Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Pengenalan Microsoft Excel 2016 untuk Tunanetra

Pengenalan Microsoft Excel 2016 untuk Tunanetra
Tangerang, Kartunet – Microsoft Excel juga merupakan salah satu bagian dari software Microsoft Office. Software  ini berfungsi sebagai pengolah angka atau data. Dengan software ini kita dapat dengan mudah melakukan perhitungan angka-angka mulai dari yang sederhana seperti pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Bahkan yang lebih rumit lagi seperti mencari nilai rata-rata, nilai maksimal dan sebagainya. Pemanfaatan dari Microsoft Excel ialah untuk pembuatan data, laporan keuangan, sistem akuntansi dan hal-hal yang berkaitan dengan angka.

Pada modul ini kamu akan belajar menggunakan versi Microsoft Excel yang terbaru yaitu Excel 2016. Pembelajaran akan dibuat ringkas dan sederhana, tapi banyak praktik dengan penerapannya pada kebutuhan sehari-hari agar lebih mudah dipahami. Diharapkan kamu akan dapat menggunakan Excel 2016 untuk membantu kegiatanmu dalam sekolah, kuliah atau pekerjaan, seperti membuat table nilai siswa, pejualan produk, serta pengeluaran dan pemasukan rutin.

Mengaktifkan Excel 2016

Untuk memulai Microsoft Excel, caranya tak jauh berbeda ketika menggunakan Word 2016.

  • Tekan tombol window untuk mengaktifkan Start Menu.
  • Pada search box, ketikkan “Excel” maka akan muncul Excel 2016, tekan enter.
  • Setelah proses loading, maka Excel akan menampilkan kotak dialog new grouping. Di sini juga ada pilihan beberapa template yang dapat digunakan pada Excel 2016. Pilih Blank Work Book untuk memulai Excel, atau langsung tekan enter Karena ketika terbuka posisi kursor ada di Blank Work Book.

Tampilan awal Excel 2016

Saat pertama kali program Microsoft Office Excel dijalankan, pada layar akan muncul lembar kerja yang berbentuk kotak-kotak yang disebut  “sel”. Cell ini adalah pertemuan dari kolom dan baris. Tiap kolom ditandai dengan huruf. Misal kolom A, B, C, hingga Z, lalu diteruskan AA, AB, AC, terus hingga IV. Sedangkan untuk baris ditandai dengan angka dari mulai 1 hingga yang paling akhir. Karena Cell merupakan pertemuan kolom dan baris, jadi tiap Cell memiliki nama sesuai posisi pertemuan kolom dan baris tersebut. Jadi misal disebut Cell D4, berarti Cell tersebut terletak pada kolom D dan baris 4.

Untuk lebih mudahnya lembar kerja Microsoft Excel dapat dibayangkan seperti papan catur, atau deretan kotak yang ada pada papan riglet. Jadi kotak-kotak yang memanjang dari kiri ke kanan secara horizontal disebut baris atau row, sedang kotak-kotak yang berderet dari atas ke bawah dinamakan kolom atau colomn.

Pada Microsoft Office Excel lembar kerja diberi nama file secara default oleh komputer book1, sampai kita mengganti nama file tersebut saat menyimpan file. File ini pun dapat disimpan, dibuka dan diedit, dan dicetak.

Unsur-unsur dalam lembar kerja Excel

  • Sel: area atau daerah berbentuk kotak, yang dibatasi oleh garis-garis pada sisi kanan, kiri, atas dan bawah pada lembar kerja. Cell ini terbentuk Karena adanya pertemuan antara kolom dan baris.
  • Kolom: deretan sel yang bersusun Vertikal dari atas ke bawah. Kolom tersebut diberi kode dengan huruf, mulai dari a, b, c hingga fxd.
  • Baris: deretan sel yang bersusun horisontal dari kiri ke kanan, baris tersebut diberi kode dengan angka. Mulai dari 1,2, 3 hingga 1048576.
  • Alamat sel: Posisi sel pada lembar kerja yang ditunjukan dari kode kolom dan baris. Contoh sel a1, berarti sel yang berada di kolom a baris 1. Sel d6, berarti sel yang berada pada kolom d  baris 6.
  • Sheet: Halaman dalam Microsoft Office Excel. Sebagai default satu file pada Excel 2016 disediakan 1 sheet, namun dapat ditambah sesuai kebutuhan.
  • Range adalah kumpulan cell yang ditandai. Misal disebutkan cell A1:D4. Itu dibaca cell a1 sampai D4. Berarti range tersebut meliputi cell A1, A2, A3, A4, B1, B2, B3, B4, C1, C2, C3, C4, D1, D2, D3, dan D4. Tanda titik dua (J digunakan sebagai penanda range.

Cara bergerak dalam lembar Microsoft Office Excel

  • Panah kanan, berpindah ke sel di kolom sebelah kanan.
  • Panah kiri, berpindah ke sel di kolom sebelah kiri.
  • Panah bawah berpindah ke sel di baris berikutnya
  • Panah atas, berpindah ke sel di baris sebelumnya.
  • Control-panah kanan, berpindah ke sel paling akhir dari baris
  • Control-Panah kiri, berpindah ke sel paling awal dari baris.
  • Control-Panah bawah, berpindah ke sel paling akhir dari kolom.
  • Control-Panah atas, berpindah ke sel paling awal dari kolom.
  • Control-Page up, berpindah ke sheet sebelumnya.
  • Control-Page down, berpindah ke sheet berikutnya.
  • Tekan tombol End lalu tombol panah, akan berpindah ke cell paling ujung sesuai dengan arah panah yang ditekan.

Sampai di sini untuk pengenalan singkat Microsoft Excel. Sebetulnya tidak lebih sulit dari Microsoft Word, karena kamu sudah punya dasar pemahaman komputer saat belajar Word. Apalagi struktur Excel yang berupa kolom dan baris lebih memudahkan karena mirip dengan kotak-kotak pada riglet braille. Silakan terus dieksplorasi bagian-bagian pada Excel, agar makin lancar dan akrab.(DPM)

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *