Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Disabilitas Mencari Asa di JobExpo

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta, Kartunet.com – “Sebuah Harapan Sebuah Kesempatan” itulah isi hati seluruh penyandang disabilitas yang juga dijadikan tema besar dalam acara Bursa Kerja Disabilitas di Balai Kartini, Jakarta (23-25/09).

 

Mengingat masih minimnya penyandang disabilitas yang sudah mendapat pekerjaan, Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Precious One dan bekerja sama dengan JobsDB.com bertujuan memberi kesempatan pada para penyandang disabilitas untuk memperoleh haknya dalam bidang pekerjaan. “Ngapain mikirin respon pemerintah, kan pemerintah aja ga mikirin kita” Lelucon Agus Kristianto, salah satu management Precious One yang juga seorang tunadaksa.

 

Dengan memberi kesempatan tiga jenis penyandang disabilitas seperti tunanetra, tunarungu dan tunadaksa, Agus menambahkan bahwa “Target acara ini adalah mendapatkan 100 pencari kerja penyandang disabilitas”. Nammun sampai redaksi mewawancarai beliau (24/09) 12:00 WIB, target 100 orang itu sudah terlewati.

 

Menurut pria yang lumpuh dua kaki karena terserang virus polio, acara yang disponsori oleh Fatigon ini baru pertama kali di lakukan, terutama di Indonesia. Bahkan yang melatarbelakangi diselenggaranya acara ini yaitu “Keinginan untuk membuat bangsa ini lebih menghargai para penyandang disabilitas, karena penyandang disabilitas seharusnya juga memiliki kesempatan yang sama, dan supaya para penyandang disabilitas tak hanya menjadi benalu bagi keluarganya.” Tegas Agus.

 

“Saya merasa bahagia dengan adanya acara ini. Saya rasa acara semacam ini baru pertama kali diselenggarakan. Semoga acara ini dapat diadakan paling tidak setiap tahun. Karna dengan adanya bursa kerja disabilitas, saya yakin banyak penyandang disabilitas yang terbantu dalam mencari kesempatan di dunia kerja. Terlebih lagi masih banyak perusahaan-perusahaan yang melihat kemampuan penyandang disabilitas dengan sebelah mata.” Ungkap Sofyan, salah satu pengunjung tunanetra.

 

 “Kalau hasil yang didapat dari acara kali ini cukup baik, ada kemungkinan bursa kerja disabilitas seperti ini akan diadakan kembali.” Lugas Agus Kristianto. (RR)

editor: Rafik Akbar

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *