MENGATASI KETERBATASAN TANPA BATAS

Kirim Artikel! Jadilah contributor di Kartunet.com. baca ketentuan

500 Relawan Ketik Buku bagi Tunanetra

Anda juga memiliki tulisan menarik yang ingin dibagikan dan diterbitkan di situs kami? Bergabung jadi contributor dan kirimkan tulisan Anda

Jakarta, Kartunet.com – Sebanyak 500 relawan akan serentak mengetik ulang buku untuk dicetak dalam format Braille bagi tunanetra di Mall Ciputra, Jakarta pada Sabtu, 26 Januari 2013. Kegiatan ini digagas oleh Fellowship of Netra Community (Fency), Mall Ciputra, dan Yayasan Mitra Netra.

Gambaran kegiatannya adalah para relawan akan mengetik ulang ke dalam format Microsoft Word dari buku-buku yang telah disediakan oleh panitia. Relawan perlu membawa laptop sendiri yang dapat digunakan secara individu atau kelompok maksimal dua orang. Kemudian, hasil ketikan akan diserahkan kepada Yayasan Mitra Netra untuk dikonversi ke format huruf Braille lalu dicetak di perpustakaan buku Braille Mitra Netra.

Inisiatif ini didorong oleh fakta bahwa Indonesia terdapat 3,5 juta penduduk dengan status tunanetra. Namun ketersediaan buku dengan format Braille yang dapat diakses di perpustakaan atau toko buku sangatlah minim. Sedangkan pengetahuan itu dibutuhkan oleh semua orang, termasuk para tunanetra. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah naskah buku Braille yang dapat diakses di perpustakaan Mitra Netra, dan diunduh melalui internet untuk dicetak di berbagai daerah.

Yayasan Mitra Netra adalah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan dan peningkatan kualitas serta partisipasi tunanetra di masyarakat. Mitra Netra menyediakan layanan pendampingan pendidikan dan perpustakaan buku Braille dan bicara bagi tunanetra. Lokasi yayasan berada di Jalan Gunung Balong 2 no.58, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Acara yang diharapkan dapat memecahkan rekor 500 relawan mengetik ulang buku untuk tunanetra, akan berlangsung di Central Court Ciputra Mall, Jl. Arteri S. Parman, Grogol, Jakarta Barat. Relawan diminta untuk datang di tempat sejak pukul 08:00 WIB pagi, dan kegiatan mengetik ulang dimulai pada pukul 09:00 sampai 19:00 WIB

Ada tiga prasyarat untuk terlibat menjadi relawan di acara ini:

  1. Relawan dapat mendaftar perorangan/team
  2. Satu team terdiri dari 2 orang dan memiliki 1 laptop/notebook
  3. relawan mampu mengoperasikan komputer (MS Word) secara aktif

Apabila berminat dan ingin merasakan empati pada saudara-saudara tunanetra, daftarkan segera diri Anda dalam pengetikkan ulang buku untuk tunanetra. Proses registrasi silakan hubungi Elam di 08978306013, atau Tarini di 082114021551.

Editor: Dimas Muharam

Kartunet.or.id adalah media warga yang dikelola oleh penyandang disabilitas. Segala tulisan dan foto yang diterbitkan menjadi tanggung jawab contributor yang bersangkutan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *