Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Melirik Bisnis Jasa Kurir Dan Pengiriman Barang

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com bersaing juga  – Usaha jasa yang satu ini tampaknya tidak pernah kehilangan pamor. Simak yuk seluk beluk usaha bisnis logistik yang meraup untung dewasa ini.


Kiat sukses berbisnis salah satunya adalah tekun mencari peluang dewasa ini. Anda harus punya insting kuat apa yang tengah dibutuhkan banyak orang. Salah satu peluang usaha yang dapat Anda tekuni adalah jasa pengiriman barang via kurir atau yang biasa dikenal dengan jasa logistik ini.


Kita tentu saja kerap mendengar beberapa nama perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan fasilitas pengiriman barang mulai dari nama lokal hingga nama yang tentunya sudah berstandar internasional. Jenis kiriman barang bukan hanya antar kota maupun wilayah propinsi saja, namun bisa hingga ke segala pelosok belahan negara lainnya di dunia. Simak alasan mengapa jasa kiriman barang ini tetap digemari oleh para pebisnis.


1. Era yang serba cepat dewasa ini membuat banyak orang mengandalkan jasa kiriman cepat atau kilat baik antar kota, propinsi hingga lintas benua dengan keakuratan waktu yang terbilang cepat.


2. Jaman yang serba praktis dan seakan waktu dirasa sangat sedikit apalagi bagi para pekerja tentu saja jasa pengiriman barang atau dokumen via kurir lebih efektif dan efisien.


3. Kebutuhan dan permintaan pasar yang tinggi akan perpindahan jenis barang dari satu tempat ke tempat lain sebagai tujuan membuat bisnis logistik ini semakin diminati karena praktis dan relatif terjangkau.


4. Alasan aman membuat banyak orang menjatuhkan pilihan untuk mengirim barang menggunakan jasa ini.


Panduan Mudah Memulai Usaha Ini


Jangan ragu bila Anda sudah tertarik untuk menggeluti usaha pengiriman barang via kurir ini. Tak perlu modal besar untuk memulainya asalkan dijalani dengan komitmen. Simak langkah untuk memulainya.


1. Siapkan modal yang harus Anda keluarkan setidaknya untuk 6 bulan ke depan. Misalkan dana sebesar 3 juta – 5 juta Rupiah dapat Anda siapkan sebagai modal awal.


2. Buatlah daftar operasional usaha yang diperlukan seperti gaji atau upah seorang kurir yang bisa dibayarkan harian, mingguan atau bulanan. Perhatikan juga sebelum menerima seorang kurir untuk bekerjasama dengan Anda karena usaha ini tentu saja beresiko tinggi dimana banyak orang menitipkan barangnya kepada pihak Anda untuk dikirim ke tempat tujuan. Teliti dengan baik sebelum memilih kurir yang dapat Anda percaya.


3. Ingatlah bahwa usaha ini berarti Anda membutuhkan sarana transportasi entah itu berupa mobil ataupun motor sebagai sarana pengiriman barang. Siapkan juga dana untuk bahan bakar, uang jalan tol hingga uang parkir karena semua itu masuk ke biaya operasional sehari-hari.


4. Bisnis ini adalah usaha yang membutuhkan kepercayaan dari para konsumen jadi Anda harus menjaga pelayanan yang optimal, harga yang menarik dan keakuratan waktu dalam mengirim barang harus sesuai dengan waktunya.


5. Terapkan tarif sesuai standar yang berlaku. Anda tentu saja bisa melirik tarif yang ditetapkan oleh perusahaan jasa kiriman barang lain agar Anda mengenal standar yang berlaku sebagai tarif dasar bisnis ini.


6. Buat materi promosi yang tepat guna, efektif dan efisien guna meraih konsumen yang luas. Mulailah dari promosi mulut ke mulut hingga pembuatan brosur ataupun iklan baris. Jasa internet juga dapat Anda manfaatkan untuk materi promosi yang efektif.


7. Untuk jasa kiriman antar kota mungkin Anda dapat menggunakan jasa kurir, namun untuk kiriman antar propinsi atau bahkan lintas negara tentu saja Anda membutuhkan jasa lain yaitu pengiriman barang lewat udara misalnya dan hal ini membuat Anda harus bannyak mencari tahu mengenai sistem ini. Perkaya wawasan dengan bertanya kepada orang yang sudah lebih dulu berkecimpung di usaha ini. Jelajahi juga informasi yang Anda butuhkan tentang bisnis ini lewat peran teknologi informasi berbasis internet yang efisien dan cepat serta akurat.


Saran Kami jangan ragu untuk memulai dari sektor usaha kecil dan Anda dapat memperluas jenis usaha ini jika sudah memperoleh hasil nyata berupa keuntungan. Kami percaya usaha ini layak Anda lirik seiring dengan kebutuhan pasar yang tinggi akan usaha jasa ini. Hendro


 


 Kirimkan info atau pertanyaan Anda seputar wirausaha ke email : [email protected]

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *