Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Profil Kartunet Versi Original

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Menemukan ini, profil Kartunet yang pertama kali dibuat dengan beberapa penyesuaian pada tahun 2011. Semoga dapat lebih menjelaskan akar mula berdirinya Kartunet dan tujuan didirikannya.

Kartunet.com lahir atas kesadaraan kami untuk membuat pandangan baru dunia terhadap tunanetra. Ide ini tercetus oleh pengamatan kami bahwa tunanetra mempunyai bakat-bakat terpendam yang belum tersalur. Oleh karena itu, kami terdorong untuk mendirikan situs yang dapat digunakan sebagai media publikasi karya. Walaupun situs ini bertujuan mempublikasikan potensi yang dimiliki oleh para tunanetra, kami tidak menutup kemungkinan pengunjung diluar penyandang disabilitas untuk ikut berpartisipasi.

Kartunet sendiri merupakan clipping dari dua kata yaitu “karya” dan “tunanetra”. Terminologi ini menjadi dasar prinsip pembentukan situs. Pemrakarsa situs ini adalah murni para tunanetra. Dengan segala potensi dan sumber daya yang dimiliki, para tunanetra membangun situs ini. Seiring berjalan waktu, partisipasi dari kalangan nondisabilitas juga diterima.

Lebih jauh, kami berusaha menempatkan diri sebagai pusat informasi dan sosialisasi mengenai isu-isu disabilitas di dunia maya. Ketika anda ingin mencari informasi tentang disabilitas, maka kamilah tempatnya. Kami hendak menjadi sumber informasi dan pencitraan bagaimana potensi penyandang disabilitas yang belum dipahami masyarakat. Bukan hanya asumsi dan stigma yang masih bertahan di masyarakat awam. Melihat langsung pada sumbernya. Bagaimana kami berinteraksi dan berkarya dengan segala alternative yang kami dapat lakukan. Hingga pada akhirnya, akselerasi pengwujudan masyarakat inklusif dapat tercapai.

Mengapa kami memilih situs sebagai media publikasi? Karena pada era globalisasi ini, internet adalah media yang paling diminati oleh masyarakat. Sehingga memungkinkan karya-karya tunanetra dibaca oleh para pengunjung situs. Dari semua kalangan usia, penyandang disabilitas atau bukan, berbagai daerah di seluruh Indonesia, dan dunia internasional.

Mengapa kami peduli terhadap penyandang disabilitas? Karena kami sebagai pengurus situs adalah para tunanetra. Tunanetra dalam arti luas. Mencakup mereka yang buta total (totaly blind), dan penglihatan terbatas (low vision). Didedikasikan kepada tunanetra khususnya, penyandang disabilitas, dan masyarakat luas pada umumnya. Jadi situs ini merupakan karya dari tunanetra untuk seluruh masyarakat.?

KARTUNET.

Terinspirasi dari pernyataan di atas, maka kami sebagai pengurus Kartunet, memutuskan memberi nama situs ini Kartunet.com, yaitu singkatan dari Karya Tunanetra. Meskipun situs ini bernama Karya Tunanetra, namun situs ini bersifat terbuka. Tidak hanya untuk tunanetra, tetapi juga untuk anda yang non tunanetra atau bukan penyandang disabilitas.

Didirikan secara resmi pada tanggal 19 Januari 2006, Kartunet.com digagas oleh empat orang tunanetra:

  1. Irawan Mulyanto.
  2. Aris Yohanes Elean.
  3. M Ikhwan Toriqo.
  4. Dimas Prasetyo Muharam.

“Mengatasi Keterbatasan tanpa Batas”

Dalam menjalankan kegiatannya, Kartunet tidak hanya difokuskan bagi tunanetra saja, tapi juga mencakup lintas kecacatan. Keadaan fisik yang terbatas, bukan berarti membatasi pula kreativitas seseorang. Malah keterbatasan itu harus diubah menjadi suatu kelebihan yang mendobrak keterbatasan itu sendiri tanpa batas.

Tujuan dan Harapan

Dengan adanya KARTUNET.Com, kami berharap bakat-bakat tunanetra bisa tersalur ke dalam hal yang positif. Selain itu, kami juga berharap bisa membuka lapangan pekerjaan bagi teman-teman tunanetra. Seperti menjadi seorang penulis, komposer music, penyiar radio, bahkan instruktur komputer. Tapi cita-cita kami ini tidak akan terwujut tanpa bantuan dan masukan dari anda pengunjung situs KARTUNET.COM. Oleh karena itu, kami terus mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun terhadap situs ini. Karena bagaimanapun juga, KARTUNET.COM adalah situs milik kita bersama.

Jakarta, 19 Januari 2006

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *