Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Apa itu tunanetra?

Tunanetra atau istilah gaulnya “tunet” adalah kondisi seseorang yang terganggu fungsi penglihatan atau visualnya. Tunanetra ada dua kondisi yaitu tunanetra total (totally blind) dan penglihatan terbatas (low vision). Tunanetra total kondisi penglihatan tidak memungkinkan lagi untuk menggunakan alat bantu penglihatan seperti kacamata atau lensa pembesar. Ada yang benar-benar blank, tapi ada juga yang masih dapat melihat persepsi cahaya. Sedangkan Low Vision masih dapat melihat, meski tidak optimal, dengan alat-alat bantu seperti kacamata, lensa pembesar, atau CC TV.

Ciri-ciri umum seorang tunanetra secara fisik dapat terlihat dari kelopak mata yang memejam atau tidak terbuka sempurna, bentuk bola mata yang tidak pada umumnya, memakai kaca mata hitam, menggunakan tongkat lipat berwarna putih dengan sticker berwarna merah yang menyala apabila terkena sinar lampu, atau ketika berjalan kerap menabrak benda-benda di depannya. Akan tetapi ciri-ciri tersebut kadang tidak terdapat pada semua tunanetra, terutama yang masih Low Vision. Mereka ada yang tetap memiliki bentuk bola mata yang bagus, tetapi baru diketahui bahwa dia tunanetra dari tatapannya yang tidak focus atau tak mengarah ke lawan bicara. Selain itu ada pula yang tidak menggunakan kaca mata hitam karena memang tidak biasa dan malah pusing apabila menggunakannya. Namun secara umum, mereka yang total ataulow vision, dianjurkan untuk selalu menggenggam tongkat putih agar mudah diidentifikasi oleh sekitar.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.