Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Menggunakan NVDA, Software Pembaca Layar untuk Tunanetra

Menggunakan NVDA, Software Pembaca Layar untuk Tunanetra
Tangerang, Kartunet – NVDA (Non Visual Desktop Access) adalah program screen reader yang memungkinkan para tunanetra menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows tanpa biaya tambahan sama sekali. Jadi, NVDA ini bisa didapat secara gratis. Kita bisa men-download NVDA di situs: www.nvaccess.org. NVDA yang terbaru pada tahun 2017 ini adalah NVDA versi 2017.3. Pada modul ini akan dijelaskan cara menggunakan NVDA dari mulai install hingga setting program.

Menginstal NVDA

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama, unduh NVDA terbaru di Website Resmi NVDA (www.nvaccess.org)
  2. Kemudian instal/pasang NVDA di komputer/laptop dengan menekan enter pada file yang telah di download, misalnya nvda_2017.3.exe, jika tampil dialog Security Warning, pilih Run, enter
  3. Jika tampil dialog User account control, pilih Yes, enter
  4. Tunggu beberapa saat hingga tampil dialog berikutnya. Tab pilih I agree dengan menekan spasi, tab pilih Install NVDA on this computer, enter.
  5. Tab menuju Continue, enter.
  6. Tunggu beberapa saat hingga NVDA telah berhasil diinstal, tekan enter.

Mengaktifkan NVDA

Ada dua cara mengaktifkan NVDA, secara manual dan secara otomatis. Mengaktifkan NVDA secara manual maksudnya program NVDA harus dipanggil dengan short-cut. Caranya: tekan Alt+Ctrl+n, tunggu sebentar, komputer akan mengeluarkan bunyi sejenis beep, dan tidak lama kemudian NVDA akan mengeluarkan suara.

Sedangkan mengaktifkan NVDA secara otomatis maksudnya program NVDA diatur/disetting agar program tersebut aktif tanpa harus dipanggil.

coba lakukan langkah-langkah berikut:

  • Aktifkan dulu NVDA secara manual, atau langsung ke langkah berikutnya jika sudah aktif.
  • Tekan tombol Insert+n untuk membuka menu NVDA.
  • Tekan panah bawah sampai komputer mengatakan:”Preferences”, tekan Enter.
  • Tekan panah bawah atas cari General Setting, tekan Enter.
  • Tekan Tab beberapa kali sampai computer mengatakan:”Automatically start NVDA after I log oncheck box”. Tekan spasi untuk mengaktifkannya.
  • “Use NVDA on the windows log on screen check box.” Pada bagian ini tekan spasi untuk memberinya tanda centang.
  • Tekan Tab beberapa kali untuk sampai di OK, tekan Enter.

Mematikan NVDA

Mungkin kita perlu mematikan NVDA atau program screen reader karena komputer kita akan dipakai saudara kita yang berpenglihatan, karena itu NVDA harus dimatikan terlebih dahulu. Untuk mematikannya caranya: tekan Insert+q, (tombol NVDA adalah variasi tombol Insert pada PC sedangkan tombol Capslock untuk Laptop), NVDA akan mengkonfirmasi apakah yakin anda akan mematikan NVDA dengan mengatakan”are you sure you want to quit NVDA?”. Langsung tekan Enter untuk mematikannya.

Menghafalkan Posisi Tombol Keyboard dengan Help on Keyboard

Adalah fasilitas yang dapat digunakan untuk memahami tombol-tombol yang ada pada sebuah keyboard. Dengan fasilitas ini NVDA akan mengunci keyboard sehingga tidak berpengaruh pada program aplikasi apapun yang ada di komputer tersebut jika keyboard ditekan. Sehingga sangat berguna untuk pemula yang baru mempelajari keyboard.

Cara mengaktifkan Help on Keyboard adalah dengan menekan tombol NVDA+1, tekan kembali tombol NVDA+1 untuk menonaktifkan.

Setting tambahan pada NVDA

Ada beberapa pengaturan tambahan yang cukup bermanfaat agar kamu nyaman menggunakan computer dengan NVDA. Mungkin beberapa di antaranya kamu belum paham apa maksudnya, namun seiring meningkatnya penguasaan kamu pada komputer, maka hal-hal berikut akan dirasakan manfaatnya.

  1. Menonaktifkan Screen Layout. Ketika kamu browsing internet, NVDA akan membacakan urutan link atau tautan sesuai dengan tampilan sebenarnya di layer. Akan tetapi kadang tampilan ini agak membingungkan Karena lebih mudah untuk tunanetra navigasi dengan panah atas / bawah untuk membaca tiap link ketimbang harus menelusuri urutan link yang posisi sebenarnya horizontal. Untuk mengubah pengaturan ini ikuti langkah berikut:
    • Masuk ke menu NVDA dengan menekan insert + N
    • Panah atas/bawah cari Preferences
    • Lalu masuk ke Browse mode
    • Tekan tab sampai NVDA mengatakan “use screen layout (when supported), tekan sepasi untuk menjadikannya not check.
    • Tekan tab sampai ok button kemudian enter.
  2. Menonaktifkan Spelling Error. Secara default, Bahasa yang dikenali oleh NVDA adalah Bahasa Inggris. Maka dari itu, tiap kali kamu membaca atau menulis teks berbahasa Indonesia di Microsoft Word, maka NVDA akan mengatakan “spelling error”. Tentu hal ini cukup mengganggu. Untuk menghilangkannya, lakukan cara sederhana berikut:
    • Masuk ke menu NVDA dengan insert + N.
    • Masuk ke Preferences
    • Cari Document Formating
    • Hilangkan tanda ceklis pada “spelling error” denganm enekan tombol sepasi
    • Tekan tab sampai ok button, lalu tekan enter.
Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *