Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Kualitas tidur buruk picu perilaku Bunuh Diri

“Orang dewasa berusia lanjut menderita karena kualitas tidur yang buruk lebih mungkin untuk menginggal karena bunuh diri dibandingkan dengan orang dewasa yang istirahat dengan baik”, jurnal AS JAMAS Psychiatry.

Orang dewasa lebih tinggi risikonya disbanding dengan kelompok usia lain, maka pencegahan bunuh diri kepada penduduk berusia lanjut menjadi tantangan kesehatan masyarakat yang mendesak untuk ditangani.

Bernert dan rekan menggunakan data dari studi epidemiologi dari 14.456 orang dewasa berusia 65 tahun dan lebih tua dengan membandingkan kualitas tidur 20 orang dewasa yang meninggal bunuh diri dengan pola tidur 400 orang yang sama selama 10 tahun. Dari data, didapati bahwa para peserta yang melaporkan tidur buruk memiliki kemungkinan 1,4x lebih besar meninggal bunuh diri dibanding yang tidur dengan baik.

Para peniliti terkejut saat mendapati kualitas tidur yang buruk meramalkan risiko bunuh diri dubandingkan gejala depresi ketika membandingkan 2 faktor tidur yakni faktor sulit tidur dan factor tidur tanpa pemulihan.

Sumber :

Medika halaman 20, Kualitas Tidur Dorong Perilaku Bunuh Diri, Republika hari ini.

Mengenal Tyaseta Rabita Nugraeni Sardjono

Nama lengkap saya adalah Tyaseta Rabita Nugraeni Sardjono, biasa dipanggil Tyas. Sejak 2012-sekarang saya mengalami halusinasi suara, jangan takut sama saya, 2013-2016 mengalami penurunan penglihatan (low vision) dan hingga kini terganggu penglihatan. Saya ini orangnya kritis 🙂

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.