MENGATASI KETERBATASAN TANPA BATAS
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Menanti Tulisan Sempurna

Makassar, Kartunet – Salah satu mengapa sebuah tulisan tidak kunjung selesai adalah karena kita menunggu tulisan sempurna. Kalau semua penulis menunggu sebuah tulisan sempurna, baru menganggap sebuah tulisan selesai, maka di dunia ini tidak ada karya tulis sama sekali.

Mengapa?Karena tidak ada yang namanya tulisan sempurna. Sebenarnya tidak ada yang sempurna, kecuali Tuhan. Dulu orang mengira kuda adalah kendaraan sempurna, setelah ada mobil kuda ditinggalkan. Lalu manusia mengira mobil adalah yang sempurna tapi kemudian ada kereta dan pesawat. Nanti akan ada lagi kendaraan yang lebih sempurna dari apa yang ada saat ini.

Begitu juga tulisan. Kalau kita menunggu sempurna sebuah tulisan maka tidak akan pernah selesai. Pasti akan ada cara lebih baik yang bisa kita lakukan. Karena itu menulislah, dan selesaikanlah. Jangan menunda-nunda karena menunggu sempurna. Karena tulisan yang selesai bisa dinikmati bisa di publish, yang belum
sempurna hanya tersimpan di harddisk. Kalaupun nanti tulisan kita dikritisi biarkan saja, toh itu baik untuk memperbaiki diri.

Kita harus sadar tidak ada yang namanya sempurna. Kita memang harus melakukan yang terbaik, tapi bukan berarti menunggu sempurnad dan tidak menghasilkan
apa-apa. Mulailah menulis. Lakukan yang terbaik dan selesaikan, lalu publikasikan. Jangan tunggu sampai sempurna tapi akhirnya tidak pernah selesai.

Mobil Ferrary memang mahal dan cepat, tapi kalau belum selesai dibuat dan belum bisa jalan, dengan bajai kita bisa sampai duluan di tujuan. Sadis ya perumpamaannya, pokoknya ngerti lah. Iya kan?:)

Baca:  Rectoverso, Eksotisme Melankolia Dewi Lestari

Kartunet.com adalah media warga, seluruh konten berupa tulisan, foto, audio, atau video yang diterbikan melalui situs ini menjadi tanggung jawab penuh dari kontributor.

Tuliskan komentar Anda di sini. Semakin banyak Anda berkomentar, maka jadi input buat kami