Menghafal Daftar Rute KA Commuterline Jabodetabek

Hello Kartuneters,

Sudah cukup lama saya tidak berkontribusi di website ini. Nah, kali ini saya ingin berbagi informasi tentang rute KA Commuter Jabodetabek.

Bagi teman-teman yang tinggal di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), KA Commuter Jabodetabek (atau disebut juga KRL Commuter Line) menjadi salah satu jenis transportasi umum yang cukup nyaman untuk digunakan. KA Commuter Jabodetabek adalah jalur kereta rel listrik yang dioperasikan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek, anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (PTKA). Dengan menggunakan KA Commuter Jabodetabek, kita dapat menuju ke berbagai tempat di sekitar Jabodetabek dengan mudah dan cepat.

Satu kendala yang seringkali saya rasakan ketika menggunakan KRL (dan mungkin teman-teman tunanetra lain juga pernah merasakan) adalah kesulitan untuk turun di stasiun yang diinginkan. Meskipun di beberapa armada KRL sudah dipasang pemberitahuan dalam bentuk audio tentang di stasiun mana kita sedang berada, namun di beberapa armada KRL lainnya pengumuman audio tersebut seringkali tidak berfungsi. Salah satu jalan keluarnya, mau tidak mau kita harus menghafalkan rute KRL untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan (misalnya stasiun yang terlewat).

Berikut ini saya akan sajikan tabel rute perjalanan KA Commuter Jabodetabek.

Warna Jalur Rute Stasiun yang Dilewati
Merah Jakarta Kota – Depok – Bogor –          Stasiun Jakarta Kota-          Stasiun Jayakarta

–          Stasiun Mangga Besar

–          Stasiun Sawah Besar

–          Stasiun Juanda

–          Stasiun Gambir (tidak berhenti)

–          Stasiun Gondangdia

–          Stasiun Cikini

–          Stasiun Manggarai

–          Stasiun Tebet

–          Stasiun Cawang

–          Stasiun Duren Kalibata

–          Stasiun Pasar Minggu Baru

–          Stasiun Pasar Minggu

–          Stasiun Tanjung Barat

–          Stasiun Lenteng Agung

–          Stasiun Universitas Pancasila

–          Stasiun Universitas Indonesia

–          Stasiun Pondok Cina

–          Stasiun Depok Baru

–          Stasiun Depok

–          Stasiun Citayam

–          Stasiun Bojonggede

–          Stasiun Cilebut

–          Stasiun Bogor

Biru Jakarta Kota – Bekasi –          Stasiun Jakarta Kota-          Stasiun Jayakarta

–          Stasiun Mangga Besar

–          Stasiun Sawah Besar

–          Stasiun Juanda

–          Stasiun Gambir (tidak berhenti)

–          Stasiun Gondangdia

–          Stasiun Cikini

–          Stasiun Manggarai

–          Stasiun Jatinegara

–          Stasiun Cipinang (tidak berhenti)

–          Stasiun Klender

–          Stasiun Buaran

–          Stasiun Klender Baru

–          Stasiun Cakung

–          Stasiun Rawabebek (tidak berhenti)

–          Stasiun Kranji

–          Stasiun Bekasi

Kuning Jatinegara – Depok – Bogor –          Stasiun Jatinegara-          Stasiun Pondok Jati

–          Stasiun Kramat

–          Stasiun Gang Sentiong

–          Stasiun Pasar Senen (hanya berhenti untuk kereta dari Jatinegara, sedangkan arah sebaliknya tidak berhenti)

–          Stasiun Kemayoran

–          Stasiun Rajawali

–          Stasiun Kampung Bandan

–          Stasiun Angke (tidak berhenti)

–          Stasiun Duri

–          Stasiun Tanah Abang

–          Stasiun Karet

–          Stasiun Sudirman

–          Stasiun Mampang (tidak berhenti)

–          Stasiun Manggarai

–          Stasiun Tebet

–          Stasiun Cawang

–          Stasiun Duren Kalibata

–          Stasiun Pasar Minggu Baru

–          Stasiun Pasar Minggu

–          Stasiun Tanjung Barat

–          Stasiun Lenteng Agung

–          Stasiun Universitas Pancasila

–          Stasiun Universitas Indonesia

–          Stasiun Pondok Cina

–          Stasiun Depok Baru

–          Stasiun Depok

–          Stasiun Citayam

–          Stasiun Bojonggede

–          Stasiun Cilebut

–          Stasiun Bogor

Duri – Nambo –          Stasiun Duri-          Stasiun Tanah Abang

–          Stasiun Karet

–          Stasiun Sudirman

–          Stasiun Mampang (tidak berhenti)

–          Stasiun Manggarai

–          Stasiun Tebet

–          Stasiun Cawang

–          Stasiun Duren Kalibata

–          Stasiun Pasar Minggu Baru

–          Stasiun Pasar Minggu

–          Stasiun Tanjung Barat

–          Stasiun Lenteng Agung

–          Stasiun Universitas Pancasila

–          Stasiun Universitas Indonesia

–          Stasiun Pondok Cina

–          Stasiun Depok Baru

–          Stasiun Depok

–          Stasiun Citayam

–          Stasiun Pondok Rajeg (tidak berhenti)

–          Stasiun Cibinong

–          Stasiun Gunung Putri (tidak berhenti)

–          Stasiun Nambo

Hijau Tanah Abang –Serpong – Parung Panjang – Maja –          Stasiun Tanah Abang-          Stasiun Palmerah

–          Stasiun Kebayoran

–          Stasiun Pondok Betung (tidak berhenti)

–          Stasiun Pondok Ranji

–          Stasiun Jurangmangu

–          Stasiun Sudimara

–          Stasiun Ciater (tidak berhenti)

–          Stasiun Rawa Buntu

–          Stasiun Serpong

–          Stasiun Cisauk

–          Stasiun Cicayur

–          Stasiun Parung Panjang

–          Stasiun Cilejit

–          Stasiun Daru

–          Stasiun Tenjo

–          Stasiun Tigaraksa

–          Stasiun Cikoya

–          Stasiun Maja

Coklat Duri – Tangerang –          Stasiun Duri-          Stasiun Grogol (tidak berhenti)

–          Stasiun Pesing

–          Stasiun Taman Kota (tidak berhenti)

–          Stasiun Bojong Indah

–          Stasiun Rawa Buaya

–          Stasiun Kalideres

–          Stasiun Poris

–          Stasiun Batuceper

–          Stasiun Tanah Tinggi (tidak berhenti)

–          Stasiun Tangerang

Pink Jakarta Kota – Tanjung Priok (belum beroperasi penuh) –          Stasiun Jakarta Kota-          Stasiun Kampung Bandan

–          Stasiun Ancol (belum beroperasi)

–          Stasiun Tanjung Priok (belum beroperasi)

Putih Jakarta Kota – Manggarai (feeder) –          Stasiun Jakarta Kota-          Stasiun Kampung Bandan

–          Stasiun Angke (tidak berhenti)

–          Stasiun Duri

–          Stasiun Tanah Abang

–          Stasiun Karet

–          Stasiun Sudirman

–          Stasiun Mampang (tidak berhenti)

–          Stasiun Manggarai

 

Berikut ini saya sajikan juga daftar stasiun transit (stasiun yang bisa digunakan untuk berpindah jalur). Misalnya, jika teman-teman ingin pergi dari Bogor ke Bekasi, maka teman-teman harus transit di Stasiun Manggarai. Contoh lain, apabila teman-teman ingin ke luar kota (misalnya ke Sukabumi), teman-teman bisa transit di Stasiun Bogor. Stasiun yang dapat digunakan untuk transit adalah sebagai berikut.

  1. Stasiun Jakarta Kota
  2. Stasiun Gambir
  3. Stasiun Manggarai
  4. Stasiun Jatinegara
  5. Stasiun Tanah Abang
  6. Stasiun Duri
  7. Stasiun Kampung Bandan
  8. Stasiun Pasar Senen
  9. Stasiun Bogor
  10. Stasiun Bekasi
  11. Stasiun Tangerang
  12. Stasiun Tanjung Priok (belum beroperasi)
  13. Stasiun Citayam
  14. Stasiun Nambo

Semoga saja untuk ke depannya fasilitas yang ada di KA Commuter Jabodetabek menjadi lebih baik dan tentunya lebih ramah pada penyandang disabilitas.

Baca:  Perlunya Gotong Royong dan Pemanfaatan Teknologi Untuk Mencapai Inklusifitas
Bagikan artikel ini
Fakhry Muhammad Rosa
Fakhry Muhammad Rosa

Fakhry Muhammad Rosa, seorang tunanetra kelahiran Pontianak, 31 Mei 1994. Alumni jurusan Sastra Jerman, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Aktif menjadi pengurus di ITCFB (IT Center For The Blind) sebagai penulis artikel teknologi (silahkan baca di http://www.itcfb.org). Aktif bermusik sebagai drummer di Mitra Netra Band dan bassist di Remikustik.

Articles: 32

182 Comments

  1. Assalamualaikum
    Maaf saya mau nanya saya sama sekali blm pernah naik kereta,rencananya in syaa Allah besok saya mau naik kereta dari stasiun ui depok menuju stasiun rajawali kemayoran.dimanakah transitnya? Syukron jazakumullahu khoiron

  2. I have noticed you don’t monetize your website, don’t waste your traffic, you can earn extra cash every month.
    You can use the best adsense alternative for any type of website (they approve all websites), for more details simply search in gooogle: boorfe’s tips monetize your website

  3. I see you don’t monetize your website, don’t waste your
    traffic, you can earn additional cash every month because you’ve got hi quality
    content. If you want to know how to make extra money, search for: Ercannou’s essential adsense alternative

  4. maaf mau nanya : kalau mau ke dinkes DKI jakarta pusat naik kerata dari stasiun bekasi bagusnya turun di stasiun mana ya, biar lebih dekat sama dinkesnya. mohon bantuannya ya.terimaksih

  5. aku pengguna jasa kereta apai , alhamdulillah lebih enak sekarang bisa tidur dan ga berisik seperti naik jasa angkutan bus yang banyak pemain musik teriak teriak menyanyi …. rekomended

  6. I see you don’t monetize your site, don’t waste your traffic,
    you can earn additional cash every month because you’ve got hi quality content.
    If you want to know how to make extra money,
    search for: Mrdalekjd methods for $$$

  7. Terima kasih buat infonya. Saya mau tanya. Saya dari Pekalongan. Saya mau pergi ke Tangerang, tepatnya ke stasiun Batu Ceper. Untuk rutenya bagaimana ya? apa seperti ini: naik kereta Pekalongan-Gambir, lalu ke stasiun duri dan naik kereta ke batu ceper? mohon sarannya.

  8. Halo mas. Aku baru mau coba pake krl. Jadi masih newbie nih. Mau nanya dong, kalo dari stasiun kebayoran lama gondangdia bisa ga ya? Caranya gmn? Apa naik kereta apa dan apakah harus transit?
    Makasi banyak yaa

  9. Selamat malam..
    Mba sy mw nanya kalo dari tangerang gading serpong kestasiun manggarai rute apa sj yg dilalui?kemudian dri stasiun manggarai kembali ketangerang gding serpong rute apa yg dilalui?mohon diunggu jawabanya by email..terima kasih

    • Turun di manggarai pindah jalur ke arah stasiun Kota, tapi ga bisa turun di Sts Gambir, bisanya sebelumya sts Gondangdia atau setelah sts Gambir yaitu sts Juanda, setelah itu bisa naik Bajaj palingan rp.20ribu.

  10. Min mau tanya kalo dr pondok ranji ke pasar Senen rutenya gmn aja? tolong penjelasannya.. Sama waktunya dibutuhkan kira” berapa lama kalo misal berangkat jam 7 pagi? Terima kasih

    • Kalo dari arah Bogor tdk berhenti, tp dr arah Jatinegara berhenti, jadi kalo dr arah bogor lewatin dulu staaiun Senen turun di sts Gang Sentiong, trus naik lagi kereta yg berlawan arah ke sts Senen.

  11. Hallo, saya mau tanya. Disitu ditulis stasiun yang dpt digunakan utk transit bisa di st.pasar senen.
    Berarti, dr st.pasar senin kita bisa naik untuk ke st.karet ga ya?
    Terima kasih 🙂

  12. Maaf numpang tanya saya dri depok… Saya mau kegrogol… Tpi tdi sya baca diatas cuma ada satu jalur yg kegrogol itupun gak berhenti… Trus sya gmana… Pdhal tmpat yg saya tuju tepat dibelakang stsiun grogol.. Mohon bantu…. Terimakasih….

  13. Mas minta info klo dari stasiun gambir mau ke stasiun cilebut bogor gimna?aku kan dr bandung turun d gambir,sedangkan comuterline yg mau k cilebut kan ga berhenti d gambir..terima kasih..

    • Turun di manggarai pindah jalur ke arah stasiun Kota, tapi ga bisa turun di Sts Gambir, bisanya sebelumya sts Gondangdia atau setelah sts Gambir yaitu sts Juanda, setelah itu bisa naik Bajaj palingan rp.20ribu.

  14. amin
    wah wah wah lengkap banget, ini dulu aku cari Ri
    kaga hapal2 urutan nama2 Stasiun2nya
    cuma ingat Pocin-UP, terus kesananya entah Cilembut-Bojong-Bogor

    kalau ga hapal
    setidaknya bisa di catat,

    makasih ya

  15. halo, terima kasih ya sudah berbagi. informasiyang sangat bermanfaat. Karena audio announcement di kereta api mayoritas tidak berfungsi, jadi jalan terbaik untuk para tunanetra adalahmenghafal jumlah stasiun pemberhentian. Atau caralain, adalah menghafal suasana atau “bau” stasiun. Biasanya, jika stasiund ekat pasar, ada bau yan khas bukan? 😀

Leave a Reply