Mencetak Dokumen dengan Word 2016

Mencetak Dokumen dengan Word 2016
Tangerang, Kartunet – Salah satu berkah kehadiran teknologi computer bicara yaitu saat ini tunanetra pun dapat menulis awas. Memang tidak secara langsung dengan tangan dan pena, tapi melalui computer lalu dicetak dengan printer. Untuk mencetak dokumen, printer perlu diset terlebih dahulu agar terhubung dengan computer. Cara pengaturannya tergantung merk tiap printer, silakan pelajari petunjuk yang ada di manual printer.

Mengatur Penomoran Halaman

Secara baku, Word 2016 tidak mencetak nomer halaman. Tapi kamu dapat memilih penomeran halaman berbentuk angka Arab  1, 2, 3 atau a, b, c atau angka romawi. Langkah-langkah penomeran halaman adalah sebagai berikut:

  • Tekan ALT untuk mengaktifkan ribbon, terus tekan panah kanan atau kiri sampai screen reader mengatakan insert tab.
  • Tekan tab beberapa kali sampai komputer mengatakan page number button, tekan enter.
  • Dengan menekan panah atas atau bawah tentukan posisi halaman, apakah diatas (top of pages) atau bawah halaman (button of pages) dan akhiri dengan enter.
  • Tekan panah atas atau bawah kembali pilih nomer halaman yang ditempatkan di kiri (Plain number 1) ditengah (Plain number 2) atau di kanan (plain number 3), akhiri dengan enter setelah ditentukan.
  • Tekan Alt untuk mengaktifkan ribbon. Tekan Tab beberapa kali sampai screen reader mengatakan close header and footer button. Lalu tekan enter untuk kembali ke dokumen.

Memformat Penomoran Halaman

  • Tekan ALT untuk mengaktifkan ribbon.
  • Tekan panah kiri atau kanan untuk mencari insert tab. Tekan tab beberapa kali sampai komputer mengatakan page number button, tekan enter.
  • Tekan tab beberapa kali sampai komputer mengatakan format pages number, tekan enter.
  • Kotak dialog format page number akan ditampilkan. Saat kita menekan enter, posisi kursor berada di tempat pemilihan jenis angka. Gunakan panah bawah atau atas untuk memilihnya, jika kita hanya ingin mengganti satu jenis angka saja, dapat langsung menekan enter

Mengatur Angka Awal Untuk Penomoran Halaman

Ada kalanya dokumen yang kamu buat tidak dimulai dari angka 1 atau halaman pertama. Mungkin dokumen itu adalah lanjutan dari pekerjaan lain yang sudah diselesaikan sebelumnya. Untuk mengaturnya, ikuti langkah berikut:

Aktifkan kotak dialog format pages number dengan cara seperti telah dijelaskan diatas.

  • Tekan Tab beberapa kali sampai screen reader mengatakan “start at: edit spinbox”. Tekan panah atas atau bawah untuk menentukan angka yang akan digunakan sebagai nomor awal dalam dokumen kita. Tekan enter setelah ditentukan.

Mengatur Ukuran Kertas

Sebelum mencetak dokumen, tentu kita harus menyesuaikan antara dokumen yang dicetak dengan jenis kertas yang kita gunakan. Microsoft Word mengenal banyak ukuran kertas, Kita pun dapat memilih posisi dokumen apakah dalam posisi tertidur (landscape) atau berdiri (potrait). Untuk memilih ukuran kertas caranya adalah:

  • Tekan tombol ALT untuk mengaktifkan ribbon, tekan panah kanan/kiri sampai Screen Reader mengatakan layout tab.
  • Tekan tab beberapa kali sampai Screen Reader mengatakan Size choose paper size for your document, tekan enter.
  • Silakan pilih ukuran kertas yang diinginkan dengan panah atas atau bawah dan tekan enter setelah ditemukan.
  • Ukuran kertas yang umum digunakan untuk computer antaranya Letter, Legal, atau A4.

Mengatur Margin

Margin adalah panjang jarak tulisan dengan tepi atas, bawah, kiri dan kanan kertas. Word 2016telah menyediakan default margin dengan jarak ketikan sebesar 1 inci untuk margin atas dan bawah, 1,25 inci untuk margin kiri dan kanan. Bila batas margin yang dibuat oleh word 2016 tidak sesuai dengan keinginan, kita dapat mengubahnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Tekan alt untuk mengaktifkan ribbon, tekan panah untuk ke Layout tab.
  • Tekan tab sampai screen reader mengatakan Margin, tekan enter.
  • Tekan shift tab untuk ke Custome margin, tekan enter.
  • Kursor langsung berada pada bagian margin atas atau TOP, ketik besaran margin yang kita inginkan (misalnya 1,5 inci). Tekan tab sekali kursor akan berada pada margin bawah, ketik besaran margin yang diinginkan (misalnya 1,5 inci). Tekan tab sekali lagi, kursor berada pada margin kiri, tentukan atau tulis besaran margin yang diinginkan (misalnya 1 inci). Tekan tab sekali lagi kursor berada pada margin kanan, tentukan besaran margin yang diinginkan (misalnya 1 inci). Setelah semuanya diatur sesuai dengan keinginan kita, tekan tab sampai Screen Reader mengatakan OK dan tekan enter untuk kembali ke dokumen.

Menentukan Posisi Kertas

Posisi kertas dapat kita buat vertical ke atas (portrait) atau menyamping (landscape. Penentuan ini sebaiknya disesuaikan dengan format atau isi dari dokumen. Misal kamu membuat table daftar mata pelajaran tiap hari yang terdiri dari kolom-kolom nama hari, tentu bentuknya akan memanjang ke samping, maka dari itu pilih Landscape. Sedabg untuk menulis surat resmi, pada umumnya digunakan posisi kertas portrait. Untuk mengaturnya, ikuti langkah berikut:

  • Tekan alt untuk mengaktifkan ribbon, tekan panah kanan/kiri sampai screen reader mengatakan Layout tab.
  • Tekan tab sampai Orientation, lalu enter.
  • Tekan panah atas/bawah untuk memilih antara Potrait atau landscape.
  • Tekan enter untuk kembali ke dokumen.

Mencetak Dokument (Print)

  • tekan CTRL+P, muncul kotak dialog Print grouping.
  • Tekan tab sampai ke copies, tekan panah atas bila ingin mencetak lebih dari satu Salinan dokumen.
  • Tekan tab sampai ke Which printer, pilih nama printer yang ingin digunakan dengan panah atas/bawah jika terinstall lebih dari satu printer.
  • Tekan shift-tab beberapa kali sampai ke print button, tekan enter.

Sampai di sini, kamu sudah berhasil membuat sebuah karya dengan Word 2016. Hasil tulisan atau pekerjaan kamu tidak lagi hanya tersimpan di hardisk komputer, tapi juga dapat ditunjukkan ke orang lain dalam bentuk kertas. Silakan terus latihan mengatur format dokumen hingga mencetaknya di atas kertas dengan printer. Dengan ini, kamu tak akan kesulitan lagi apabila diminta menyelesaikan tugas dari guru, dosen, atau di kantor.(DPM)

Last Updated on 7 tahun by Dimas Prasetyo Muharam

Oleh Dimas Prasetyo Muharam

Pemimpin redaksi Kartunet.com. Pria kelahiran Jakarta 30 tahun yang lalu ini hobi menulis dan betah berlama-lama di depan komputer. Lulus dari jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia 2012, dan pernah merasakan kuliah singkat 3 bulan di Flinders University, Australia pada musim semi 2013. Mengalami disabilitas penglihatan sejak usia 12 tahun, tapi tak merasa jadi tunanetra selama masih ada free wifi dan promo ojek online. Saat ini juga berstatus PNS Peneliti di Puspendik Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kunjungi blog pribadinya di www.dimasmuharam.com.

19 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *