Kami segenap keluarga besar Kartunet Community mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1438H, ”Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum. Ja’alanallaahu Minal Aidin wal Faizin”, mohon maaf lahir dan bathin.
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Pengenalan Keyboard Komputer untuk Tunanetra

Pengenalan Keyboard Komputer untuk Tunanetra
Tangerang, Kartunet – Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.

Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A-Z, a-z, angka 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti: ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ -+= < >/,.?: ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.

Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah diketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung tercetak pada kertas.

Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya.

Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.

Saat ini ada beberapa keyboard yang umum digunakan, di antaranya:

  1. Keyboard Serial
    Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
  2. Keyboard PS/2
    Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
  3. Keyboard Wireless
    Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
  4. Keyboard USB
    Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.

Struktur tombol pada keyboard

Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan-penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.

Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:

  • Tombol Ketik (typing keys)
    Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
  • Numeric Keypad
    Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
  • Tombol Fungsi (Function Keys)
    Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
  • Tombol kontrol (Control keys)
    Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (Ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).

Gambaran bagian-bagian pada keyboard

Beberapa fungsi tombol pada keyboard dapat dijelaskan seperti berikut ini:

  • Tombol ALT, biasanya ada di sebelah kanan dan kiri dari tombol sepasi yang bentuknya memanjang, akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.
  • Tombol CTRL, biasanya berada di ujung bawah kiri dan kanan dari kumpulan tombol-tombol ketik, akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL+C akan berguna untuk menyalin satu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL+V
  • Tombol F1-F12, letaknya di bagian paling atas keyboard dengan berjejer empat-empat, adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan.
  • Tombol Esc (Escape), biasanya ada di pojok atas sebelah kiri yang posisinya agak terpisah, adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
  • Tombol Enter, tombol yang biasanya ada di pinggir kanan dari tombol-tombol kecil dengan bentuk paling besar dan biasanya seperti huruf L awas dibalik, adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.
  • Tombol tab (tabulasi), letaknya biasanya ada di sebelah kiri dari tombol huruf Q, Pada Window dialog, menekan tombol Tab berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, Tab berarti lompat ke penghentian Tab (tab-stop) terdekat.
  • Tombol Kursor, empat tombol yang ada simbol tanda panah atas, kiri, bawah, dan kanan, yaitu Menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.
  • Tombol backspace, biasanya ada di pojok kanan atas dari tombol-tombol ketik, menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
  • Tombol del )delete), biasanya ada di pojok kiri bawah dari enam kumpulan tombol navigasi yang ada di sebelah atas tombol-tombol panah, menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
  • Tombol home, letaknya juga ada di atas tombol-tombol panah, menekan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
  • Tombol end, ada di bawah dari tombol home, menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
  • Tombol page up, ada di sebelah kanan dari tombol home, menekan tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.
  • Tombol page down, ada di sebelah kanan dari tombol end, menekan tombol PgDn akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.

Di atas gambaran umum mengenai keyboard yang akan jadi bagian komputer yang paling sering disentuh oleh pengguna yang tunanetra. Teruslah latihan untuk menelusuri semua bagian dari keyboard, agar terbiasa. Khususnya pada laptop, susunan tombol pada keyboard umumnya berbeda-beda tergantung merk atau brand dari laptop tersebut. Jadi biasakan untuk eksplorasi seluruh bagian keyboard sebelum memulai pekerjaan pada komputer atau laptop yang baru digunakan.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *