Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Tips Mengolah Uang Layaknya Profesional

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – Tak jarang di tengah bulan kondisi keuangan Anda sudah kembang kempis akibat pola mengatur uang yang salah. Simak yuk panduan mengatur uang layaknya seorang ahli dari saran para financial advisor berpengalaman berikut ini.


Winda, bukan nama sebenarnya adalah seorang Ibu pekerja yang juga memiliki putri berusia 6 tahun. Wanita karir yang memiliki posisi mapan di perusahaan tempatnya bekerja merasa kebutuhan hidupnya kian tak sebanding dengan penghasilannya. Padahal, Winda sudah mempunyai gaji sendiri diatas angka 7 juta perbulan. Ia kerap merasa kebutuhan sehari-harinya kian tinggi. Apa yang salah? Kami bertanya kepada para perencana keuangan tentang dilema yang tengah dihadapi Winda. Usut punya usut, ternyata wanita paruh baya tersebut memiliki pembukuan keuangan yang kacau sehingga sebesar apapun penghasilannya tetap saja tak mencukupi biaya hidupnya. Berikut panduan praktis mengatur uang ala profesional.


1. Sebaiknya simpan sebesar 30 persen uang dari penghasilan bulanan Anda untuk ditabung sebagai investasi jangka panjang.


2. Simpan sebesar 10 persen dari gaji Anda untuk kebutuhan mendadak agar tak mengganggu biaya tabungan dan biaya hidup Anda sehari-hari.


3. Setelah menerima penghasilan bulanan siapkan beberapa amplop kosong yang telah diberi label sebagai posting pengeluaran rutin bulanan Anda dengan cara ini Anda melatih diri untuk disiplin.


4. Investasikan sedikit penghasilan Anda sebesar 5 persen untuk disimpan sebagai biaya asuransi jiwa atau asuransi kesehatan. Cara ini tentu membuat Anda menjadi lebih menghemat pengeluaran di masa depan.


5. Tak ada salahnya membuat kartu kredit yang harus digunakan di kala genting dan bayar semua tagihan secara penuh di akhir bulan untuk menghindari jumlah bunga yang kian tinggi.


6. Biasakan berbelanja dengan uang tunai karena lebih teratur dan terperinci ketimbang menggunakan kartu kredit atau kartu debit.


7. Mengikuti arisan tentu saja bisa membantu sedikit pengeluaran Anda dan pilih jenis arisan yang memiliki investasi jangka panjang seperti emas atau perhiasan berharga ketimbang arisan barang yang memiliki efek keuntungan yang lebih kecil.


8. Biasakan untuk berbelanja di kala sale atau diskon besar karena cara ini bisa menyelamatkan tabungan Anda disamping tentunya Anda dapat membeli barang yang selama ini Anda idamkan tanpa merogoh kocek lebih dalam.


Kini Anda dapat menerapkan sistem pengolahan keuangan yang lebih teratur dengan panduan Kami diatas. Selamat mengatur uang. Hendro


 


Kirimkan info atau pertanyaan Anda seputar keuangan ke email : [email protected]

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *