MENGATASI KETERBATASAN TANPA BATAS
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

siapa bilang? Tunanetra ngga bisa jadi YouTuber?

pernakah kalian menjumpai seorang disabilitas, terkhususnya tunanetra? Apa yang terlintas di dalam fikiran kalian tentang tunanetra itu sendiri? Mungkin sebagian besar orang menganggap bahwa tunanetra itu hanya bisa bekerja sebagai tukang pijit, namun sebenarnya tidak hanya itu saja, tunanetra juga bisa mencoba menjadi seorang YouTuber.

 

Bbagaimana bisa? Mungkin sebagian pembaca pasti bertanya-tanya, seseorang yang tidak bisa melihat bisa menjadi seorang YouTuber? Namun bagaimana cara dia editing video nya? Padahal menjadi seorang YouTuber perlu editing yang mahir.

 

aed, jangan beranggapan seperti itu, jika ingin menjadi YouTuber profesional.

Menurut kata pepatah, banyak jalan untuk sampai kenegri cina.   yang artinya, jika seseorang ingin hidup maju maka banyak jalan untuk menuju kesuksesan,.

Pada kenyataannya seorang yang memiliki kekurangan pengelihatan atau tunanetra, juga bisa brkarir sebagai YouTuber.

 

Topik –topik yang di bahas oleh para YouTuber tunanetra pun tidak kalah serunya dari non tunanetra.

Dari mulai flog, pembahasan isu-isu disabilitas, mempertahankan hak-hak disabilitas, tutorial teknologi untuk disabilitas sampai cover lagu dan, hafiz alquran. Sungguh menarik bukan?

 

Cara tunanetra editing video:

Dari individual tunanetra itu juga ada klasifikasinya ada low vision  atau memiliki sisa pengelihatan dan totally blind atau tidak melihat samasekali.   Untuk editing videonya baik itu low vision atau totally blind, sama saja dengan menggunakan aplikasi editor video yang pada umumnya, sedangkan yang membedakan jika tunanetra itu editing video dengan di tambahkan aplikasi khusus yang bernama scrin reader, atau bisa di sebut dengan mendiskripsikan tulisan yang ada di dalam layar mengubahnya menjadi audio yang mudah di pahami oleh tunanetra.

Baca:  Jadi Pemilih Pintar di Pemilu 2019

 

Jadi dari kesimpulan saya, sebenarnya antara tunanetra dan non tunanetra tidak ada perbedaan. Cuman yang sedikit membedakan, dari segi pengelihatannya saja, tetapi dari seluruh aspek, kecuali dalam pengelihatan itu sama dengan non tunanetra.

 

Setelah anda membaca tulisan saya ini, jangan beranggapan, jika tunanetra itu tidak bisa apa-apa, jadi sekarang anda menganggab tunanetra bisa  melakukan apa saja.   Tetapi dengan jalan dan jalur yang berbeda, namun tujuannya sama.

 

Kartunet.com adalah media warga, seluruh konten berupa tulisan, foto, audio, atau video yang diterbikan melalui situs ini menjadi tanggung jawab penuh dari kontributor.

Ingin juga tulisanmu diterbitkan di Kartunet? Siapkan karyamu dan klik di Kirim Karya
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer