Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Plextalks, Mempermudah Aktivitas Tunanetra

Jakarta, Kartunet.com – Mendengarkan sesungguhnya suatu proses rumit yang melibatkan empat unsur, yaitu mendengar, memperhatikan, memahami dan mengingat. Bagi seorang tunanetra, indera pendengaran adalah pintu pertama yang digunakan dalam mengenali sesuatu dari jarak jauh. Untuk memperlancar empat unsur di atas, seorang tunanetra harus menggunakan alat perekam dalam merekam segala aktivitas yang dianggap penting.


 


Membaca buku, memainkan musik, hingga merekam kegiatan sehari-hari seperti di sekolah, kampus, tempat kerja, seminar, atau di mana saja, merupakan satu hal yang secara logika mustahil dapat dilakukan oleh tunanetra. Namun, apakah hal itu tidak akan pernah ada solusinya?


 


Dengan kemajuan teknologi yang tak pernah dapat diprediksikan, saat ini telah hadir suatu alat yang dapat memfasilitasi aktivitas tunanetra untuk melakukan hal-hal di atas. Alat Bantu yang bernama “plextalks” memang sengaja dirancang untuk tunanetra, disertai dengan vocalizer TTS,maka tunanetra dapat mengoprasikannya dengan screen reader.


 


  Ukurannya yang ringan, tipis, dan dengan bobot kurang dari 4Ons, PLEXTALK menjadi teman yang sangat nyaman untuk menyertai setiap aktifitas sehari-hari, khususnya untuk tunanetra.


 


“Walaupun konsumennya lebih banyak di Brunei, Malaysia dan Laos, plextalks juga sudah dipasarkan di Indonesia, hanya saja dengan harga Rp. 3.650.000, masih terlalu mahal oleh sebagian besar tunanetra di Indonesia” Ujar Suratim, seorang wirausahawan / Blind Entrepreneur dengan nama Braille Adaptive yang menjual plextalks dan peralatan tunanetra/lowvision.


 


Berikut FITUR dari plextalks:


 


1. Dapat memainkan berbagai jenis file audio dan teks berformat DAISY, MP WMA (unprotected), WAV (PCM fomats), AMR-WB+, Ogg Vorbis, Audible Format cds (diperlukan CD-DA) (External USB CD/DVD Drive), text, HTML, Word, dan masih banyak lagi.


 


  2. Dapat merekam aktifitas seperti di kelas / kampus, rapat, seminar, dan kegiatan penting lainnya dengan format DAISY 2.02 melalui microphone bawa an Atau  microphone ekxternal pilihan anda.


 


  3. Wireless Web radio dan podcasting


 


  4. Mudah menavigasi file berformat text, HTML dan dokumen Microsoft baik per paragraf, kalimat, kata dan huruf


 


  5. Sangat aksesibel untuk mencatat agenda, nomor telepon serta kegiatan penting lainnya melalui fasilitas recording voice memo


 


  6. Pengguna dapat menambakan judul atau sub judul dari file yang direkam, guna memudahkan navigasi data.


 


  7. Bisa untuk berbagi file baik dari PC ke PLEXTALK melalui kabel USB atau jaringan.


 


  8. Dapat merekam file berformat DAISY, dan menyuuntingnya di komputer dengan bantuan software Editor PRS Pro DAISY


 


  9. Dilengkapi dengan Mesin pengubah suara (Speech Engine) Vocalizer dari nuanceae


 


10. Built-in wifi.


 


Dapat dibayangkan bahwa plextalks berbentuk seperti voice recorder namun sedikit aga kotak, terdapat beberapa tombol, power dan colokan USB. Seperti benda elektronik lainnya, plextalks dapat dirawat dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dijaga agar tidak terkena air dan jatuh. Bila anda mempunyai ponsel, perlakukanlah plextalks seperti ponsel anda.


 


Jadi pada dasarnya plextalks hanyalah benda elektronik yang dapat menympan file-file suara. Memory yang dimiliki cukup bbesar seperti flashdisk dan kelemahan dari benda ini adalah tidak kuat terkena air, karena dapat merusak operating system yang ada. Selain itu perlu diketahui juga bahwa di dalam plextalks sudah tersedia screen reader yang siap membantu tunanetra dalam mengoprasikannya.(Rafik)

Mengenal Rafik Akbar

Tiada Mata Tak Hilang Cahaya

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.