Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

iOs 8 Sediakan Fitur untuk yang Malas Mengetik

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet – Di tengah gaduh para pengguna iPhone yang mengeluhkan iOs 8, ternyata ada penambahan pada fitur dictation yang kini mendukung Bahasa Indonesia. Dengan ini, para pengguna dapat menulis SMS atau teks lainnya dalam Bahasa Indonesia cukup dengan mendiktekannya ke perangkat iPhone Anda.

Fitur dictation adalah fitur bawaan iPhone yang memungkinkan penggunanya untuk mengetikkan pesan cukup dengan mengucapkan kata demi katanya. Pada keyboard default yaitu English, Andahanya dapat mendiktekan pesan dalam Bahasa Inggris. Pengucapan kata demi katanya pun harus benar-benar tepat sehingga iPhone dapat mengenali dan menuliskannya dengan benar. Sedangkan pengucapan kata dalam bahasa lain akan tidak dikenali dan kosakata yang mirip dalam Bahasa Inggrislah yang digunakan.

Di update iOs 8 ini ada penambahan virtual keyboard yaitu Indonesian. Keterangan perintah pada keyboard tertulis dalam Bahasa Indonesia seperti hapus pengganti delete, dan kembali untuk menggantikan return. Ketika Anda menekan tombol dikte, maka ucapan Anda dalam Bahasa Indonesia akan dituliskan dengan baik oleh iPhone.

Untuk pengguna fasilitas Voice Over atau para tunanetra, fitur dikte ini sangat bermanfaat untuk mempersingkat waktu pengetikan. Ketika ingin menulis kalimat-kalimat yang cukup panjang dengan format baku, fitur dikte ini sangat membantu. Cukup mengetuk dua kali layar dengan dua jari, maka fitur dikte akan diaktifkan dan Anda cukup mengucapkan kalimat yang ingin ditulis. syaratnya adalah pengucapan kata demi kata harus akurat, dan menggunakan intonasi yang sesuai agar tepat pula penulisan tanda bacanya.

Apabila Anda sudah update ke iOs 8, silakan tambahkan keyboard Bahasa Indonesia di perangkat Anda. Caranya yaitu dengan masuk ke Setting >> General >> Keyboard. Pada pilihan keyboard, cari Indonesia untuk kemudian ditambahkan. Dalam penggunaannya, Anda dapat memilih jenis keyboard dengan menekan pada pilihan Next Keyboard di keyboard virtual Anda. Selamat mencoba dan menulis.(DPM)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *