Kartunet.com adalah media warga yang digagas oleh para pemuda dengan disabilitas untuk menginspirasi masyarakat Indonesia inklusif. Diluncurkan sejak 19 Januari 2006, Kartunet.com menghadirkan informasi berupa berita, artikel inspiratif, teknologi aksesibel, opini, podcast, karya fiksi, dan karya-karya lain. Siapapun dapat bergabung menjadi kontributor kami, tanpa terbatas disabilitas, suku, agama, ras, atau golongan.

Latar Belakang

Pemberdayaan dan peluang bagi penyandang disabilitas untuk mengembangkan diri masih terbatas. Kurangnya aksesibilitas bagi kami untuk mengakses informasi, pendidikan, dan ekonomi membatasi kesempatan untuk mengaktualisasi diri. Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi, khususnya internet, memberi peluang pada akses informasi tanpa batas. Teknologi secara revolusioner mampu mengatasi banyak keterbatasan yang dihadapi oleh penyandang disabilitas, seperti hadirnya komputer bicara bagi tunanetra.

Nama Kartunet berasal dari kliping kata “karya” dan “tunanetra”. Kemudian menjadi sebuah website yang didirikan oleh empat orang tunanetra yaitu Irawan Mulyanto, Aris Yohanes, M Ikhwan Tariqo, dan Dimas P Muharam. Fitur dan konten Kartunet ditujukan kepada siapapun untuk mempublikasikan kreasi dari kolaborasi penyandang disabilitas dan masyarakat.

Melalui situs Kartunet.com, kami hadir untuk memberikan pandangan baru yang inklusif. Diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal dan memahami bahwa penyandang disabilitas pun dapat berdaya, dan menerima kami sebagai bagian dari keberagaman masyarakat.

Visi

"Media pemberdayaan penyandang disabilitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK)"

Misi

  1. Membangun sumber informasi online mengenai disabilitas di Indonesia (inform).
  2. Mengadakan pelatihan pengembangan kemampuan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (empower).
  3. Membangun jejaring komunitas di ranah online yang peduli pada isu disabilitas (network)
  4. Berbagi inspirasi pada masyarakat dengan kampanye publik dan publikasi karya penyandang disabilitas (inspire).

Tim Pengurus

Kartunet dikelola oleh para anak muda kece yang dapat dilihat profilnya sebagai berikut:

Program dan Kegiatan periode 2017

Untuk mencapai visi dan misinya, Kartunet melaksanakan program-program yang fokus pada pemanfaatan media baru dan pemberdayaan penyandang disabilitas. Program digagas oleh kaum muda yang memiliki empati dan pandangan bahwa disabilitas bukan halangan seseorang untuk berkarya. Adapun program-program tersebut yaitu:

  1. Kedai Penulis, wadah menulis rutin yang anggotanya adalah kontributor web Kartunet.com
  2. Disability rising awareness campaign yang dilakukan via social media tiap hari di Twitter dan Facebook Kartunet.
  3. #MalmingSeru yaitu online activity tiap sabtu malam berupa online sharing pada social media, kuis interaktif, dan kelas online.
  4. Lomba dan audisi menulis rutin yang hasilnya akan diterbitkan dalam bentuk buku kompilasi.
  5. Belajar komputer bicara dan internet marketing tiap akhir pekan di Rumah Internet Atmanto, Pegadegan Jakarta Selatan
  6. Kartunet gathering, kopi darat komunitas di berbagai daerah sebagai forum silaturahim saling motivasi, dan belajar.
  7. Direktori Nasional Disabilitas, pemetaan data organisasi dan lembaga terkait layanan serta advokasi bagi penyandang disabilitas di Indonesia.

Profil kami dapat pula disimak pada laman wikipedia bahasa Indonesia di tautan http://id.wikipedia.org/wiki/Kartunet. Like pula fanpage facebook kami Komunitas Kartunet dan twitter di @Kartunet untuk update informasi terbaru dari kami.