Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

‘Bebas dari Jalan’, Gerakan Penyelamatan Anak Jalanan

Jakarta, Kartunet.com – Memberikan uang kepada anak jalanan mungkin sebuah perbuatan mulia. Namun, dampak dari sejumlah uang yang Anda berikan belum tentu positif bagi mereka. Sebab, dengan Anda memberikan uang secara langsung kepada anak jalanan, bukannya membuat mereka mandiri melainkan justru akan membuat mereka semakin tergantung pada penghasilan di jalanan. Dari alasan itu, lahirlah gerakan ‘Bebas dari Jalan’ untuk mengakomodasi niat mulia Anda sekaligus membebaskan anak dari jalanan.

‘Bebas dari Jalan’ memiliki visi “Keep The Children Off The Street” dengan misi menghentikan pemberian uang kepada anak-anak yang meminta di jalanan. Gerakan yang diluncurkan oleh Satgas Perlindungan Anak (PA) dan Kementrian Sosial di Taman Menteng 26 Maret 2013 silam, menawarkan solusi pada masyarakat yang ingin membantu anak jalanan. “Kampanye ini akan dilaksanakan seluruh Indonesia, dengan donasi lewat website. Masyarakat tidak perlu lagi memberi ketika mereka bertemu dijalan,” terang Ikhsan, ketua Satgas PA di beritasatu.com (26-Maret-2013).

Lanjut Ihsan, donasi masyarakat untuk anak jalanan dapat diberikan melalui situs www.bebasdarijalan.com. Melalui situs itu publik dapat membantu anak jalanan secara online dari manapun. Dana yang dikelola akan diberikan ke anak jalanan, sehingga ia tak perlu bekerja di jalanan lagi. Tiap 10 anak, akan ada satu pembimbing yang bertugas memberi laporan perkembangan si anak jalanan. Donatur pun dapat memantau uang yang disumbangkannya melalui situs www.bebasdarijalan.com dengan memasukkan user id dan password.

Program ini tak hanya mengubah cara publik menyumbang dari secara langsung ke bentuk online. Para anak jalanan yang sudah mendapat dana dan bimbingan, akan diminta menandatangani surat pernyataan untuk tidak lagi kembali ke jalan. Apabila diketahui mereka mengamen atau bekerja lagi di jalan, maka bantuan akan dihentikan.

Inovasi program ini sungguh menarik. ‘Bebas dari Jalan’ mengubah pandangan publik bahwa berbuat baik itu cukup dengan sedekah atau memberi uang tanpa peduli dengan dampak lebih jauh. Anak jalanan, dengan pendidikan terbatas atau lingkungan yang tidak mendukung untuk mengelola uang dengan baik, bukan tak mungkin menggunakan uang yang didapat dari dermawan untuk hal negatif jika tak dikelola secara baik. Dengan sistem ini, sumbangan dimaknai lebih jauh dan tak hanya asal memberi uang.

Apabila program ‘Bebas dari Jalan’ ini berhasil dan dikembangkan ke kelompok marginal lain di jalanan maka akan menimbulkan dampak lebih masif, seperti para penyandang disabilitas yang tak jarang ditemui menjadi peminta-minta di jalan. Mereka juga perlu untuk “dibebaskan” dari jalanan, termasuk dari belas kasihan yang cukup menyantuni hari ini tanpa peduli tentang masa depannya.

Bagi Anda yang ingin ikut berpartisipasi dalam program ‘Bebas dari Jalan’, dapat mengunjungi situs resminya di www.bebasdarijalan.com dan follow akun twitternya di @BebasdariJalan. Jumlah sumbangan tidak ada batasan, seberapapun dapat disalurkan untuk membantu mereka terbebas dari kerasnya hidup di jalanan. (DPM)

Editor: Muhammad Yesa Aravena

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *