Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Bebas dari SMS KTA dengan Cara Ini

Jakarta – Memang menjemukan ketika mendapatkan sms atau pesan-pesan yang tak diharapkan dari nomor asing. Apalagi pesan yang masuk itu terkadang bersifat menyesatkan atau bahkan penipuan. Seperti informasi kredit tanpa anggunan (KTA), pinjaman lunak, hadiah menang undian, dll. Akan tetapi, bagu pengguna iPhone, tak perlu khawatir. Dengan fitur sederhana dari perangkat buatan Apple ini, Anda akan terbebas dari pesan-pesan “sampah” tersebut.

Sebagai catatan, cara ini sudah dicoba pada iOs7. Bagi pengguna iOs versi sebelumnya, dapat dicoba dengan cara serupa. Pertama, setiap kali mendapatkan SMS yang tak diinginkan tersebut, simpan nomornya dalam satu contact entry. Misal beri nama Setan Kredit. Lalu, masuk ke Setting pada iPhone, lalu cari Messages, dan klik pada “Blocked”. Silakan klik Add New dan pilih kontak yang dibuat tadi dengan nama Setan Kredit. Done, dan Anda akan terbebas dari sms-sms berikutnya dari nomor tersebut.

Prinsip dari trik ini yaitu iPhone akan block sms, panggilan telepon, serta Facetime dari nomor yang dimasukkan dalam list. Akan tetapi, cara ini juga punya kelemahan karena biasanya pengirim sms sampah menggunakan nomor yang cukup banyak. Jadi setiap kali ada sms sampah dari nomor asing yang baru, segera tambahkan ke contact entry “Setan Kredit” yang dibuat sebelumnya. Maka sms dari nomor yang sama tak akan kembali masuk. Tambahan, trik ini juga dapat digunakan untuk block nomor-nomor yang tak diinginkan menghubungi Anda seperti mantan pacar atau debt collector yang mengejar-ngejar Anda :D.

Meski cukup sederhana, tak ada salahnya trik ini dicoba. Paling tidak akan mengurangi frekuensi mendapatkan sms-sms sampah darinomor yang sama. Apabila Anda punya cara yang lebih jitu atau tahu ada aplikasi bagus yang mampu block pesan-pesan sampah, boleh berbagi informasinya di kolom komentar.(DPM)

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *