ojek online. Saat ini juga berstatus PNS Peneliti di Puspendik Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kunjungi blog pribadinya di www.dimasmuharam.com.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *