Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Mengenal Disabilitas Mental Lainnya: Autis

Individu yang baru bertemu anak autis kerap menjauh atau mengusirnya dengan menganggap mereka sebagai penganggu dan tidak nyambung.

Namun, bila orang yang sudah sangat mengenal A sebagai remaja yang lucu, menyenangkan, dan sangat pintar. A menyandang autistik dalam spektrum yang paling parah, ia kesulitan dalam menjalin komunikasi secara bermakna, butuh waktu luang untuk mengenalnya dan berada di sekitarnya.

Autisme mempengaruhi cara kerja otak dan tubuh seseorang. Mereka akan kesulitan berbicara, membuat suara aneh, atau malah tidak berbicara sama sekali. Sekitar 25% orang yang didiagnosa autis tidak memiliki kemampuan verbal, namun ada yang dapat berkomunikasi melalui tulisan, bahasa isyarat, atau kartu bergambar. Orang autisme ada yang sering mengepakkan tangan, berputar-putar, mengucapkan atau melakukan aktivitas berulang, namun ada pula yang selalu duduk diam dan menghindari tatapan orang.

Lydia Brown yang merupakan mahasiswi baru di Georgetown University yang menyandang autisme berkata “Mereka memang memiliki kendala komunikasi dan sulit menjalin komunikasi dan sulit menjalin interaksi sosial, tetapi mereka memiliki keinginan untuk berteman.

Daftar pustaka :
Leisure, Suplemen Repbulika, halaman 0, Edisi Selasa, 15 April 2014

Mengenal Tyaseta Rabita Nugraeni Sardjono

Nama lengkap saya adalah Tyaseta Rabita Nugraeni Sardjono, biasa dipanggil Tyas. Sejak 2012-sekarang saya mengalami halusinasi suara, jangan takut sama saya, 2013-2016 mengalami penurunan penglihatan (low vision) dan hingga kini terganggu penglihatan. Saya ini orangnya kritis 🙂

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *