Categories: BERITA

Disabilitas Ikut Rayakan Hakteknas

Jakarta, Kartunet.com – Komunitas pemuda disabilitas di bawah nama Kartunet Community mengikuti Talkshow yang bertajuk “Membedah Konten Internet dan Media Masyarakat” dalam rangkaian acara peringatan Hakteknas ke-16 (12-08). Tahun ini merupakan pertama kalinya Kartunet hadir dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

 Acara talkshow yang diadakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi ini dilaksanakan di Ruang Seminar lantai 2, Gedung Graha Widya Bakti Puspiptek Serpong,. Selama berlangsungnya acara Talkshow, Kartunet mendapat berbagai tanggapan positif, baik dari pihak penyelenggara maupun dari para pembicara.

Presiden Kartunet Community, Dimas Muharam, menjadi salah satu dari lima pembicara dalam Talkshow tersebut. Secara umum, perbincangan dalam Talkshow tersebut berkaitan dengan bagaimana social media memberi dampak pada kehidupan manusia. Dalam pemaparannya, Dimas berusaha memberikan wawasan baru kepada khalayak bahwa ada kelompok di masyarakat dunia ini yang paling diuntungkan dengan kemajuan teknologi, mereka adalah para penyandang disabilitas, khususnya tunanetra. sebab dengan kemajuan teknologi, mereka dapat berjuang mencapai kesetaraan dalam masyarakat, serta dapat mulai mengatasi hal-hal  yang sebelumnya menjadi hambatan penyandang disabilitas untuk berkontribusi dalam masyarakat.

Selanjutnya, Dimas juga memperkenalkan Kartunet Community dan website www.kartunet.com beserta kegiatan-kegiatannya, serta bagaimana fungsi kartunet.com sebagai media online sosialisasi isu-isu disabilitas di masyarakat. Melalui situs kartunet.com, twitter, danf facebook, kartunet berusaha memberikan pemahaman baru tentang konsep disabilitas kepada masyarakat, bahwa disabilitas itu adalah bagian dari keberagaman masyarakat, bukan keanehan atau ketidakmampuan.

Akhirnya, Kartunet mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Riset dan Teknologi, selaku penyelenggara acara, serta pihak-pihak lain yang telah membantu dan memfasilitasi Kartunet sehingga dapat turut berpartisipasi dalam acara ini. (AP)

Andira Pramatyasari

Alumni S1 Ilmu Hukum Universitas Indonesia, staf pengurus Kartunet Community

Recent Posts

KEMENANGAN

Kuterlahir di negri sang Garuda Sebagai putra Indonesia Ku disuguhi dengan segala Anugerah Anugerah dari…

3 minggu ago

Mudah Dipelajari! Kode Alternatif Dalam Membuat Konten

Kartuneters, pernah tidak, sih, mendengar kata Markdown? Pernah tidak, sih, Kartuneters, mencoba praktek menulis dengan…

3 minggu ago

siapa bilang? Tunanetra ngga bisa jadi YouTuber?

pernakah kalian menjumpai seorang disabilitas, terkhususnya tunanetra? Apa yang terlintas di dalam fikiran kalian tentang…

3 minggu ago

SISWA SLB DAN GURU PENYANDANG DISABILITAS PALING TERHAMBAT DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR

SLB adalah salah satu bidang pendidikan yang mendidik peserta didik namun fokus terhadap anak berkebutuhan…

3 minggu ago

AKU CINTA GURUKU

Puisi bentuk rasa cinta dan hormat murid pada gurunya. Baca Selengkapnya AKU CINTA GURUKU

3 minggu ago

Kembalinya Sang Istri

Suasana di daerah Kota Antapani Bandung pagi ini tampak lengang. Masyarakat di daerah itu masih…

4 minggu ago

This website uses cookies.