Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress untuk Tunanetra

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress untuk Tunanetra
Depok, Kartunet – Blog merupakan singkatan dari dua suku kata, yakni Web dan Log (Weblog) yang dapat diartikan sebagai catatan harian. Yang dimaksud catatan harian di sini adalah catatan atau tulisan yang disimpan secara online dan terdapat dalam sebuah halaman web. Jadi, secara sederhana dapat disimpulkan bahwa Blog adalah halaman web online yang berisi catatan, tulisan, atau rangkaian artikel yang dapat diperbaharui serta dapat diakses untuk pribadi maupun untuk umum.

Blog memiliki banyak fungsi, antara lain sebagai berikut.

  1. Sebagai media pribadi. Fungsi blog yang satu ini lebih ditekankan kepada keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup, curahan hati, dan semata-mata hanya untuk kepentingan sendiri dan bersifat pribadi. Biasanya blog yang seperti ini hanya diperlihatkan kepada sebagian orang saja, seperti teman, keluarga, atau kerabat dekat.
  2. Sebagai media untuk berbisnis. Blog bisnis merupakan blog yang dipergunakan untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan usaha seseorang, misalnya usaha jual beli produk, jasa, dan sebagainya.
  3. Sebagai media untuk berbagi informasi. Jenis blog seperti ini biasanya lebih terfokus pada satu topik tertentu, misalnya blog resep masakan, blog kumpulan software untuk komputer, dan sebagainya. Blog jenis ini biasanya lebih mengutamakan kepentingan pembacanya.
  4. Sebagai media promosi atau iklan. Jenis blog ini biasanya berisi tentang promosi produk milik pihak lain dengan maksud dan tujuan untuk mendapat upah dari pihak yang sudah kita promosikan produknya.

Ada banyak penyedia layanan blog (blog engine) yang menyediakan layanannya secara gratis. Dua di antaranya yang paling popular adalah Blogspot dan WordPress. Namun, dalam kesempatan kali ini penulis hanya akan membahas tentang pembuatan blog dengan WordPress. Satu alasan kuat penulis lebih memilih WordPress adalah karena tampilannya yang lebih mudah diakses dengan screen reader sehingga tidak akan menyulitkan para tunanetra untuk bernavigasi dan bereksplorasi dalam proses pembuatan dan pengelolaan blog.

Persiapan Membuat Blog di WordPress.com

Beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum membuat blog di WordPress adalah sebagai berikut.

  1. Seperangkat komputer PC atau laptop yang telah terkoneksi dengan internet.
  2. Screen reader NVDA.
  3. Aplikasi web browser (disarankan menggunakan Mozilla Firefox).
  4. Alamat email aktif yang nantinya akan digunakan untuk verifikasi pendaftaran blog WordPress.

Mendaftar di WordPress

Untuk membuat blog di WordPress, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar atau membuat akun di WordPress. Untuk mendaftar di WordPress, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Keterangan:
Dalam pembuatan modul ini, penulis menggunakan pengaturan komputer standar dan pengaturan default pada WordPress yang menggunakan Bahasa Inggris.

  1. Buka aplikasi web browser (Mozilla Firefox) yang ada di komputer Anda.
  2. Tekan alt+d untuk menuju ke Address Bar, kemudian ketik alamat www.wordpress.com, tekan enter. Tunggu hingga proses loading halaman WordPress selesai.
  3. Setelah proses loading selesai, tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan “Get Started”, tekan enter.
  4. Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan halaman pemilihan jenis blog atau website apa yang akan Anda buat. Tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan “Start with a blog”, tekan enter.
  5. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman pemilihan alamat blog. Alamat blog ini yang nantinya akan dapat dibuka orang lain untuk mengunjungi blog kita. Tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan “Enter your site’s name, or some key words that describe it – we’ll use this to create your new site’s address”. Kemudian tekan panah bawah lagi untuk memasuki kotak pengetikan alamat blog. Ketik alamat blog yang Anda inginkan, misalnya fakhryrosa31. Setelah itu tekan escape untuk keluar dari fokus kotak pengetikan.
  6. Tekan panah bawah lagi, maka Anda akan menemukan alamat blog yang disarankan oleh WordPress sesuai dengan alamat yang tadi Anda ketik. Dalam kasus kali ini, pilihlah alamat yang berakhiran .wordpress.com, karena itu adalah alamat blog yang disediakan secara gratis oleh WordPress. Jika pilihan tersebut tidak ada, ganti alamat blog yang tadi Anda ketik sampai nantinya Anda menemukan saran alamat yang berakhiran .wordpress.com. Setelah Anda menemukan alamat yang sesuai, tekan enter pada alamat blog yang berakhiran .wordpress.com
  7. Setelah proses pemilihan alamat blog, Anda akan dihadapkan dengan halaman pemilihan plan (rencana), apakah Anda akan membuat blog gratis atau blog berbayar. Tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan “Start with Free”, tekan enter.
  8. Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan halaman pembuatan akun WordPress. Tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan “Your email address”. Kemudian tekan panah bawah lagi untuk memasuki kotak pengetikan alamat email. Ketikkan alamat email aktif yang Anda miliki.
  9. Tekan tombol tab sekali, screen reader akan mengatakan “Choose a username”. Ketikkan nama user yang Anda inginkan, atau biarkan saja sesuai rekomendasi WordPress jika itu sesuai keinginan Anda.
  10. Tekan tombol tab lagi, screen reader akan mengatakan “Choose a password”. Ketikkan password yang Anda inginkan. Password harus terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Harap berhati-hati dan teliti dalam menulis password.
  11. Tekan tab sampai screen reader mengatakan “Continue”, tekan enter.

Selamat! Kini Anda sudah memiliki blog di WordPress. Langkah terakhir, tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan “View My Site” untuk melihat tampilan blog yang baru saja Anda buat.

Melakukan Verifikasi Email

Setelah Anda berhasil memiliki blog di WordPress, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuka Email verifikasi dari WordPress. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka alamat email yang tadi Anda pakai untuk mendaftar di WordPress.
  2. Pada bagian Inbox, carilah email dari WordPress. Kemudian buka email tersebut. Jika Anda tidak menemukan email dari WordPress di Inbox, carilah di bagian Spam.
  3. Setelah email dari WordPress berhasil dibuka, tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan “Confirm Now”, tekan enter.
  4. Jika diminta, silahkan login ke WordPress dengan memasukkan alamat email dan password yang tadi Anda buat.

Mengedit Profil

Agar blog Anda lebih mudah dikenal dan dicari, salah satu langkah penting yang harus dilakukan pada blog baru Anda adalah mengedit profil. Untuk mengedit profil di WordPress, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka www.wordpress.com
  2. Login ke akun WordPress Anda apabila Anda belum login.
  3. Setelah berhasil login, tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan “Me”, tekan enter.
  4. Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan halaman My Profile. Telusuri dengan panah bawah. Isilah informasi yang diminta, seperti First Name, Last Name, Public Display Name (nama yang nantinya akan tampil di setiap artikel yang Anda buat), dan About Me.
  5. Setelah Anda mengisi semua informasi yang diperlukan, tekan panah bawah atau tab sampai screen reader mengatakan “Save Profile Details”, tekan enter.

Menulis Isi Blog

Setelah Anda memiliki blog di WordPress, tentu saja Anda harus mengisi blog tersebut. Untuk mengisi blog WordPress, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka www.wordpress.com dan login apabila Anda belum login.
  2. Setelah login, tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan “Write”, tekan enter.
  3. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman pembuatan artikel baru. Tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan “title”, tekan enter. Tuliskan judul artikel yang Anda inginkan.
  4. Setelah itu, tekan tab sekali, screen reader akan mengatakan “rich text”. Silahkan tulis isi artikel yang Anda inginkan. Anda juga bisa melakukan copy-paste artikel dari Microsoft Word untuk mempermudah.
  5. Setelah selesai menulis artikel, tekan shift+tab sampai screen reader mengatakan “Publish…”, tekan enter.
Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *