Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

MASA, Aplikasi Adzan Reminder Aksesibel

Jakarta, Kartunet.com – Kadang kesibukan pada pekerjaan, sekolah, hiburan, membuat kita lupa akan kewajiban kita yang lain, misalnya shalat. Padahal, selain melaksanakan kewajiban sebagai Umat Muslim, shalat juga merupakan represh ditengah-tengah kesibukan kita sehari-hari.


 


Berangkat dari pernyataan di atas, Yayasan Raudlatul Makfufin (Taman Tunanetra) bekerjasama dengan Information Technology Center For The Blind di Indonesia (ITCFB) menciptakan sebuah aplikasi pengingat Shalat yang accessible, bernama: MASA (Makfufin Adzan Software Accessible).


 


Memang harus diakui, sudah banyak bertebaran diluaran sana aplikasi pengingat shalat, tetapi banyak yang belum, bahkan tidak accessible bagi pengguna pembaca layar (tunanetra). Untuk itu, MASA merupakan aplikasi pengingat shalat yang tepat bagi tunanetra, dan yang sangat membanggakan, aplikasi ini dirancang, dibuat dan dikembangkan oleh tunanetra Indonesia!


 


Selain fitur pengingat shalat (adzan), pada versi pertama ini, MASA juga memiliki empat fitur lain, yaitu: Al-Quran reminder, kalender Hijriyyah, singkronisasi waktu dan jam bicara (talking clock). Selain itu, aplikasi ini berjalan pada background dan menggunakan full audio, sehingga bisa digunakan walaupun tanpa screen reader.


 


Untuk pengoperasiannya, MASA menggunakan kombinasi tombol pada keyboard (shourtcut) yang cukup mudah dihafalkan, yaitu sebagai berikut:



  • CTRL + Shift + j : mengetahui waktu saat ini (jam bicara)

  • CTRL + Shift + h : mengetahui hari, tanggal dan tahun hijriah saat ini

  • CTRL + Shift + r : mengetahui sisa waktu shalat selanjutnya

  • CTRL + Shift + Angka 1 sampai 5 : mengetahui waktu shalat dari Subuh sampai Isya

  • CTRL + Shift + angka 6 dan 7 : volume up dan volume down

  • CTRL + Shift + 8 : mencocokan waktu komputer dengan server (singkronisasi waktu)

  • CTRL + Shift + 9 : perubahan konfigurasi (setting)

  • CTRL + Shift + Alt + f1 : menampilkan panduan Aplikasi MASA (Help).

 


Untuk menjalankan aplikasi ini, kita hanya membutuhkan PC/Laptop dengan Operating System Windows yang dilengkapi sound card, dan untuk mencobanya, silahkan unduh dengan klik di sini. Semoga makin banyak hadir aplikasi-aplikasi karya anak negri yang bermanfaat seperti MASSA ini.(Riqo)

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *