Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Young on Top, Yang Muda Yang Juara

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Judul Buku: Young on top-New Edition-35 Kunci Sukses di Usia Muda
Penulis: Billy Bone
Terbit: Oktober 2012 (cetakan kedua)
Jumlah halaman: 206 hlm
Penerbit:. Bentang Pustaka


 Kalau bisa sukses di usia muda, kenapa mesti nunggu tua?


 


 Setiap orang memiliki definisi yang berbeda mengenai kesuksesan. Siapa saja berhak mengatakan dirinya sebagai orang sukses. Akan tetapi pada kenyataannya, dari sekian banyak orang yang telah dan akan memasuki dunia kerja, hanya sekitar dua persen yang benar-benar berada di puncak kariernya. Untuk mencapai puncak karier  itu, kita memerlukan “tools” untuk membuka mata, telinga dan hati kita, sehingga kita dapat menggunakan otak kiri (rasional) dan otak kanan (kreatif) kita dengan maksimal.


 


Young On Top-New Edition-35 Kunci Sukses di Usia Muda membahas tuntas semua “tools” yang kita butuhkan dalam meraih sukses. Di bagi dalam empat bab utama, buku ini membahas tiap kunci sukses itu satu persatu. Agaknya, setiap bab disusun dengan urutan yang dimulai dari pembahasan mental kita, tips dan trik di dunia kerja, bagaimana kita mengembangkan diri pada lingkungan, serta ditutup dengan perenungan tentang sejauh mana sebenarnya kita ingin sukses.


 


Pada bab pertama, dijelaskan mengenai “Do What You Love, Love What You Do”. Sub bab ini mengingatkan kita bahwa kita harus memilih hal yang kita cintai untuk dikerjakan. Namun jika kita tidak berkesempatan untuk melakukan itu, maka kita harus mencintai apa yang telah kita kerjakan. Poin ini diletakkan pada bagian paling awal, karena bagaimana pun kesuksesan dimulai ketika kita mampu mencintai apapun yang telah atau akan menjadi pekerjaan kita. Selanjutnya, pada sub bab “Detail Oriented” di bab kedua, kita diajarkan untuk mampu melihat setiap masalah secara terperinci, tanpa melupakan bahwa kita juga tetap harus mampu melihat keseluruhan masalah. Hal ini dibahas dalam sub bab “The Big Picture”. “Humble” dan “Share and Receive” menjadi kunci-kunci sukses yang dibahas pada bab ketiga. Membaca kedua sub bab tersebut kembali mengingatkan kita bahwa sifat rendah hati merupakan hal yang sangat penting dalam menjalin hubungan baik dengan banyak orang, sehingga menuntun kita pada kesuksesan. Tidak lupa, kita juga harus mampu berbagi kepada sesama. Mungkin saat ini kita belum mampu berbagi financial, tetapi masih ada hal lain yang bisa kita bagi dengan orang lain, misalnya ilmu yang kita miliki. Terakhir, “Up to You, You Do it” menjelaskan bahwa semua kesuksesan itu tergantung pada diri kita sendiri. Semua “tools” yang telah dijabarkan hanya petunjuk, namun semua kembali pada bagaimana kita menggunakan kunci-kunci sukses itu serta bagaimana kita bernafas dengan semua kunci itu sehingga benar-benar menjadi orang sukses.


 


Billy Boen, sang penulis, memiliki segudang prestasi di usia muda. Ia telah mampu menjalani posisi-posisi penting di beberapa perusahaan besar meski usianya saat itu masih di bawah 30 tahun. Ia membagi kunci-kunci suksesnya itu dalam buku yang sangat inspiratif ini. Gaya bahasa yang mengalir serta penuturan yang santai membuat apa yang terkandung dalam buku ini mudah dicerna oleh tiap pembaca. Billy tidak hanya membahas kunci sukses dari segi mental, tapi juga logika, membuat kunci-kunci sukses yang dijabarkannya terasa masuk akal untuk diikuti. Ditambah dengan kutipan-kutipan dari para public speaker dan motivator internasional, membaca buku ini dapat semakin membuka pikiran dan hati kita untuk meraih kesuksesan. RR

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *