Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Bagaimana Tunanetra Belajar Membuat Website?

Ini juga pertanyaan yang kerap muncul mengenai bagaimana tunanetra belajar membuat website? Aris, Riqo, dan Dimas saat itu dapat dikatakan mempelajari teknik membuat website otodidak dengan perantara mesin pencari Google. Mulai dari memperlajari coding HTML, Javascript, CSS, hingga ke PHP semua materinya didapatkan dari tutorial-tutorial yang tersebar di internet. Memang di Yayasan Mitra Netra ada pelatihan computer bicara yang sama-sama mereka ikuti, tapi di tahun tersebut belum ada materi coding HTML atau bahasa pemrograman web lainnya. Maka mereka mempelajari coding web langsung dari pencarian di Google dengan koneksi internet gratis yang memang disediakan di Yayasan Mitra Netra bagi client.

Di awal pembuatannya, website Kartunet.com sangatlah sederhana. Hanya dengan coding HTML yang dipelajari dari berbagai tutorial yang ada di internet, dibuatlah website dengan layout memanjang ke bawah sebelum tahu bahwa pada umumnya struktur web itu ada header, sidebar, content, dan footer. Hal ini terjadi karena oleh program screen reader, halaman web hanya dibacakan dari atas ke bawah tanpa pemberitahuan mengenai bagian-bagiannya. Hingga para pendiri Kartunet mengetahui hal tersebut dan belajar menggunakan frame untuk membelah tampilan di layar. Ternyata frame juga tidak efektif dan bagus untuk pencarian Google, maka digunakanlah system Table untuk membagi-bagi content website. Dengan gambaran itu, kami tahu dimana harus meletakkan content di bagian atas, samping, tengah, atau bawah.

Pada akhirnya kami dikenalkan oleh salah seorang web programmer bernama Adi Matamulia yang menyarankan kami untuk menggunakan CMS atau Content Managing System. CMS waktu yang diberikan adalah Aura CMS yang merupakan hasil buatan local. Barulah kami mempelajari mengenai PHP dan juga database MY SQL. Dari sana pengetahuan kami terus berkembang hingga pernah menggunakan Drupal dan saat ini cukup nyaman dengan CMS WordPress.

Kami juga ingin memberikan kredit khusus kepada pembuat blog Rahim.f2o.org yang di awal pembalajaran kami mengenai web programming, tutorial-tutorial di blog tersebut sangat membantu. Selain karena disajikan dalam bahasa Indonesia, susunan yang sistematis dan bahasa yang ringan lalu disertai dengan contoh, memberikan kami dasar-dasar pemrograman yang bagus meski tak ada satupun dari kami yang melanjutkan kuliah jurusan Ilmu Komputer.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *