Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Cara Tunanetra Menjelajahi Internet

Cara Tunanetra Menjelajahi Internet
Tangerang, Kartunet – Di era serba modern ini, tentu kamu pernah mendengar kata-kata seperti Google, Facebook, Email, Twitter, atau Yahoo. Selain itu, aplikasi chat atau mengobrol di smartphone seperti Whatsapp, Line, atau BBM mungkin sudah akrab ditelingamu. Semua hal itu baru dapat bekerja jika ada sebuah media yang dinamakan internet. Lantas apa sebenarnya internet itu?

Internet terdiri dari dua kata yaitu inter dan network. Secara sederhana internet dapat diartikan sebagai antar jaringan. Maksudnya internet menghubungkan computer atau perangkat yang kamu pakai dengan jaringan lain yang ada jauh di luar sana. Jadi ketika kamu membuka sebuah situs di internet, maka melalui medium kabel atau wireless, computer atau perangkatmu dihubungkan dengan jaringan dimana data dari situs itu disimpan.

Mungkin pengertian internet agak memusingkan, tapi yang jelas internet saat ini begitu dekat dengan kita dan khususnya buat para tunanetra membuka peluang baru di bidang ekonomi. Internet tak hanya sarana untuk mendapatkan informasi, tapi kamu pun juga dapat menjadi sumber informasi dan mendapatkan penghasilan dari internet. Kamu dapat bekerja free lance atau di bidang internet marketing yang semuanya bahkan tak perlu keluar rumah untuk mendapatkan uang.

Untuk menghubungan computer kita dengan jaringan internet dibutuhkan sebuah perangkat yang disebut MODEM. Modem ini akan menghubungkan ke computer dengan penyedia layanan internet (Internet Service Provider).

Ada beberapa jenis jaringan penghubung ke internet antara lain:

  1. Telepon rumah (telepon kabel) dengan jenis dial up atau Indihome
  2. Telepon seluler
  3. Wireless broadband
  4. Cabel Broadband
  5. Vsat (Via satelit)
  6. Dan lain-lain

Beberapa Istilah dalam Internet

Ada beberapa istilah mendasar ketika kamu menjelajah internet yang perlu dipahami.

  • Domain. Ini contohnya seperti www.kartunet.com, www.google.com, atau www.yahoo.com. Semua hal itu dinamakan domain dan fungsinya mirip dengan alamat rumah tempat tinggalmu.
  • Website. Jika ada domain yang merupakan alamat rumah di internet, maka website adalah rumah itu sendiri.
  • Blog. Secara fungsi mirip dengan website, hanya blog biasanya berisi informasi yang spesifik atau merupakan kumpulan tulisan-tulisan pribadi dari seseorang. Contoh blog adalah www.dimasmuharam.info
  • Portal. Adalah website yang berisi beragam nformasi. Biasanya portal berita yang terdiri dari beragam kategori informasi seperti olahraga, politik, ekonomi, dll. Contoh portal seperti www.detik.com.
  • Media social. Mungkin kamu sering mendengar Twitter, Facebook, atau Instagram? Tiga situs tersebut adalah contoh dari media social atau social media. Ciri umum media social adalah jejaring dan interkoneksinya dengan pengguna lain dalam situs tersebut, dan fungsi yang mirip dengan hidup bermasyarakat seperti punya teman, berbagi, atau berkomentar.
  • Browser. Jika ada domain sebagai alamat dan website berupa rumahnya, maka browser adalah jalan untuk menuju ke alamat rumah. Untuk menuju ke sebuah situs, kamu harus membukanya melalui browser atau aplikasi lain yang dibuat khusus untuk situs tersebut. Beberapa contoh browser yang popular adalah Internet Explorer, Microsoft Edge (browser baru yang ada di Windows 10, Mozilla FireFox, Google Crome, dan Safari (untuk pengguna produk Apple).

Menggunakan Browser Mozilla Firefox

Salah satu browser yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Mozilla Firefox. Browser berlambang rubah api ini bukan bawaan dari operating system Windows, akan tetapi kita dapat menginstallnya secara gratis. Namun tak perlu khawatir Karena computer yang kamu gunakan sudah dilengkapi dengan browser tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan Mozilla Firefox:

  1. Melalui Desktop dengan pertama kali menekan tombol Windows+M untuk minimize semua jendela dan menempatkan kursor di Desktop. Lalu tekan huruf M untuk huruf pertama dari kata Mozilla Firefox, jika sudah ketemu, langsung tekan enter.
  2. Melalui Start Menu, pada search box, ketik “mozilla” sebagai kata awal dari Mozilla Firefox, jika sudah ketemu, tekan enter.

Membuka Halaman Website

Setelah program Mozilla Firefox aktif, sekarang telah siap untuk mengunjungi sebuah website/situs. Disini akan dicontohkan membuka website www.kartunet.com. Situs tersebut dibuat oleh para tunanetra dan berisi berbagai informasi mengenai tunanetra, karya cerpen dan puisi, tutorial computer, dan artikel-artikel menarik lainnya. Website juga sudah memiliki standar aksesibilitas yang memadai untuk pengguna Screen Reader.

Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan Alt+D untuk menuju ke address bar, lalu ketik www.kartunet.com
  • Tunggu hingga halaman tersebut terbuka 100%

Keterangan: ketika website sedang dibuka akan terdengar suara”BIP” berkali-kali dari nada rendah sampai tinggi, ketika”BIP” berakhir menandakan halaman sudah terbuka 100% dan screen reader akan membacakan seluruh isi daripada website tersebut. tekan tombol Ctrl untuk menghentikan pembacaan dari Screen Reader.

Gambaran Umum Tampilan Website

Sebuah halaman website biasanya berisi teks, gambar dan beberapa bentuk suara. Umumnya gambar tidak dapat dideteksi oleh pembaca layar kecuali beberapa website yang mengikuti desain standar web accessesibility maka Screen Reader akan membacakan keterangan gambar yang tersedia.

Meski tunanetra tak membutuhkan tampilan visual, tapi ada baiknya jika mengetahui mengenai gambaran umum tampilan sebuah website. Barang kali nanti kamu ingin berprofesi sebagai pengembang website, hal ini akan sangat bermanfaat. Meski untuk menelusuri halaman web cukup dengan panah atas / bawah, pada kenyatannya tampilan web tidak linear dari atas ke bawah. Ada bagian-bagian yang umumnya seperti berikut:

  1. Header. Bagian yang biasanya memanjang horizontal di bagian atas halaman web. Berisi logo, tagline, atau tautan ke halaman-halaman utama seperti about us (tentang kami), kontak, FAQ atau Frequently Answered Questions (pertanyaan dan jawaban yang sering muncul), atau halaman donasi.
  2. Sidebar. Biasanya memanjang vertical di sisi kiri, kanan, atau keduanya pada halaman website. Berisi fasilitas atau tautan menu yang bermanfaat untuk pengguna website. Seperti informasi alamat media social, website rekanan, kategori-kategori dalam situs, dll.
  3. Content. Merupakan bagian utama atau isi yang ada di website. Bagian ini biasanya berisi artikel dari mulai judul hingga ke isi dan segmen komentar jika ada.
  4. Footer. Biasanya berada memanjang horizontal di bagian bawah halaman web. Berisi tautan ke menu tambahan seperti halaman kebijakan dan privasi atau ketentuan yang berlaku dalam website. Ada juga yang menyantumkan informasi mengenai hak cipta atau pembuat website.

Navigasi dengan tautan (links)

Ketika kita menyelusuri sebuah halaman web seringkali ditemukan kata/kalimat yang diawali dengan suara link yang menandakan bagian tersebut akan menunjuk kepada sebuah dokumen yang bisa di unduh apabila link tersebut merujuk pada sebuah file atau bisa juga merujuk kepada alamat halaman website lainnya. Untuk membuka link tersebut dengan cara menekan tombol Enter.

Kata link sebenarnya tidak tertulis dalam layar hanya ditandai dengan symbol underline (garis bawah). Kita dapat mengulangi pambacaan dari awal dokumen dengan menekan tombol Ctrl+Home dan akan terdengar judul halaman yang sudah terbuka tersebut.

Pada sebuah halaman web biasanya terdapat lebih dari 1 (satu) link. Kita dapat menelusuri tiap link yang ada dengan menekan tombol Tab dan Shift Tab untuk berpindah ke link sebelumnya. Cara lain, yaitu kita dapat merubah tampilan link berbentuk daftar dari atas ke bawah dengan menekan INSERT+F7, dengan demikian untuk menuju ke salah satu link yang kita inginkan dengan menekan huruf pertama dari link tersebut

Heading

Sebuah halaman website yang baik dan dapat digunakan oleh tunanetra biasanya berisikan beberapa heading di dalamnya. Biasanya sebuah heading berisikan beberapa tingkatan misalkan sebuah judul tulisan merupakan heading tingkat 1 dan untuk sub-sub judulnya merupakan heading tingkat 2, tingkat 3 dan seterusnya sehingga halaman tersebut akan lebih mudah dipahami pembacanya Untuk berpindah ke heading berikutnya, kita bisa menekan tombol H dan Shift+H untuk pindah ke heading sebelumnya.

List (Daftar)

List atau daftar adalah paragraf yang didahului oleh angka (ordered list) dan bulleted/unordered list. Coba ikuti langkah-langkah berikut dengan website www.kartunet.com.

Tekan panah bawah untuk menelusuri isi halaman website tersebut hingga anda menemukan paragraf dengan tampilan list. Ketika hampir sampai di paragraf dengan tampilan list, pembaca layar akan mengatakan: “List of 3 item”, atau “list of 4 item”,… tergantung ada berapa item dalam list tersebut. Short-cut untuk langsung menuju ke list pada browser adalah dengan menekan huruf L.

Image (Gambar)

Kebanyakan website menggunakan gambar untuk memperindah tampilannya. Namun hanya             beberapa website yang gambarnya dapat diakses dengan pembaca layar. Website yang gambarnya dapat diakses dengan pembaca layar adalah website yang dibuat menurut aturan standar web accessibility. Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara mengakses gambar didalam website yang dibuat menurut aturan standar web accessibility.

  • Buka website Kartunet.com
  • Tekan Ctrl+Home untuk menempatkan kursor di awal halaman website.
  • Tekan huruf G untuk menempatkan kursor langsung ke gambar pertama.
  • Tekan huruf G lagi untuk menampilkan gambar yang lain.
  • Selain dengan cara tersebut, kamu juga dapat menekan Insert+Ctrl+G untuk menampilkan daftar gambar yang ada.
  • Jika menelusuri halaman ini menggunakan panah bawah/atas, ketika kursor menemukan gambar, pembaca layar akan membaca “Graphic” dilanjutkan dengan label yang ada pada gambar tersebut.
  • Gambar terkadang ada yang dilengkapi dengan link yang apabila ditekan enter, maka akan menuju ke halaman lainnya.

Form

Pada website, kamu dapat berinteraksi dengan pengelola atau pemilik website tersebut melalui fasilitas Form. Jika di situs media sosial, kamu dapat interaksi dengan sesama pengguna media sosial melalui form yang tersedia.

Beberapa Jenis Form

  1. Edit Box
    Suatu form yang ditandai dengan kata “edit”. Hal itu menunjukkan bahwa ditempat itu kamu dapat mengetikkan sesuatu.
  2. Radio Button
    Suatu form yang ditandai oleh PEMBACA LAYAR dengan kata “Radio button” menandakan bahwa didalam form itu berisi gambar lingkaran kecil dan tulisan, lalu kita diminta untuk memilih salah satu diantaranya.
  3. Combo Box
    Suatu form yang oleh PEMBACA LAYAR ditandai dengan kata “Combo Box” menunjukkan bahwa kita diminta untuk memilih salah satu pilihan yang disediakan. Biasanya pembaca layar akan memberi tanda bunyi”klik”. Perbedaannya dengan radio button adalah pada Combo Box tidak terdapat gambar tombol. Combo box biasanya digunakan untuk pilihan yang banyak.
  4. Check Box
    Suatu form yang oleh PEMBACA LAYAR ditandai dengan kata “Check Box” menunjukkan bahwa kita disediakan dua pilihan yaitu Checked atau Not Checked (Yes/No). Jika kita menemukan form yang ditandai dengan tanda Checked Box, tekan spasi untuk mengubahnya menjadi Checked atau Yes, dan tekan spasi lagi untuk mengembalikannya menjadi Not Checked atau No.
  5. Button
    Suatu form yang oleh PEMBACA LAYAR ditandai dengan kata “button” menunjukkan bahwa form tersebut berupa gambar tombol yang dapat diaktifkan dengan Enter.

Unduh (download)

Download atau dalam Bahasa Indonesia dinamakan unduh, adalah proses pengambilan informasi berupa file, data atau program yang disediakan oleh sebuah situs web. Type file yang diunduh beragam sesuai dengan asal file itu dibuat. Dapat berupa file .docx untuk Ms Word, .xlsx untuk Ms Excel, .pdf untuk yang berasal dari Adobe reader, .exe jika berupa aplikasi, dll.

Mozilla Firefox sudah menyediakan fasilitas untuk download tanpa perlu program tambahan seperti Internet Download Manager atau lainnya. Pada browser ini juga mendukung resume file, yang artinya jika sebuah file dengan ukuran besar belum selesai diunduh, kamu dapat pause atau berhentikan sejenak proses itu, untuk dilanjutkan lain waktu. Untuk unduh file dengan Mozilla Firefox, ikuti langkah-langkah berikut

  • Telesuri terlebih dahulu link atau icon dalam halaman web yang menunjukkan bahwa itu akan mengarah pada link yang berisikan file baik itu data maupun program.
  • Tekan Enter pada link atau icon tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog File download.
  • Muncul dua pilihan radio button yaitu Save file atau open file. Jika kamu pilih save, maka Firefox akan menyimpan file tersebut dalam folder Download yang ada di This PC. Namun jika open, Firefox akan memuat tanpa menyimpan lalu setelah itu dibuka dengan aplikasi yang sesuai.
  • Untuk mengetahui progress download atau unduhan, tekan short-cut Ctrl+J, dan Firefox akan memunculkan daftar file yang sudah atau sedang diunduh beserta keterangannya.
  • Jika satu file telah selesai, tekan tombol aplikasi untuk memilih langsung membuka file tersebut )open) atau menuju ke folder lokasi file tersebut disimpan (open containing file).
  • Jika pilih Open containing file, maka kamu akan masuk ke folder Download di This PC, dan file itu dapat dikopi atau dipindah ke folder lain sesuai

Sampai di sini kamu sudah dapat berselancar atau surfing di internet. Silakan terus berlatih dengan membuka beberapa website dan telusuri isinya. Biasanyakan navigasi dengan short-cut yang disediakan screen reader ketika di browser.(DPM)

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *