Kirim KaryaMulai menulis untuk terbitkan karya kamu di Kartunet.com

Syarat Difabel ikut SNMPTN di revisi

Bagikan tulisan ini ke sahabat dan keluarga

Depok-04.17 WIB
Mememnuhi janji di komentar, saya layangkan tulisan ini,

Kabar baik teman-teman difabel, syarat SNMPTN di revisi menyusul protes keras para difabel yang merasa didiskriminasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Silahkan di cek hari senin (17/3) sudah kami revisi, akan ada beberapa jurusan dari PTN yang akan dihilangkan persyaratannya bagi difabel, namun ada pula jurusan yang membutuhkan kesehatan dan tiada bisa dirubah seperti jurusan kedokteran umum” kata Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, Idrus Paturusi kepada Republika pada hari kamus (13/3).

Dalam situs resmi SNMPTN terdapat kolom bertuliskan “halaman depan”, terdapat 3 poin salah satunya adalah Informasi perguruan tinggi dimana di bagian persyaratan portfolio menjelaskan persyaratan dilarang mengikuti SNMPTN”.

PAda bagian tabelterdapat “Keterangan kode persyaratan bahwa tuna netra, tuna daksa, buta seluruh, boleh buta separuh, sempurna penglihatan, persyaratan ini dicantumkan dalam urutan nomor”.

Persyaratan untuk difabel sebenarnya tidak ada dari dulu. Hanya saja, persyaratan itu tidak ter-ekspose.

“Keinginan mencantumkan persyaratan bagi difabel ini sebenarnya datang dari para kepala program studi yang meminta keadilan” ujar Emil (Ketua Penerimaan mahasiwa baru, Universitas Indonesia). Selain itu, ia juga berharap kebijakan persyaratan jurusan tertentu ini bisa didiskusikan kembali bersama perwakilan difabel.

Anggota komnas HAM, M Nur Khoiron menilai, SNMPTN 2014 diskriminatif karena mengabaikan partisipasi difabel, polemik ini direncanakan akan dibahas melalui tim komisioner, Komnas HAM juga akan menjadwalkan pertemuan dengan Kemendikbud.

Sumber :
Republika, Jumat 14 Maret 2014 halaman depan.

Catatan : Semua pasti ada jalan keluar, bisa didiskusikan secara baik-baik, kirimkanlah perwakilan karena mereka juga sudah meminta, suarakanlah aspirasi dan kebutuhanmu, semoga dengan ini semua jurusan bisa terbuka untuk difabel yaaa….amiiin

18 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *