Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Memahami Berbagai Macam Kebutuhan Tunawicara

Jakarta, Kartunet.com – Mereka dengan gangguan bicara mengalami kesulitan bicara, yang bisa diakibatkan tidak/kurang berfungsinya alat-alat bicara seperti rongga mulut, bibir, lidah, langit-langit, pita suara, dan lainnya, bisa juga diakibatkan pada kerusakan lain seperti tidak/kurang berfungsinya indera pendengaran, keterlambatan perkembangan bahasa, kerusakan pada sistem saraf dan struktur otot, juga ketidakmampuan dalam kontrol gerak dapat mengakibatkan gangguan bicara. Di antara mereka,


Ä     Ada yang tidak dapat bicara sama sekali,


Ä     Ada yang bisa mengeluarkan bunyi tetapi tidak berucap,


Ä     Ada yang berbicara sedikit tapi tidak jelas.


 


Bagaimana mengenali ciri  mereka ?


Mereka dengan gangguan bicara dapat kita kenali dengan suaranya yang sengau, cadel, bicara tidak jelas, bicara tidak mengeluarkan suara. Mereka cenderung pendiam, pandangan mata tertuju pada satu objek. Mereka suka membuat gerakan, suka melakukan kontak non verbal untuk menyampaikan pendapat, perasaan atau keinginannya. Mereka suka melakukan komunikasi tulis dengan pena dan kertas.


 


Bagaimana layanan yang dibutuhkan mereka ?


Pembelajaran bahasa isyarat dan latihan menggunakan gerak bibir adalah layanan pembelajaran yang juga diperlukan oleh mereka.


 


Bagaimana membantu mereka?


Dengan tidak/kurang berfungsinya kemampuan berbicara, mereka memfungsikan anggota tubuh dan indera lainnya, dalam hal ini indera penglihatan dan indera pendengaran serta mimik dan gerakan tubuh. Kesulitan utama mereka adalah mengungkapkan pendapat/perasaan yang dapat dimengerti oleh teman bicaranya. Untuk itu,



  • Bila bertemu mereka, gunakan komunikasi tulis.

  • Kita juga dapat membantu mereka untuk berlatih berbicara dengan bahasa/gerak bibir dengan menggunakan cermin.

  • Kenali dan belajar untuk memahami bunyi/suara yang dikeluarkan serta perhatikan bentuk mulut atau gerak bibir saat mereka berbicara, maka kita menjadi biasa  dan bisa berkomunikasi dengan mereka.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *