Terima kasih dukungannya selama ini hingga Kartunet mencapai usia yang ke-11 19 Januari 2017
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Ini Beberapa Short-Cut Baru yang Ada di Windows 10

Ini Beberapa Short-Cut Baru yang Ada di Windows 10 )Tribun)
Tangerang, Kartunet – Untuk para tunanetra, short-cut atau tombol pintasan sangat bermanfaat saat bekerja dengan komputer. Berbagai perintah yang biasanya dilakukan dengan klak-klik mouse, dapat digantikan dengan kombinasi beberapa tombol di keyboard. Begitu pula pada sistem operasi terbaru Windows 10, Microsoft menyediakan beberapa short-cut baru yang sangat berguna.

Pertama, tombol Windows + A. Short-cut ini berguna untuk membuka action center. Action center adalah fitur di Windows yang menampilkan pemberitahuan dari berbagai aplikasi yang adai di Windows. Jadi pemberitahuan email baru, aktivitas scanning virus, atau pemberitahuan update dapat langsung diakses dan dieksekusi melalui action center.

Selanjutnya adalah Windows + S. Pintasan ini langsung membawa user pada search box yang ada di start menu. Search box ini sangat bermanfaat karena kamu tak perlu lagi harus menelusuri icon demi icon yang ada di start menu untuk membuka satu aplikasi. Cukup ketikkan bagian kata kunci dari aplikasi tersebut, maka akan muncul secara keseluruhan. Misal kamu ingin masuk ke aplikasi Microsoft Word 2016. Cukup ketikkan “word”, maka start menu akan menampilkan Word 2016, tergantung dengan aplikasi yang sering dibuka di komputer kamu.

Lalu ada Windows + Q. Kombinasi tombol tersebut untuk mengaktifkan fitur virtual assistant yang ada di Windows 10 yaitu Qortana. Qortana ini mirip dengan fitur Siri yanga ada di produk-produk Apple. Kamu dapat memberikan perintah suara untuk melakukan banyak hal dengan Windows. Misal melakukan pencarian informasi atau mengakses aplikasi. Namun jika fitur Qortana di komputermu tidak diaktifkan, maka yang terbuka adalah search box seperti short-cut Windows + S.

Ada pula short-cut Windows + G. Ini bermanfaat untuk kamu yang sering main game dan ingin merekam aktivitas di layar. Akan tetapi fitur ini baru akan aktif jika kamu menggunakan komputer / laptop yang memiliki kemampuan grafis baik atau menengah ke atas.

Berikutnya tombol Windows + I. Ini juga addi versi Windows 8.1, tapi di Windows 10 short-cut ini untuk membuka Setting Apps. Setting Apps mirip dengan fitur control panel tapi di Windows 10 menampilkan fungsi yang lebih banyak dari sebelumnya.

Tak ketinggalan fitur baru lainnya di Windows 10 yaitu Virtual Desktop. Ada short-cut Windows + ctrl + D untuk membuat virtual desktop baru. Virtual desktop ini memungkinkan kamu memiliki lebih dari 1 tampilan desktop yang berisi lengkap dengan icon-icon di dalamnya. Jadi kamu dapat membuat beberapa virtual desktop untuk beberapa kebutuhan, misal pekerjaan, hiburan, kuliah, dll. Sedang untuk menutup virtual desktop aktif tekan Windows + ctrl + F4.

Tak ketinggalan short-cut sederhana Windows + tab. Dengan menekan kombinasi dua tombol ini, kamu dapat bernavigasi anar virtual desktop yang aktif. Atau jika tidak pakai virtual desktop, kamu dapat berpindah antar aplikasi yang aktif pada task bar. Selain itu, untuk berpindah antar Virtual Desktop juga dapat menekan Windows + ctrl + panah kanan/kiri.

Selain beberapa short-cut yang merupakan fitur baru dari Windows 10 tersebut, juga beberapa short-cut yang cukup berguna. Di antaranya yaitu Ctrl + shift + N untuk membuat folder baru, Windows + R untuk masuk ke Run, Windows + B untuk langsung menuju ke system tray, Windows + X untuk ke menu power (shut down dan restart komputer), dan Windows + angka 1 hingga 9 untuk menuju ke aplikasi yang ditandai di taskbar.

Sekian beberapa short-cut penting dan sangat membantu untuk pekerjaan user tunanetra di Windows 10. Mungkin kamu punya short-cut lainnya yang belum ada di tulisan ini? Monggo share di kolom komentar ya.(DPM)

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *