Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

BBM Voice Hadir di Android dan iOs

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Jakarta – Pada Februari lalu, BlackBerry release versi terbaru BBM for all 2.0 dengan fitur tambahan BBM Voice. Perusahaan asal Kanada itu terus mengembangkan aplikasi andalannya, dan BBM Voice hadir di Android dan iOs.

BBM Voice adalah fitur yang sudah ada di handset BlackBerry yang memungkinkan sesama pengguna BBM untuk melakukan panggilan suara dengan jaringan Wifi. Pada BBM di Android dan iOs, tidak lagi menggunakan sistem berlangganan paket BB seperti di handset BlackBerry. Pada kedua sistem operasi tersebut BBM langsung menggunakan sinyal internet dari jaringan Wifi atau paket dana. Maka, kehadiran BBM Voice sesungguhnya hanya tinggal menunggu waktu.

Sebetulnya, ada dua fitur yang ditambahkan oleh BlackBerry pada BBM versi 2.0 yaitu BBM Voice dan BBM Channel. BBM Channel adalah fitur mirip Chat Room di Yahoo Messanger yang dapat digunakan user untuk terhubung dengan BBM users lainnya yang punya minat serupa. Dalam BBM Channel, antara BBM user dapat chatting tanpa harus invite pin.

Untuk menggunakan fitur BBM Voice, silakan terlebih dahulu update aplikasi BBM Anda. Bagi pengguna iPhone, ikuti notifikasi new update yang ada di AppStore. Selanjutnya, di sebelah nama pada kotak chatting, akan muncul Voice Call button. Apabila tab di sana, maka BBM akan melakukan panggilan suara ke lawan chatting. Dapat pula dengan masuk dulu ke profil lawan chatting, lalu tap pada Call button. Apabila BBM user yang dihubungi tidak sedang tersambung dengan wifi, maka BBM Voice call akan gagal.

Namun, pembaruan fitur di BBM ini ternyata berdampak pula pada tampilan BBM. Khususnya pada iOs, kini agak sulit untuk melakukan invite PIN BB. Tab yang biasanya untuk menuju ke invite, tak muncul apabila sedang tak ada invatation dari orang lain. Triknya adalah dengan menjaga tetap ada minimal satu invatation dari orang yang tidak kita approve, sehingga opsi untuk menuju ke Invite tetap muncul.

Selain itu, tak ada perubahan berarti. Bagi pengguna iOs, masih tidak dapat akses fitur PING atau kirim image ke BBM user lainnya. Padahal fitur ini bekerja dengan baik di BBM versi Android. Semoga pada versi update berikutnya, BlackBerry lebih memperhatikan aksesibilitas apalagi setelah BBM Voice hadir di Android dan iOs. Apabila sudah ada yang mencoba fitur tersebut dan ingin berbagi, silakan di kolom komentar ya.(DPM)

5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *