Kartunet menuju usianya ke-12, nantikan program-program seru dari kami!
Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Segera Hadir Situs Lowongan Kerja Bagi Disabilitas

Logo DNetworkBali – Lapangan pekerjaan menjadi salah satu persoalan utama pada penyandang disabilitas. Masih minimnya perhatian dari pemerintah atau pihak swasta, menyebabkan mereka kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak. Akibatnya, mayoritas penyandang disabilitas berada di bawah garis kemiskinan. Mencoba menjawab tantangan tersebut, sebuah lembaga internasional yang berbasis di Barcelona, Spanyol akan membuka jejaring online ketenaga-kerjaan untuk penyandang disabilitas di Indonesia bernama DNetwork.

DNetwork adalah situs kerja global yang menghubungkan penyedia kerja dengan pencari kerja disabilitas yang memiliki keinginan kuat dalam bekerja. Yang dimaksud dengan penyedia kerja disini adalah, penyedia kerja yang berkenan memberikan kesempatan kepada pencari kerja disabilitas untuk ikut terlibat dalam sector pekerjaan formal. Di DNetwork, satu lowongan pekerjaan dapat dilamar oleh lebih dari satu pencari kerja disabilitas, dan penyedia kerja berhak memilih satu atau dua orang dari sekian banyak pencari kerja yang mengajukan lamaran untuk kemudian diwawancara. Apabila pencari kerja disabilitas tersebut memenuhi persyaratan yang diharapkan penyedia kerja, maka pencari kerja tersebut akan dipekerjakan oleh penyedia kerja yang bersangkutan.

Lembaga yang berbasis di Tohpati, Bali ini didirikan pada bulan Oktober 2013 di Bali dan Barcelona yang merupakan kolaborasi antara Inspirasia Foundation, yayasan internasional yang terlibat dalam komunitas disabilitas sejak tahun 2003, dengan situs pencari kerja Barcelona yang handal & berpengalaman.

Dikutip dari press release DNetwork, Suri selaku program coordinator mengatakan bahwa misi lembaga ini ingin menciptakan infrastruktur yang berkelanjutan (situs pencari kerja) yang dapat membantu penyandang disabilitas dalam mencari pekerjaan sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Dilanjutkan oleh Suri, visi DNetwork ke depan adalah diakui sebagai sebuah organisasi non-profit yang aktif bekerja dalam meningkatkan peluang profesional dan inklusi sosial bagi penggunanya.

Saat ini, lembaga yang memiliki moto “Let’s Working together” ini masih mengembangkan sistem website yang akan digunakan sebagai sarana mempertemukan antara perusahaan dan penyandang disabilitas pencari kerja. Sementara informasi mengenai DNetwork dapat dijumpai pada akun Twitter @DNetworkNews dan Facebook Fanpage di www.facebook.com/dnetworknet. Semoga kehadiran DNetwork dapat membantu penyandang disabilitas di Indonesia meningkatkan derajat hidupnya.(DPM)

Kartunet.com adalah media warga, tiap tulisan, foto, atau materi lainnya adalah tanggung jawab sepenuhnya dari kontributor sebagai pembuatnya.
17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *