Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Dengan Aplikasi Ini Tunanetra Bisa ‘Melihat’

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com — Apa sih yang tidak bisa dilakukan dengan teknologi? Bahkan tunanetra pun bisa melihat karenanya! Tidak percaya?

Adalah Net Ideas, LLC yang menciptakan sebuah aplikasi bernama TapTapSee – Blind & Visually Impaired Camera , aplikasi yang didesain khusus untuk membantu para penyandang disabilitas tunanetra mengidentifikasi segala objek di sekitarnya dalam kehidupan sehari-hari. Cukup dengan melakukan double tap pada jendela aplikasi, maka TapTapSee akan mengatakan apa objek di hadapannya! Aplikasi ini dapat dipakai pada beberapa tipe gadget Apple, yaitu iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPod touch (3rd generation), iPod touch (4th generation), iPod touch (5th generation) dan iPad.

Untuk menggunakan TapTapSee, sebelumnya pastikan dulu voiceover (aplikasi pembaca layar Pada IOS) telah diaktifkan (enabled) dan perangkat terhubung ke internet. Adapun, cara penggunaannya sebagai berikut:

– Jika kita mengarahkan kamera pada sebuah laptop berwarna hitam yang sedang di taruh di lantai, maka TapTapSee akan mengatakan, “A black laptop on the floor.”

– Jika kita mengarahkan kamera pada seorang wanita yang memakai gaun belang hitam abu-abu dan sedang menelpon, maka TapTapSee akan mengatakan, “”A woman with black and silver dress holding a phone.”

Tidak hanya itu saja, TapTapSee bahkan juga bisa mengidentifikasi merek gadget. Saat kita mengarahkan kamera pada sebuah BlackBerry berwarna hitam, ia akan berkata, “A Black BlackBerry Qwerty.”

Aplikasi ini juga bisa membaca tulisan secara akurat, bahkan menerjemahkan tulisan berbahasa apa saja sesuai dengan bahasa default perangkat. Yang  paling hebat, TapTapSee bisa didapat secara gratis!

Tertarik mencoba? silakan kunjungi https://itunes.apple.com/id/app/taptapsee-blind-visually-impaired/id567635020 (MIT)

Editor: Muhammad Yesa Aravena

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *