Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Formasi CPNS Disabilitas Belum Berdasar Potensi

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet – Tahun ini, dibuka 300 formasi CPNS untuk penyandang disabilitas. Akan tetapi, formasi CPNS disabilitas belum berdasar potensi. Sebagaimana dikutip dari pernyataan Menteri PAN dan RB, Azwar Abubakar pada Viva News (06-06)

Menurut Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB), Azwar Abubakar, akan dibuka lowongan untuk 300 orang penyandang disabilitas. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya, tahun 2013 hanya menerima 250 orang. Mereka, kata Azwar, bisa ditempatkan di slot khusus, misalnya untuk mengoperasikan komputer atau call center.

“Supaya kita juga bisa melatih dioptimalkan kemampuannya. Minimal komputer kan di mana-mana ada,” kata Azwar di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat 6 Juni 2014.

Kebijakan ini merupakan upaya Affirmative action untuk meningkatkan derajat hidup penyandang disabilitas. Akan tetapi, jika dilihat dari pernyataan Menteri PAN dan RB, jelas masih ada pemahaman bahwa penyandang disabilitas hanya dilihat berdasar sisi kekurangnya, bukan potensinya. Cara pandang ini mengaburkan fakta bahwa ada sebagian penyandang disabilitas yang memiliki kualifikasi pendidikan tinggi yang dapat bekerja secara profesional pada bidang-bidang lain yang memutuhkan kompetensi tertentu. Sedangkan apabila mereka hanya ditempatkan pada urusan administratif atau operator komputer dan telepon, maka kualifikasi pendidikan itu tidak terpakai yang sebetulnya dapat dikontribusikan untuk bidang lainnya yang lebih tepat.

Jika sistem yang digunakan masih pada faktor kekurangan/disabilitas bukan potensi, maka akan mempersempit peluang penyandang disabilitas yang berkompeten akan tetapi tidak dibuka formasinya untuk disabilitas di bidang tersebut. Sudah saatnya Kementrian PAN dan RB memahami ini dan membuka formasi disabilitas di CPNS 2014 berdasarkan kuota, sedangkan mereka dapat melamar pada posisi manapun asalkan kualifikasi pendidikan atau keahliannya memadai.

Sementara, secara keseluruhan tahun 2014 akan dibuka lowongan sebanyak 100 ribu. Untuk pusat 35.000 dan daerah 65.000. Sementara ujiannya, akan dilakukan pada 2 Juli 2014. “Bulan ini kita beri kematangan formasi,” terangnya.

Jangan sampai, kebijakan baru ini malah menjadi bentuk diskriminasi baru bagi penyandang disabilitas. Perlu tinjauan lagi agar tidak terjadi formasi CPNS disabilitas belum berdasar potensi.(DPM)

sumber: Viva News 6 Juni 2014

13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *