Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

menikmati tv melalui audio

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

John Logie Baird seorang ilmuan Skotlandia mungkin tak sepopuler dengan hasil penemuannya. Pada tahun 1923 iya berhasil membuat terobosan dengan mengirimkan gambar yang masih kasar tanpa melalui kabel yang dapat diterima oleh alat penerima. Nah penemuan Baird itulah yang samapi saat ini kita kenal dengan televisi/tv. Bahkan kemajuan teknologi kini telah membuat hasil penemuan Baird semakin berkembang pesat mulai dari bentuk, gambar, dan juga fungsinya.

Televisi yang merupakan media yang lebih banyak menyajikan gambar didalamnya, menjadikan media tersebut seolah-olah hanya bisa dinikmati oleh non-disable. Namun tidka demikian, televisi juga masih memiliki audio yang mendukung gambar pada televisi itu sendiri. Dengan adanya audio para disable sedikit bisa menikmati apa yang tersaji pada program televisi seperti berita, hiburan, reality show dan juga film atau sinetron. Memang dalam proses mencerna apa yang tersaji pada layar tv biasanya para disable didiskripsikan oleh keluarga, rekan, bahkan terkadang dengan penapsiran sendiri melaui sound efect yang menjadi background dari sebuah program televisi.

Memahami adanya keterbatasan disable dalam menikmati program televisi yang didominasi oleh gambar, tunanetra di negeri lain di USA, membuat proyek amal untuk mendeskripsikan program tv. Mereka percaya bahwa tunanetra pasti bisa menikmati program tv yang sama untuk hiburan atau berkontribusi dalam penyebaran kebudayaan terhadap keluarga dan teman-teman mereka. Proyek amal tersebut adalah Blindy.tv, menyediakan beberapa program yang dideskripsikan melalui audio sehingga disable (tunanetra) bisa menikmati program tersebut. Karna mereka berbeda kebudayaan dengan kita yang di Indonesia, sehingga mereka mendeskripsikan tanpa adanya sensor terlebih dahulu. Isi dari program tv yang berbentuk kekerasan, hal-hal yang tabuh disini juga mereka deskripsikan. Baru ada channel komedi dan drama yang dijalankan oleh proyek ini namun, itu merupakan langkah yang positif untuk mengurangi batas pada tunanetra dalam menikmati program tv. Untuk menikmati channel-channel yang sudah dideskripsikan silahkan kunjungi website berikut http://w.blindy.tv dan mari kita belajar bersama dari apa yang telah mereka buat untuk hal yang positif ini.

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *