Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Dimana belajar komputer bicara?

Teknologi komputer bicara pertama kali dibawa dan diajarkan di Yayasan Mitra Netra. Pada saat itu pelatihan komputer bagi tunanetra ditujukan untuk membantu dalam mengerjakan tugas dari sekolah atau kuliah. Materi yang diajarkan yaitu dasar-dasar Microsoft Windows, dan beberapa aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, Access, dan PowerPoint.

Sebagai catatan, computer bicara itu hanyalah istilah. Komputer yang digunakan sama persis seperti yang ada di pasaran atau yang mungkin sedang Anda gunakan saat ini. Akan tetapi ada satu software tambahan yang diinstall yakni program Screen REader yang nantinya akan menjadi seperti pembaca dari navigasi dan perintah-perintah yang dimasukkan ke computer. Contoh sederhananya seperti narrator yang ada di Windows, akan tetapi dengan kualitas yang lebih baik tak hanya sekedar membaca aplikasi-aplikasi sederhana bawaan Windows.

Tahapan untuk belajar computer yakni dimulai dengan pembelajaran teknik mengetik sepuluh jari. Seorang tunanetra harus sudah mahir dan hafal mengetik dengan kesepuluh jarinya dengan mesin tik manual yang tentunya tak ada program suara layaknya computer. Dengan mesin tik yang “membisu” itu dan hanya suara jeglak-jeglek ketika tuts-tuts mesin ditekan, seorang tunanetra harus dapat mengetik dengan benar bahkan sampai membuat beberapa format surat.Namun dari metode itu seorang tunanetra mampu mengetik dengan cepat dan tak canggung lagi ketika bersentuhan dengan keyboard computer.

Selanjutnya, pelajaran computer bicara diawali dengan membiasakan diri mendengar suara program pembaca layar. Software yang pada umumnya digunakan bermerek JAWS dan suara yang dihasilkan bukanlah suara manusia asli, melainkan suara robot dengan akses Inggris. Diperlukan pembiasaan telinga agar mampu memahami tiap kata dan perintah yang diucapkan oleh Mr Jaws. Setelahnya baru mulai belajar mengeoperasikan aplikasi-aplikasi Microsoft Office dengan bantuan program JAWS.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *