Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Memperbanyak Pengunjung Blog Sekaligus Dapat Backlink dari @LintasMe

Bagi sebagian blogger, mungkin tak masalah soal jumlah pengunjung atau popularitas blog di search engine. Tipe blogger ini biasanya menggunakan blog hanya untuk media publikasi pemikiran, karya, atau curhat. Mereka hanya menulis lalu mempublikasikan tanpa susah payah mengelola Search Engine Optimazation atau SEO. Namun coba bayangkan, tidakkah tulisan-tulisan di blog itu akan berdampak lain jika makin banyak yang membacanya? Selain ide atau gagasan makin tersebar, blogger juga akan dapat masukkan dari netizen lainnya. Efeknya bagi blogger, akan memperkaya wacana dan peningkatan kualitas. Lantas, apakah sulit untuk membuat banyak orang membaca blog kamu? Jawabannya tidak jika sudah mengenal situs Lintas.me

Ada beberapa cara sederhana untuk menarik pengunjung ke blog. Pertama melalui situs jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, atau Linkedin. Ketika update di akun-akun tersebut sambil mencantumkan cuplikan beserta tautan ke tulisan di blog, ada kemungkinan teman atau followers kamu masuk lewat sana. Cara ini cukup efektif jika tahu bagaimana membuat tautan blog update secara otomatis di akun-akun jejaring sosial. Jika ingin mencoba cara ini, silakan baca tulisan berjudul Buat Blog Lebih Eksis dengan Twitter Feed. Kedua, yaitu dengan berbagi cuplikan dan tautan blog ke situs-situs social bookmarking. Banyak terdapat situs seperti ini di level global dan Indonesia, buat di dalam negeri yang paling populer yaitu lintas.me yang akan dibahas dalam tulisan ini.

Seperti disebutkan sebelumnya, Lintas.me adalah social bookmarking yang berbeda dengan Twitter atau Facebook. Mengacu pada nama “bookmarking”, situs tipe ini berfungsi layaknya portal yang mengumpulkan bookmark-bookmark dari berbagai tulisan di jagad internet. Bookmark ini biasanya hanya berisi cuplikan awal isi dari tulisan di blog, dengan tautan yang menuju langsung ke sumber asal tulisan.

Pada Lintas.me, terdapat beragam kategori yang disusun rapi beserta subkategorinya. Di antaranya ada Fun, entertainment, technology, internet, news, woman, dll. Tiap kategori masih dibagi lagi dalam sub-sub spesifik. Jika kamu sudah membuat account di Lintas.me, maka dapat follow kategori-kategori tertentu yang diminati. Maka di halaman Lintas.me kamu, akan ditampilkan berbagai bookmark menuju sumber tulisan dengan kategori terpilih. Menariknya, user juga dapat submit URL tulisan blog ke Lintas.me untuk ditempatkan pada kategori tertentu. Fitur ini yang memberi kesempatan untuk mempopulerkan blog.

Lantas, apa saja keuntungan bookmark tulisan di blog ke Lintas.me? Selain karena Lintas.me saat ini statusnya social bookmarking Indonesia terpopuler yang pastinya banyak pembaca, situs ini juga menawarkan backlink do follow. Jika sudah terbiasa dengan dunia SEO, tentu tak asing dengan istilah tersebut. Backlink adalah tautan langsung ke situs kamu yang terpasang pada situs lain. Banyaknya jumlah backlink akan mempengaruhi popularitas blog di mata search engine. Apalagi backlink do follow, hal itu akan bermanfaat pada semakin cepat search engine menempatkan tulisan kamu di hasil pencariannya. Menariknya lagi, setiap share satu tulisan di Lintas.me, maka satu backlink di dapat. Bayangkan jika blog sudah memiliki lebih dari 100 tulisan dan semuanya dapat backlink dari Lintas.me?

Belum selesai, masih ada lagi. Tautan yang dishare di Lintas.me juga berpeluang mendapatkan backlink ganda. Selain backlink statik yang ada di situs Lintas.me, backlink ganda dapat diperoleh ketika orang klik tautan situs tersebut. Apalagi Lintas.me juga memiliki akun twitter @LintasMe dengan followers lebih dari 200ribu. Ketika tulisanmu dianggap menarik, maka ada peluang akan dishare juga via akun twitter tersebut. Bayangkan lagi berapa retwit dan klik yang berpotensi didapat?

Nah, sudah cukup pembahasan yang pasti buat kamu makin tak sabar agar blog lebih banyak pengunjung. Langsung saja register gratis ke www.lintas.me baik dengan email atau akun Twitter/facebook. Apabila akun sudah aktif, klik “submit link” dan copy paste alamat url tulisan blog yang akan dishare. Biasanya akan secara otomatis “title” dan “content” diisi dengan cuplikan dari isi tulisan. Buat perubahan seperlunya dan jangan lupa pilih kategori yang sesuai. Beres, dan klik “lintaskan”.

Bersiaplah blogmu diserbu banyak pengunjung. Namun tetap ingat, makin menarik dan bermanfaat isi blogmu, akan lebih berpeluang untuk jadi populer. Selalu seimbangkan antara kualitas content, dengan upaya untuk membuat makin banyak orang yang berkunjung membacanya. Content yang tak menarik tak akan banyak pembaca, dan content yang menarik juga tak berguna tanpa ada pembaca.(DPM)

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *