Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Ritual Blog Walking via Twitter @Warung_blogger

Pada belantara per-blogging-an, ada istilah yang disebut Blog Walking. Kedengarannya memang seperti jalan-jalan sore atau yang sejenisnya. Kurang lebih Blog Walking ini sebuah rutinitas yang sebaiknya dilakukan oleh para blogger agar blognya tetap sehat. Yakni dengan berjalan-jalan ke blog orang lain, berkomentar di tulisan yang menarik, dan berkenalan. Kadang untuk blogger newbie, Blog Walking jadi kendala karena belum banyak kenalan dan referensi blog yang menarik. Namun tak perlu khawatir sebab blog-blog menarik sudah dipajang dalam satu etalase di Warung Blogger.

Ada beberapa keuntungan dari Blog Walking. Pertama, dapat menambah pengetahuan. Ketika berkunjung ke blog orang lain, ada info-info menarik yang mungkin belum diketahui atau tak ada di media massa ternyata dituliskan para blogger. Ini disebabkan oleh blog yang merupakan media independen dan content berasal langsung dari pihak pertama. Selain itu, dengan banyak masuk ke blog orang, akan dapat komparasi mengenai pengelolaan blog yang baik. Misal, bagaimana menentukan niche atau spesifikasi content, fitur-fitur yang baru terfikirkan setelah menemui di blog tetangga, atau tips dan trik untuk memperbaiki performa loading blog. Semua hal itu hanya didapatkan jika berguru langsung ke blogger terkait.

Kedua, Blog Walking juga akan menambah kenalan. Di kalangan blogger terdapat bermacam orang dengan beragam latar belakang. Kamu dapat berkenalan dengan mereka yang punya hobi atau perhatian serupa, atau berdiskusi dengan pemikiran-pemikiran berbeda. Karena prasyarat untuk jadi blogger adalah mau untuk berbagi, jadi tak perlu khawatir kamu dicuekin ketika mengajak interaksi di blog seseorang. Kecuali jika blog itu memang sudah lama sekali tidak update. Oh ya, buat yang ingin #Modus, Blog Walking juga berpeluang kok. Sebab salah satu cara menilai kualitas seseorang adalah dari tulisannya, dimana tergambar cara berfikir dari orang itu. Apabila sudah jatuh cinta dengan tulisannya, maka akan lebih mudah untuk rasakan hal yang sama pada penulisnya #Eaaa.

Keuntungan terakhir yang menurutku tak kalah penting adalah mendatangkan pengunjung ke blog sendiri. Etikanya ketika sudah dikunjungi oleh orang lain, tentu ada baiknya untuk balas berkunjung bukan? Nah, di sini Blog Walking punya peranan. Semakin banyak kamu berkunjung dan berkomentar di blog orang, makin berpeluang juga mendatangkan pengunjung-pengunjung baru. Asal terus jaga silaturahim dengan konsisten saling mengunjungi, maka kenalan-kenalan tersebut dapat menjadi pengunjung tetap blog kamu. Tentu harus didukung pula oleh content blog yang menarik dan update secara rutin agar pengunjung baru tidak kecewa.

Lantas, bagaimana untuk Blog Walking dengan mudah? Untuk memperoleh banyak kenalan dan referensi blog, cara termudah adalah bergabung dalam kelompok para blogger yang memang hobi melakukan Blog Walking. Salah satu komunitas itu adalah Warung Blogger (WB). Pada akun Twitternya di @Warung_Blogger, ada fitur untuk berbagi blog post. Cukup mention WB dengan format twit “Judul tulisan(sepasi)url tautan(sepasi)@Warung_Blogger(sepasi)#HappyBlogging”, maka twit yang mengarah ke tautan tulisan di blog kamu itu akan diretwit sekaligus ditandai sebagai favorite oleh WB. Tentu syaratnya kamu sudah harus follow terlebih dahulu @Warung_blogger, yang nanti akan difollow balik oleh para admin WB.

Butuh waktu beberapa menit sampai twit kamu diretwit oleh admin Warung Blogger. Ini disebabkan mereka tidak secara otomatis retwit, tapi hanya pada jam-jam Prime Time atau saat pengguna Twitter sedang ramai di linimasa. Selain itu, dengan ditandainya twit kamu di favorite Warung Blogger, akan lebih memudahkan para blogger untuk mencari tulisan-tulisan baru untuk dijadikan sasaran Blog Walking. Namun ingat prinsip di atas, jangan menunggu dikunjungi, tapi manfaatkan juga Favorite WB untuk Blog Visit duluan dan undang mereka untuk mengunjungi blog kamu.

Nah, mudah bukan melakukan Blog Walking? Sebuah ritual di dunia blogging yang dapat menambah wawasan, teman, pengunjung, serta modusan. Anggap saja ini seperti silaturahim di dunia maya. Semakin banyak teman dan menjalin silaturahim, maka akan menambah umur dan rejeki. Dalam ranah blog, akan menambah pengunjung dan rejeki dari iklan di blog pula tentunya. Lho, kok bisa menghasilkan uang? Yup, tapi ini nanti ya dibahas pada tulisan-tulisan berikutnya. Jika ada yang ingin share, silakan ditulis di kolom komentar.(DPM)

Mengenal Dimas Prasetyo Muharam

Pemimpin redaksi Kartunet.com. Pria kelahiran Jakarta 29 tahun yang lalu ini hobi menulis dan betah berlama-lama di depan komputer. Lulus dari jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia 2012, dan pernah merasakan kuliah singkat 3 bulan di Flinders University, Australia pada musim semi 2013. Mengalami disabilitas penglihatan sejak usia 12 tahun, tapi tak merasa jadi tunanetra selama masih ada free wifi dan promo ojek online. Kunjungi blog pribadinya di www.dimasmuharam.info.

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *