Beri dukungan untuk karya-karya yang telah diterbitkan di event menulis "Imaginasikan Merdekamu!". Tulis saran dan kritikmu sebagai bentuk apresiasi untuk penulis di kolom komentar
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Tunanetra Ini Dapat Melihat Lagi Berkat Teknologi

Terakhir diperbaharui 3 bulan oleh Dimas Prasetyo Muharam

Jakarta, Kartunet – Teknologi membuat sesuatu di dunia ini yang tadinya mustahil menjadi mungkin. Bahkan seorang tunanetra yang sudah kehilangan penglihatan bertahun-tahun, kini ada kemungkinan dapat melihat kembali dengan bantuan teknologi.

Adalah Larry Hester (66), pria asal Amerika Serikat, yang telah mengalami ketunanetraan lebih dari 30 tahun. Ada kelainan pada retina yang bernama retinitis pigmentosa sehingga membuat Larry tidak bisa melihat apapun.

Namun baru-baru ini Larry dapat melihat kembali berkat kemajuan teknologi yang diberi nama ‘Mata bionik’. Mata bionik merupakan suatu alat yang bertugas menangkap cahaya di mata melalui sensor yang ditanam pada mata.

Larry merupakan pasien ketujuh yang menggunakan teknologi mata bionik di Amerika Serikat. Walaupun penglihatan yang dihasilkan alat ini tidak sama dengan penglihatan yang dimiliki oleh manusia dengan mata berfungsi normal, dalam arti masih berupa bayangan cahaya yang terbagi dari cahaya terang dan gelap tetapi Larry setidaknya bisa melihat suasana disekitarnya.

Kemajuan teknologi seperti mata bionik ini yang diharapkan terus dikembangkan untuk jadi solusi mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Sudah seyogyanya teknologi dibuat itu sebagai solusi dan mempermudah hidup manusia. Bukan malah disalah-gunakan untuk hal-hal negatif yang malah merugikan kehidupan. Semoga makin banyak pihak yang peduli dan ikut berkontribusi dalam pengembangan teknologi sejenis.(DPM)

sumber: Citizen 6

Beri Pendapatmu di Sini
Baca juga:  Samsung Kembangkan Fitur Accessible Untuk Tunanetra
Kartunet.com adalah media warga, seluruh konten berupa tulisan, foto, audio, atau video yang diterbitkan melalui situs ini menjadi tanggung jawab penuh dari kontributor.

Ingin juga tulisanmu diterbitkan di Kartunet? Siapkan karyamu dan klik di Kirim Karya