Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Manfaat Tidur Teratur Bagi Kesehatan

Jakarta, Kartunet.com – Kualitas tidur yang baik tentu saja memiliki andil besar untuk kondisi kesehatan Anda. Namun, pola hidup yang serba cepat di perkotaan membuat kualitas tidur sebagian besar orang menjadi kurang. Dampaknya tentu berpengaruh bagi kondisi tubuh dalam jangka waktu panjang. Kami akan paparkan disini beberapa manfaat hebat dari pola tidur yang teratur bagi kesehatan Anda.


 


Semua orang tahu bahwa tidur adalah sebuah keharusan. Tidak jarang Anda kerap larut dalam pekerjaan yang menyita jam tidur Anda. Waktu terbaik yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan adalah maksimal 7 jam sehari. Berikut manfaat tidur teratur bagi kesehatan.


 


1. Tidur teratur membuat pola hubungan seks berkualitas. Tahukah Anda bahwa pola tidur yang terganggu dapat membuat libido atau hasrat seksual menurun. Para ahli medis berpendapat bahwa kurangnya kualitas tidur membuat gairah menurun serta tensi tekanan darah meningkat sehingga dorongan seks menurun dan tubuh serta otak mengalami suatu ketegangan yang tak bisa menjadikan tubuh rileks. Kurangnya tidur juga berpengaruh pada hormon sehingga banyak orang yang ingin memiliki anak justru sulit mendapatkan keturunan karena pola hormon yang tak seimbang. Perbaikilah kualitas tidur mulai hari ini.


 


2. Tidur yang cukup membuat tubuh ideal. Tak peduli berapa jam sehari Anda mengolah tubuh jika tidak diimbangi dengan pola tidur yang baik tentu memiliki tubuh ideal hanyalah impian. Survei penelitian kesehatan di sebuah negara menyebutkan bahwa wanita yang memiliki pola tidur teratur maksimal 8 jam sehari memiliki metabolisme tubuh yang baik sehingga amat mudah dalam membentuk badan atau justru mudah mencapai bentuk tubuh ideal.


 


3. Tidur teratur membuat awet muda. Menurut dokter kulit yang menangani banyak kasus penuaan dini menemukan fakta bahwa tidur yang berkualitas membuat kulit awet muda, terhindar dari penuaan dini serta tampak lebih segar dan muda daripada usia yang sebenarnya. Tidur yang cukup membantu proses regenerasi sel jaringan kulit alami selama Anda beristirahat. Pengelupasan sel kulit mati selama periode 28 hari sekali juga akan terjadi secara maksimal sehingga kulit lebih kencang.


 


4. Tidur yang baik membuat depresi hilang. Kerja syaraf otak yang terus pada saat Anda terjaga membuat pola pikiran menjadi berat karena dipaksa untuk terus berpikir. Kesempatan otak untuk beristirahat saat Anda tidur membuat stres berkurang dan membawa dampak positif pada psikis atau kejiwaan seseorang.


 


5. Tidur mencegah penyakit jantung. Tidur yang berkualitas bukan hanya mampu membantu tubuh melawan penyakit, namun sebuah penelitian di pusat kesehatan kardiologi menyebutkan bahwa tidur yang cukup mampu menurunkan tekanan darah tinggi serta membantu jantung bekerja lebih baik dalam keseharian Anda. Asupan oksigen yang cukup saat tidur membuat kerja jantung seimbang.


 


Mulai hari ini perbaikilah pola tidur Anda demi kualitas kesehatan tubuh yang maksimal. Ingatlah bahwa kesehatan adalah sebuah investasi jangka panjang yang berharga. Hendro


 


Kirimkan info atau pertanyaan seputar kesehatan ke email: [email protected]

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *