Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Pengenalan Tampilan Windows 10 untuk Tunanetra

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Pengenalan Tampilan Windows 10 untuk Tunanetra
Tangerang, Kartunet – Windows 10, atau nama lengkapnya Microsoft Windows 10, adalah system operasi terbaru produksi Microsoft yang mulai menyaingi kepopuleran Windows 7. Sistem operasi ini mulai banyak digunakan Karena kebijakan Microsoft yang menggratiskan pengguna Windows 7 untuk upgrade ke Windows 10 pada tahun pertama. Selain itu, Windows 10 juga diklaim oleh Microsoft lebih stabil dan cepat dibandingkan versi Windows sebelumnya.

Kelebihan dari sistem operasi Windows:

  • Mudah digunakan dibandingkan dengan sistem operasi lain seperti Linux yang open source.
  • Instalasi perangkat lunak (software) lebih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi lain.
  • Banyak perangkat lunak pendukung yang berbasis Windows.
  • Dukungan driver lebih banyak.

Kekurangan dari sistem operasi Windows:

  • Harga lisensi relative mahal dan tak dapat dipindah device oleh pemilik yang sama.
  • Bersifat tertutup (closed-source).
  • Rentan terkena virus yang menyerang sistem operasi Windows.
  • Sistem keamanan yang masih kurang.
  • Terkadang sistem kurang stabil misalnya terjadi masalah (hang/crash).

Gambaran Desktop Windows 10

Secara umum desktop windows 10 tidaklah berbeda secara signifikan dengan versi sebelumnya. Desktop dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu bagian atas dan bawah. Bagian atas terdiri dari latar belakang (background), keranjang sampah (Recycle bin), dan ikon-ikon yang mewakili program/aplikasi atau file tertentu.

Bagian bawah terdiri dari:

  • Start menu; sebuah tampilan menu yang isinya daftar program yang telah terinstal di komputer.
  • Taskbar; sebuah tampilan menu yang isinya daftar program sedang aktif.
  • System Tray; fasilitas yang berada pada taskbar Windows biasanya di pojok bawah sebelah kanan yang terdiri dari ikon program yang sedang berjalan, penunjuk tanggal dan waktu. System tray mempermudah pengguna mengakses program dengan menelusuri menggunakan tombol Tab.

Untuk menelusuri isi desktop tekan tombol Windows+M untuk menyembunyikan semua tampilan aplikasi yang sedang aktif dan kursor menuju Desktop. Untuk menelusuri isi desktop, tekan tombol panah atau dengan menekan huruf yang mengawali dari nama ikon yang ditelusuri. Misalnya untuk mencari Recycle Bin kita dapat menekan huruf r.

Gambaran Start Menu Windows 10

Start menu pada Windows 10 ada 4 bagian yang tiap bagian dapat berpindah dengan menekan tombol tab.

  • Kotak pencarian (Search box).
    Search Box dapat digunakan untuk mengaktifkan program, membuka folder, dan mengaktifkan fasilitas lain dari Windows 10 dengan cara diketik. Contoh: aktifkan Start Menu, ketik word, maka komputer akan membacakan menu yang mengandung kata word, misalnya ketika komputer membacakan Word 2016 tekan Enter untuk membuka aplikasi tersebut. Kita dapat juga mengetik beberapa karakter yang dicari hingga komputer membacakan menu tersebut secara lengkap, tekan panah bawah untuk mengetahui beberapa menu lain yang mengandung kata yang dicari.
  • Navigation menu.
    Pada bagian ini ada beberapa icon yaitu User account, File Explorer (pengganti Windows Explorer di versi Windows sebelumnya), Setting (pengganti control panel), dan Power (berisi pilihan untuk shut down, restart, atau sleep computer). Untuk berpindah tekan panah atas / bawah.
  • Apps View
    Berisi daftar aplikasi yang terinstall di computer. Aplikasi diurutkan secara alfabetis dan merupakan aplikasi-aplikasi yang paling sering digunakan. Untuk berpindah dapat tekan panah atas/bawah.
  • Pins View
    Ada beberapa aplikasi entertainment and utility di bagian ini. Di antaranya calculator, calendar, mail, weather, dan berbagai game.

Bekerja dengan Submenu dan Collapse/Expand

Beberapa item di dalam Start Menu ditandai oleh screen reader dengan kata Submenu dan Collapse. Pada tampilan di layer, kata Submenu dan Collapse tidak tertulis. Sebagai contoh ketika kita sedang bernavigasi didalam Start Menu dan menemukan Microsoft Office 2016 tools di Apps View, screen reader  mengucapkannya dengan kata ”Microsoft Office 2016 Tools Collapse.” Tulisan di layar hanya ada tulisan Microsoft Office 2016 Tools saja. Kata Collapse  menunjukkan bahwa item tersebut mempunyai pilihan lagi di dalamnya. Untuk menampilkan pilihan tersebut, kita dapat menekan panah kanan atau enter.

Didalam Apps View, akan kita temukan beberapa item yang ditandai dengan kata ”Submenu”. Submenu juga menunjukkan bahwa ada beberapa pilihan di dalamnya. Tekan panah kanan atau enter untuk menampilkan pilihan di dalamnya.

Mengetahui Tanggal dan Waktu

Tanggal dan waktu (Date and Time) muncul di bagian System Tray, dengan perintah NVDA kita dapat membacanya dengan menekan Insert+F12 untuk membaca waktunya saja, atau Insert+F12 dua kali untuk membaca hari, jam, tanggal, dan tahun.

Untuk mengubah pengaturan waktu dan tanggal, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Aktifkan Start Menu langsung ketik Date, secara otomatis komputer akan membacakan Date and Time setting, tekan Enter.
  • Setelah Date and Time aktif, tekan tab sampai Change Date and Time, dan disini langsung tekan Enter.
  • Kotak dialog Date and Time akan ditampilkan. Ketika kotak dialog Date and Time baru dibuka, posisi kursor akan berada di tempat pengaturan tanggal. Gunakan panah kanan/kiri untuk mengubah tanggal per hari, dan panah bawah/atas untuk mengubah per minggu.
  • Jika bulannya yang salah dari posisi tempat mengatur tanggal, tekan Ctrl+panah atas sekali untuk berpindah ke tempat pengaturan bulan. Gunakan panah kanan/kiri untuk mengubah per bulan, atau panah atas bawah untuk mengganti per empat bulan.
  • Jika tahunnya yang salah, dari tempat posisi tempat mengatur bulan tekan Ctrl+panah atas sekali atau Ctrl+panah atas dua kali dari tempat pengaturan tanggal untuk berpindah ke tempat pengaturan tahun. Tekan panah kanan/kiri untuk mengubah per tahun, atau panah bawah/atas untuk mengubah per empat tahun.
  • Tekan Tab sekali untuk menuju tempat pengaturan jam, gunakan panah atas/bawah untuk mengubahnya.
  • Tekan Tab lagi untuk berpindah di tempat pengaturan menit, gunakan panah atas/bawah untuk menggantinya.
  • Tekan Tab sekali untuk berpindah ke tempat pengaturan detik. Bagian ini boleh diabaikan.
  • Tekan Tab sekali untuk menuju ke tempat pengaturan Time Marker. Disini pilih AM atau PM.
  • Setelah semuanya diatur, tekan Tab sampai di “change”, tekan Enter.

Mengatur Volume Suara Komputer

Berikut langkah-langkah untuk mengatur volume suara melalui komputer:

  • Aktifkan start menu, ketik “volume” maka akan muncul “adjust system volume”, tekan Enter.
  • Tekan panah atas bawah atau kiri kanan untuk memperbesar dan memperkecil volume suara sedikit demi sedikit, tekan Page up atau Page down untuk memperbesar dan memperkecil volume dengan cepat.
  • Jika kamu menekan tab, maka ada banyak pilihan aplikasi yang dapat diatur volume suaranya. Sehingga missal kamu ingin mengatur suara music tidak setinggi suara screen reader, kamu dapat mengaturnya di volume control ini.
  • Tekan Enter atau alt+F4 untuk keluar dari dialog volume control.

Sekian untuk gambaran umum mengenai tampilan Windows 10. Memang terkadang ketika menggunakan operating system yang baru, ada kekhawatiran jika akan kesulitan beradaptasi. Tapi kembali ke konsep dasar bahwa teknologi dan inovasi itu fungsinya untuk mempermudah pekerjaan manusia. Jadi tak mungkin inovasi baru malah lebih mempersulit kamu. Bisa jadi produk tersebut tak laku di pasaran. Jadi tak perlu khawatir, belajarlah dengan tekun maka kamu juga akan bisa menikmati kenyamanan menggunakan Windows 10.(DPM)

Kata Kunci:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *