Categories: OPINI

Kok Enak Sih Jadi Kamu?

Tulisan ini adalah kelanjutan dari tulisan sebelumnya tentang Tips Pertemanan Bagi Tunanetra yang Bersekolah di Sekolah Inklusi.

 

Bagi teman-teman tunanetra yang bersekolah di sekolah inklusi, mungkin pernah mengalami kejadian seperti berikut. Biasanya dalam mata pelajaran tertentu misalnya pelajaran menggambar, tunanetra diberikan tugas pengganti misalnya bernyanyi atau bermain musik. Contoh lain, dalam mata pelajaran Geografi, seringkali guru memberikan tugas menggambar peta. Biasanya teman-teman tunanetra akan diberikan tugas mencari peta tersebut di internet. Mengapa demikian? Tentu saja menggambar adalah tugas yang cukup sulit untuk dilakukan tunanetra.

 

Nah, ketika teman-teman tunanetra diberikan tugas pengganti, biasanya akan terdengar ucapan semacam ini dari murid-murid lain:

“Kok enak sih jadi kamu? Tugasnya gampang banget.”

Atau

“Kok tugasnya dibedain sih?”

atau

“Mau juga dong dapat tugas kaya kamu. Aku gak bisa gambar nih.”

Atau kalimat-kalimat yang senada dengan itu.

 

Dalam menyikapi kejadian seperti ilustrasi di atas, kita dapat memandang dari dua sisi yang berbeda. Dari sisi teman-teman tunanetra, seharusnya Anda jangan merasa bangga mendapatkan tugas yang lebih ringan dibanding teman-teman lainnya. Keringanan tersebut Anda dapatkan karena guru/pengajar mengerti tentang apa yang bisa dan apa yang tidak bisa Anda lakukan. Jadi, ringan atau tidaknya suatu tugas tergantung pada kemampuan dan kemauan Anda untuk mengerjakannya.

 

Sementara itu, dilihat dari sisi teman-teman non tunanetra, Anda seharusnya jangan merasa iri dengan keringanan tugas yang diberikan guru/pengajar kepada teman-teman tunanetra. Seperti yang telah dijelaskan di atas, keringanan tugas tersebut diberikan karena kemampuan anak didik itu sendiri. Sebagai contoh, tunanetra tidak diberikan tugas menggambar karena tentu saja akan sangat sulit bagi tunanetra untuk menciptakan sebuah gambar, sementara imajinasi visualnya sangat terbatas (semoga saja di masa mendatang akan ada suatu alat yang mempermudah tunanetra untuk melakukan tugas-tugas visual seperti menggambar). Jika Anda merasa iri dengan keringanan tugas tersebut, itu sama saja Anda tidak mensyukuri “kesempurnaan fisik” yang Anda miliki. Dengan artian, ketika Anda menginginkan tugas yang sama dengan yang diberikan kepada tunanetra, artinya sama saja Anda menginginkan kondisi yang sama dengan yang dialami tunanetra tersebut.

 

Dari uraian di atas, penulis hanya ingin menyampaikan satu poin penting, bahwa sesungguhnya setiap sesuatu yang kita dapatkan (tugas, ujian, amanat, dan sebagainya) tidak akan melebihi batas kemampuan kita. Bersyukurlah dengan semua yang kita punya.

Fakhry Muhammad Rosa

Fakhry Muhammad Rosa, seorang tunanetra kelahiran Pontianak, 31 Mei 1994. Alumni jurusan Sastra Jerman, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Aktif menjadi pengurus di ITCFB (IT Center For The Blind) sebagai penulis artikel teknologi (silahkan baca di http://www.itcfb.org). Aktif bermusik sebagai drummer di Mitra Netra Band dan bassist di Remikustik.

View Comments

  • tapi kadang ada unsur bercanda juga sih itu. kalo begitu, balas bercanda aja. bilang aja "kayaknya enak nih kalo punya mata, tukeran dong". haha

  • biasanya kalo dibalikin gini "kalo tukeran mata aja mau gak?" pasti pada gak mau deh. hehe

Recent Posts

KEMENANGAN

Kuterlahir di negri sang Garuda Sebagai putra Indonesia Ku disuguhi dengan segala Anugerah Anugerah dari…

3 minggu ago

Mudah Dipelajari! Kode Alternatif Dalam Membuat Konten

Kartuneters, pernah tidak, sih, mendengar kata Markdown? Pernah tidak, sih, Kartuneters, mencoba praktek menulis dengan…

3 minggu ago

siapa bilang? Tunanetra ngga bisa jadi YouTuber?

pernakah kalian menjumpai seorang disabilitas, terkhususnya tunanetra? Apa yang terlintas di dalam fikiran kalian tentang…

3 minggu ago

SISWA SLB DAN GURU PENYANDANG DISABILITAS PALING TERHAMBAT DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR

SLB adalah salah satu bidang pendidikan yang mendidik peserta didik namun fokus terhadap anak berkebutuhan…

3 minggu ago

AKU CINTA GURUKU

Puisi bentuk rasa cinta dan hormat murid pada gurunya. Baca Selengkapnya AKU CINTA GURUKU

3 minggu ago

Kembalinya Sang Istri

Suasana di daerah Kota Antapani Bandung pagi ini tampak lengang. Masyarakat di daerah itu masih…

4 minggu ago

This website uses cookies.